Ketika Nge-Blog Menjadi Beban

Jika anda punya blog, mencoba aktif menulis, berbagi, bercerita, mencari teman, membangun jaringan untuk memperluas bisnis anda (kalau punya sih, hehe… mungkin anda juga mengalami hal yang kurang lebih sama dengan saya; terbebani. Iya-kah?

Selain mengelola beberapa blog, saya juga masih punya pekerjaan off-line. Tidak usah disebutkan ya…, malu. Bukan malu dengan anda, tapi malu dengan orang-orang yang dilingkungan kerja off-line saya itu, hehe….

Beberapa orang berpendapat bahwa baiknya kita mengupdate blog setidaknya satu kali sehari. Jujur, itu tidak mungkin. Alasan saya klasik, waktu. Meski kalau mau ditelisik lagi, bukan itu masalahnya, tapi ide. