Kuota Gratis 250 Ribu di WA [Hati-Hati – Ini Cuman Hoax]

Apakah anda juga mendapatkan link dapat kuota gratis 250 ribu di WA? Jangan keburu senang dulu. Alih-alih anda benar-benar akan mendapatkan kuota gratis sebesar itu, bisa jadi anda justru terancam bahaya.

Kabar mengenai adanya program, promo, atau iklan berisi tawaran kuota gratis 250 ribu ini baru saja ramai hari ini.

Rata-rata kabar ini memang disebarkan melalui aplikasi chatting yang paling banyak penggunanya, WhatsApp.

Jika anda juga mendapatkan link kuota gratis ini, saran dee-nesia adalah menghapusnya. Dan jangan sampai ikutan membagikannya pada pengguna WA yang lain. Apalagi share di group.

Anda mungkin selamat, tapi belum tentu teman-teman anda akan aman dari kemungkinan terkena scam.

Jika anda tidak mendapatkan pesan kuota gratis 250 ribu dan malah jadi kepo setelah baca posting ini, tidak perlu meminta teman anda yang sudah mendapatkannya untuk mengirimkan ke WA anda. Cukup lanjut saja bacanya ya….

Isi pesan kuota gratis 250 ribu

Di dalam pesan yang viral di aplikasi WhatsApp ini, tedapat keterangan bahwa cukup dengan mengunjungi link yang tersedia, maka anda akan mendapat kuota gratis senilai 250 ribu rupiah.

Dan supaya lebih ‘kena’ lagi, ada keterangan tambahan di bagian akhir pesan, bahwa kesempatan mendapat kuota gratis ini berbatas waktu. Ini untuk memancing orang agar segera klik pada link yang diberikan.

Jika anda membuka link tersebut, maka akan terbuka link yang merujuk pada sebuah website dengan alamat pulsa-kuotagratis.*** (domain-nya sengaja saya tutup, supaya anda tidak tergoda mengunjunginya, hehe….)

update: sekarang link-nya sudah diblokir Internet Positif. Yeaiiii….

hNah, begitu link ini terbuka, anda akan melihat tampilan yang cukup meyakinkan. Di sana ada logo 18 operator seluler nasional, seperti Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren. Bahkan masih ada logonya Ceria.

pulsa kuota gratis


Lalu di bagian bawah, ada tulisan lagi yang mengulang rayuannya, menyatakan bahwa pengunjung yang mengklik tautan tersebut akan mendapatkan hadiah pulsa, tapi jumlahnya beragam. Tidak hanya 250 ribu rupiah.

“Selamat Anda terpilih berkesempatan mendapatkan hadiah pulsa mulai dari Rp10.000 hingga Rp100.000 gratis.” begitu keterangannya.

Ada survey-nya juga!

Supaya lebih terlihat meyakinkan, di dalamnya juga terdapat survey. Ini untuk mengelabuhi pengunjung, supaya terlihat hadiah kuota gratis ini diberikan karena pengunjung sudah mengisi survey.

Pertanyaannya di dalam survey ini berkisar tentang operator telepon seluler yang ada di Indonesia.

Kalau tidak awas, sangat mungkin pengunjung akan tertipu. Karena tampilan dan sense-nya mirip-mirip dengan ketika pengunjung mengisi survey di kuis lucu-lucuan di Facebook yang kebanyakan juga scam itu.

Bahaya apa yang bisa anda terima?

Kalau hanya berisi survey dan anda mengisinya, maka kemungkinan anda cuman akan rugi waktu.

Bagaimana kalau ternyata ada sisipan malware, cryptomining, keylogger, atau bahkan ransomware? Kalau sampai kena, phew…. Menangis atau mengumpat keras-keras pun tidak akan meredakan kekesalan anda.

Malware bisa berbentuk aplikasi biasa tetapi memiliki kemampuan tertentu – yang biasanya disembunyikan – untuk mengambil keuntungan dari komputer atau perangkat smartphone yang terinfeksi.

Pernah mengalami kejadian dimana setiap waktu tertentu ada aplikasi Android baru yang terinstall otomatis? Ya, kira-kira seperti itulah salah satu contohnya.

Cryptomining agak berbeda lagi. Kalau yang ini, berupa aplikasi yang secara diam-diam dan tanpa minta persetujuan anda, menggunakan resource perangkat anda untuk melakukan aktivitas mining.

Pengguna tidak akan mendapatkan keuntungan sama sekali. Yang terjadi, perangkat anda akan menjadi lebih lambat, karena tenaganya digunakan untuk cryptomining aplikasi jahat ini.

Sementara keylogger bisa mencatat karakter apapun yang diketikkan pengguna, dan mengirimkan catatan ini kepada si pembuatnya, tentu tanpa permisi dan ijin anda.

Kalau anda hanya mengetik laporan atau curhat update status medsos, masih lumayan tidak beresiko. Kalau anda juga menggunakan smartphone atau laptop untuk transaksi online dimana anda mengetikkan alamat email untuk login akun yan tentu saja diikuti dengan mengetik password?

Ya…, habis.

Kemungkinan yang lain adalah situs scam seperti pulsa-kuotagratis ini bisa juga digunakan untuk menyebarkan ransomware. Apa’an nih?

Ransomware adalah software atau aplikasi yang dibuat untuk melakukan enkripsi pada file-file tertentu, menguncinya, menyanderanya, dan meminta anda untuk menebus sejumlah uang (biasanya mereka meminta bitcoin) supaya bisa mendapatkan password untuk membuka kembali file-file tersebut.

Apakah link kuota gratis 250 ribu ini benar-benar berbahaya?

Sampai saat ini, sepertinya link pulsa-kuotagratis ini masih berupa scam. Jadi hanya berisi tipuan, dan belum benar-benar berbahaya.

Entah jika pembuatnya, atau orang-orang lain yang serius mengubah atau membuat situs sejenis, akan menggunakan kegagapan pengguna dengan menanamkan kemampuan yang lebih jahat dan berbahaya lagi ke depannya.

Apa sih untungnya untuk si pembuatnya?

Keuntungan yang paling jelas adalah pendapatan dari iklan yang dipasang di situs scammer ini.

Dari jumlah pengunjungnya yang bisa sangat banyak, mereka akan mendapatkan uang jika memasang iklan yang berbasis CPM (dibayar berdasarkan jumlah banyaknya pengunjung).

Belum lagi kalau juga dipasangi iklan berbasis CPC (dibayar berdasarkan jumlah klik pada link atau banner iklan yang dipasang). Mereka bisa untung banyak.

Jadi? Harus bagaimana?

Loading...

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menyikapi maraknya penipuan seperti ini. Misalnya…

  • jangan sembarang klik tautan kalau tidak jelas benar
  • berhenti share semua yang tidak penting, tidak bermanfaat, atau tidak lucu.
  • selalu upayakan untuk cek dulu sebelum benar-benar menekan tombol share
  • jangan serakah. Maksudnya, jangan gampang tergoda dan jadi gelap mata begitu melihat yang berbau-bau diskon, promo, atau yang ada tulisan ‘gratis’-nya.
  • hati-hati dengan link, artikel, atau apapun yang terlihat baik dan benar, padahal sebenarnya itu sesat, maksudnya mengandung kebenaran yang dipelintir untuk kepentingan pembuatnya.

 

Kuota Gratis 250 Ribu di WA [Hati-Hati – Ini Cuman Hoax]
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 290 times, 1 visits today)

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.