Keuntungan Menggunakan Mini PC dan Kerugiannya

Share posting ini supaya temanmu tahu kalau kamu tahu....

Keuntungan menggunakan Mini PC dan kerugiannya | Sudah pada tahu Mini PC kan? Ituloh, PC yang ukurannya kecil. Beberapa tahun lalu sempat ada istilah net-top. Waktu itu sempat ada beberapa produk seperti itu. Sewaktu masih memakai istilah net-top, kita mendefinisikannya sebagai PC desktop yang pemakaiannya lebih banyak untuk akses internet. Meminjam istilah netbook.

Artinya, si net-top ini sebenarnya PC biasa dengan spesifikasi yang pada dasarnya dibuat untuk memenuhi kebutuhan mengakses internet dengan kelebihan hemat daya dan ukuran yang kecil. Karena pasar yang disasar adalah pengguna yang lebih banyak menggunakannya ‘hanya’ untuk mengakses internet maka kita menemui produk nettop yang bisa dibilang kinerja-nya buruk. Dengan processor kelas bawah, RAM terbatas, storage juga apa adanya, yang ujung-ujungnya membuat harga nettop bisa ditekan semurah mungkin. Sama dengan netbook yang harganya waktu itu relatif murah.

Bagaimana dengan mini PC? Menurut saya, ini hanya pergantian istilah saja. Memang harus diakui juga, ada banyak perkembangan yang terjadi untuk produk ini. Mini PC keluaran terbaru sudah banyak yang datang dengan spesifikasi yang jauh lebih mumpuni. Dengan kelengkapan yang juga lebih bagus. Sehingga sekarang sudah ada lebih banyak alasan untuk membeli Mini PC. Apalagi dengan kehadiran Mini PC jaman sekarang yang desainnya bagus dan menarik tanpa mengurangi kinerjanya.

>> baca juga: Asus VivoPC VM40B, Mini PC Murah 3 Jutaan Saja.

Keuntungan menggunakan Mini PC

Salah satu yang saat ini menjadi isu penting adalah soal hemat daya energi, utamanya listrik. Nah, ini yang menjadi salah satu keuntungan menggunakan mini PC. Jika anda membeli PC ‘biasa’, paling tidak anda harus siap untuk menyiapkan pengeluaran listrik lumayan banyak tiap bulannya.

Satu PC, setidaknya akan mengonsumsi daya 450 watt. Bandingkan dengan Mini PC sekarang yang rata-rata butuh daya antara 60 sampai 150 watt saja. Ini akan lebih hemat lagi jika dipadukan dengan monitor berjenis LED. Anda akan menghemat sangat banyak.

Keuntungan menggunakan Mini PC yang kedua adalah soal space atau tempat. Mini PC didesain dengan dasar pemikiran hemat ruang. PC biasa itu ukurannya selain besar juga berat. Anda perlu meja khusus untuk menempatkannya. Terkadang malah sampai harus terpisah antara meja komputer dengan meja kerja untuk kegiatan tulis-menulis.

Intel NUC
Intel NUC juga tangguh untuk desain. Tergantung spesifikasi sih…, hehe….

Saat ini memang kebanyakan orang memakai laptop yang lebih praktis dan portable. Sehingga keberadaan meja yang khusus di desain untuk komputer semakin tidak dibutuhkan. Anda bisa bekerja dimanapun. Mini PC ini berada di tengah-tengah antara laptop dengan PC desktop biasa. Ukurannya kecil, desain menarik, dan tidak perlu meja khusus.

Keuntungan menggunakan Mini PC yang ketiga, praktis. Meski tidak semua, namun di beberapa seri Mini PC kelas menengah, anda bisa mendapatkan Mini PC lengkap dengan keyboard dan mouse nirkabel yang cantik. Serasa memiliki komputer yang canggih. Soal praktis-nya ini, anda akan sulit membandingkannya dengan PC desktop biasa yang semuanya serba besar dan ribet.

Yang pernah berurusan dengan perkabelan PC desktop biasa pasti tahu betapa ribetnya mengatur supaya PC bisa rapi dan nyaman dilihat. Beberapa Mini PC didesain begitu kompak sampai bisa ditempelkan di tembok, atau bahkan bisa langsung dicolokkan ke monitor yang punya port HDMI. Sangat praktis dan hemat tempat.

Keuntungan menggunakan Mini PC yang berikutnya adalah harga yang murah. Emmm…, agak susah juga sebenarnya dibilang murah. Tapi jika kita menghitung secara keseluruhan, dengan memasukkan variable teknologi, kenyamanan pakai, tanpa berisik dan panas berlebih, hemat tempat serta prestige karena desain yang bagus kedalam penghitungan harga, maka dengan mudah kita bisa simpulkan bahwa harga Mini PC itu murah.

Buat yang sudah berencana membeli, silahkan lihat Pilihan Mini PC Murah Terbaik.

