dee-nesia
mencari dan berbagi

Main Adsense Itu Kadang Butuh Keberuntungan

Sudah lama saya memasang iklan Adsense di blog yang saya kelola. Tapi rasanya saya tidak pernah benar-benar menjadi blogger yang paham betul bagaimana cari uang dengan Adsense. Belum-belum sudah puyeng dengan SEO demi trafik visitor yang diharapkan menambah penghasilan Adsense. Belajar sana-sini, baca banyak sekali artikel tentang SEO, penempatan iklan, optimasi iklan, mencari keyword yang tepat dan menjual supaya kemungkinan CTR iklannya lebih tinggi. Rasanya sudah semua saya lakukan dan hasilnya rata-rata saja. Bayaran dari Adsense memang cukup untuk membayar biaya beli pulsa dan kuota. Tapi kalau lihat screenshot penghasilan teman-teman pemain Adsense yang lain, rasanya kog stagnan saja penghasilan dari Adsense yang saya dapatkan. Jadi saya kira wajar kalau cukup sering saya berandai-andai dan beranggapan kalau main Adsense itu butuh sedikit keberuntungan.

Soal, keberuntungan ini, saya mencoba merunut, apa saja yang dilalui pengunjung posting kita dari awal sampai akhirnya tertarik dengan iklan atau malah datang sebentar terus pergi karena tidak ada yang menarik baginya.

Kalau diruntut, maka kira-kira begini kisah bagaimana seorang pengunjung akan melakukan klik pada iklan yang terpasang di blog:

  • seseorang membutuhkan informasi atau barang/ jasa tertentu
  • melakukan pencarian di search engine (bisa Google, Bing, atau Yahoo) dengan keyword yang mereka tentukan sendiri.
  • melihat 10 link pertama yang muncul di halaman pencarian
  • melihat judul posting dan snippet posting yang menjadi deskripsi setiap artikel
  • tertarik dengan judul posting dan atau deskripsi yang muncul
  • masuk ke blog kita dan membaca posting tersebut
  • bisa kemudian dia tertarik dengan iklan atau tertarik dengan tulisan kita yang lain
  • kalau tertarik iklan dia akan klik iklannya dan meninggalkan blog tadi. Kalau tertarik dengan tulisan lain maka dia akan membaca tulisa lain dan mungkin tertarik dengan iklan lain yang muncul
  • jika tidak tertarik dengan dua-duanya (iklan dan artikel yang lain) maka dalam hitungan detik sejak pertama masuk, dia sudah bisa meninggalkan tulisan kita tadi.

Hmmm, ada banyak sekali hal yang bisa mempengaruhi apakah seorang pengunjung akan tertarik dengan iklan dan artikel kita yang lain atau tidak. Jika pengunjung banyak dengan pageviews yang juga besar tapi ternyata CTR-nya rendah, maka ke