Laptop ber-Blue-Ray Kini Lebih Murah

Selain sebagai pendukung pekerjaan, fungsi lain laptop adalah sebagai sarana hiburan. Kini, kaptop blu-ray dengan high-definition (HD) sudah banyak yang ditawarkan dengan harga lumayan cekak, dari Rp 15 juta hingga Rp 20 juta-an.

Teknologi cakram Blu-ray sudah dikembangkan sejak dua tahun lalu. Keping optik yang menggunakan laser biru-ungu untuk membaca dan menulis ini mampu menyimpan media digital termasuk video definisi tinggi hingga 25GB pada single layer disc atau 50GB pada dual layer disc. Bandingkan dengan satu keping DVD yang hanya bisa menyimpan memori 4,7GB.

Belum banyak laptop yang mendukung teknologi canggih ini. Jika ada itu pun bisa dihitung dengan jari karena mahalnya harga jual peranti yang dilengkapi dengan Blu-ray. Namun, setidaknya ada beberapa laptop yang harganya kian terjangkau. Meski bagi sebagian besar orang masih tergolomg mahal, tetapi setidaknya ada beberapa pilihan untuk memenuhi kebutuhan, terutama yang doyan hiburan.

Acer Aspire 5920G-6A4G25B1
Acer-aspire-5920G-102G16

Loading...
Laptop Blu-ray dengan harga cukup terjangkau dan cocok untuk pengguna pemula. Mesinnya sesuai untuk penggunaan di rumah, apalagi lama bertahan baterai hanya 146 menit. Jadi, tidak cocok untuk dibawa berpergian jauh.

Layar berukuran 15,4 inci diperkuat dengan warna dan kontras yang optimal sehingga gambar dan film tampak bagus. Rasio tampilannya 16:10, menampakkan blok hitam di bagian atas dan bawah tayangan ketika menonton film berformat widescreen.

Sesuai harga, resolusinya rendah, 1280×800 piksel, membuat materi HD tidak bisa disaksikan dalam resolusi asli. Kualitas gambar jadi berkurang tetapi tersedia port HDMI-out yang bisa tersambung pada HDTV. Memberi acer-aspire-5920gkesempatan menikmati HD sepenuhnya di layar lebih besar.

Sayang, drive Acer Aspire 5920G-6A4G25B1 hanya bisa membaca, tak bisa  merekam data. Meski demikian, tetap bisa dipakai untuk menyimpan data berformat CD dan DVD. Laptop ini memakai prosesor Intel Core 2 Duo dengan memori 4096. Cukup untuk kegiatan di rumah dan menyunting foto atau video.

HP Pavilion dv5-1011ea
HP Pavillion dv5-1011ea 2 Pengguna yang menyukai games, multimedia, dan Blu-ray, sebaiknya pilih laptop jenis ini. Sebab HP tipe ini memiliki performa 3D berkat kartu grafik nVidia. Anda dapat memainkan games terbaru dengan puas dan mudah menyunting video dan foto berdefinisi tinggi.

Selain itu, tersedia remote control yang memungkinkan Anda mengakses musik, film, dan foto dari jarak jauh. Gunakan port eSATA untuk memindahkan file pada hard disk eksternal berkecepatan tinggi. HP Pavillion dv5-1011ea

Tetapi resolusi layar WXGA 15,4 inci kurang bagus ketika memutar keping format Blu-ray. Jangan kecewa, Anda tetap bisa menyambungnya ke HDTV melalui port HDMI-out. Selain itu, laptop ini hanya bisa membaca keping Blu-ray tanpa kemampuan menyimpan data. Kecuali untuk format CD dan DVD, laptop ini masih bisa melakukannya.

Samsung R610
samsung-r610-notebook Laptop full-HD dan dapat di-upgrade sesuai kebutuhan, itulah Samsung R610. Dibanding layar Acer, layar Samsung lebih optimal dengan resolusi 1920×1080 piksel. Bisa melihat HD dengan resolusi asli dan terhubung ke HDTV melalui HDMI-out.

Rasio layarnya 16:9 membuat nyaman menonton film layar lebar dengan sempurna. Memori hanya 250GB, lumayan untuk menyimpan keperluan harian kantor atau rumah seperti video HD, musik, dan foto. Serta tetap bisa melakukan multitasking, menjalankan aplikasi office sambil mengedit video dan foto. Kartu nVidianya kurang optimal untuk games modern, tetapi cukup bertenaga untuk memutar dan mengedit video HD.

Sony VAIO VGN-FW11ZU
sony-vaio-vgn-fw11zu-1 Nah, ini laptop Blu-ray unggul. Layarnya sangat mengesankan dan dapat merekam data ke keping Blu-ray. Tampilannya mengesankan dengan bodi berlekuk warna perak. Berat sasis tiga kilogram dan lama bertahan baterai 156 menit, kurang cocok untuk mobile.
Layarnya 16,4 inci dengan rasio 16:9. Diperkuat resolusi 1600×1900 piksel, film-film HD dapat disimak dengan resolusi asli. Apalagi jenis laptop ini satu-satunya yang bisa merekam data ke format Blu-ray, CD, atau DVD.

Hard drive berkapasitas 300GB, memadai untuk menyimpan video HD, musik, dan foto. Juga bisa mentransfer file dari smartphone atau kamera digital melalui card reader 3-in-1 di sisi depan sasis. Prosesor memakai Intel Centrino 2 masih mumpuni untuk mengedit foto dan video HD serta menjalankan Microsoft Office dan Adobe Photoshop.

sumber: surya.co.id

(Visited 50 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....