Ok, cukup untuk keuntungannya. Supaya berimbang, coba kita lihat kekurangannya.

Kekurangan Menggunakan Mini PC

Yang paling jelas menjadi kekurangan Mini PC adalah sedikit atau tidak adanya kemungkinan ekspansi. Artinya, kita tidak seleluasa ketika memakai PC dekstop ketika hendak menambah atau mengganti komponen di dalamnya. Mirip dengan ketika kita memakai laptop. Kalau sudah kedaluwarsa dan tidak ekonomis lagi untuk melakukan upgrade, pilihannya ya tinggal beli baru lagi. Kita tidak bicara tentang lebih cepat rusak atau tidaknya loh-ya… Itu tergantung dengan pemakaian kita saja.

Rata-rata Mini PC hanya memungkinkan kita untuk meng-upgrade atau mengganti hard disk dan RAM. Ada beberapa yang modul RAM-nya tertanam untuk menghemat tempat. Dan itu artinya kita tidak bisa menggantinya dengan mudah. Mending beli baru.

Keberadaan slot ekspansi memang sangat terbatas. Jadi ya terima saja. Toh, ketika anda membeli Mini PC ya harus sadar bahwa anda akan menggunakannya banyak untuk kegiatan komputasi yang ringan-ringan saja yang tidak perlu sampai memaksa anda meng-upgrade komponen Mini PC anda.

Soal kinerja yang pas-pasan, untuk sekarang sebenarnya kita tidak bisa terlalu banyak mengeluh. Buat anda yang punya anggaran lebih, butuh Mini PC yang lebih bertenaga, ingin menghemat penggunaan energi, tertarik dengan desain PC yang tidak biasa, ada kog Mini PC yang spesifikasinya sangat mampu untuk diajak bekerja agak berat. Cuman ya gitu, harganya juga jadi tidak biasa.

Jadi, kesimpulannya adalah: kalau kebutuhan komputasi anda berkisar ke urusan pekerjaan Office, mengakses internet, sesekali main game ringan flash based, menonton film kualitas sedang sampai tinggi, dan pingin tetap hemat listrik, Mini PC adalah pilihan terbaik. Jangan share dan like-nya ya….

Loading...
  • Pingback: Harga Asus VivoPC VM40B Mini PC Murah Hanya 3 Jutaan()

  • Rahmad

    Adaa saran nya gak gan spek gaming procesor core i7 , mau beli tapi bingung masih bingung terlalu banyak pilihan nya siapa tau disini bisa kasih saran

    • Mau cari apa nie? Mini PC? PC? Atau laptop? Jangan cari barangnya dulu. Tapi cari uangnya dulu. Kalau sudah ada, tinggal cari yang harganya nyampai. Sudah. Beli saja. Kalau cari barangnya duluan, nti giliran uangnya sudah ada pasti kepikiran untuk beli yang speknya lebih tinggi. Jadi ga jadi beli malahan…, hehe….

      • babba

        mana yg lebih cocok nich utk lab. sekolah ALL In one ato PC Mini, uangnya udah ada tinggal disesuaikan saja

        • Emmmm, untuk lab sekolah ya?
          Lihat-lihat nanti itu komputer dipakai untuk siswa yang bagaimana. Kalau hanya untuk praktikum aplikasi Office, internet, dan semacamnya, keduanya bisa digunakan. AiO dan Mini PC yang speknya tinggi masih sangat mahal. Jadi kurang pas kalau itu lab untuk siswa DKV, Desain Grafis, atau Videografi.

          AiO menang di keringkasan perangkat, karena CPU yang jadi satu dengan monitor. Jadi tidak ruwet dengan kabel-kabel. Sementara Mini PC, itu hanya rapi di iklannya. Begitu kita pasang sendiri, ya ruwet. Dimensinya kecil, jadi tidak bisa dengan mudah menyembunyikan kabel keyboard, mouse, monitor, dan kabel daya.

          Hehe….

  • lala

    hi, mau nanya dong. saya lagi bingung saya butuh nya AIO atau mini pc. kegiatan yang biasa saya lakuin sih cuma: nonton tv series online, nonton youtube, browsing (multiple tabs at once). budget maks 7jt. space yang saya punya buat taro mini pc dan monitor nya, atau AIO adalah meja selebar 75cm. boleh kasi saran ga (sama tipe dan mereknya sekalian kalo boleh) ?
    thanks in advance!

    • Hehe… Ok deh mbak Lala. Sebentar saya susunkan kemungkinan AIO terbaik untuk keperluan seperti itu. Nanti, kalau sudah siap saya akan tambahkan di komentar ini atau saya kirimkan ke email mbak Lala. Saya usahakan secepatnya wis….

  • Pratama

    Gan minta saran mini pc yg cocok buat kebutuhan design grafis & aplikasi teknik (autoCAD, matlab, dll) dg budget 4-6jtan, thanks