dee-nesia
mencari dan berbagi

Kisah Di Balik Blender, Aplikasi Pembuat Animasi 3D Gratis

Buat yang pernah atau sedang berkecimpung dalam dunia animasi, kiranya anda pernah mendengar atau bahkan menggunakan Blender. Anda tentu juga mengetahui bahwa perangkat lunak 3D modeling dan animasi, aplikasi pembuat animasi biasanya berharga sangat mahal. Seperti 3D Max atau Maya.

Alasannya adalah biasanya para pengguna aplikasi ini adalah studio produksi besar dengan dana besar yang mampu membeli aplikasi semacam ini untuk karyawan mereka. Nah, kalau buat orang biasa dengan dana terbatas, tentu menjadi sangat tidak ekonomis untuk membelinya. Kemungkinan terbesarnya adalah dengan menginstall aplikasi tersebut secara ilegal, alias membajak. Toh banyak tempat di internet yang menyediakan software tersebut. Kemungkinan terburuknya adalah tidak jadi belajar animasi 3D wis. Mahal softwarenya, kan? Tapi apa harus patah arang? Nah, dengan Blender ini, kita masih tetap bisa belajar membuat animasi 3D secara gratis. Tidak lagi ada alasan software animasi 3D mahal.

Dengan Blender, semua orang sekarang bisa belajar animasi 3D tanpa harus membayar harga yang tinggi untuk perangkat lunak yang digunakan. Karena Blender adalah proyek open source yang merilis perangkat lunak mereka secara gratis.
logo Blender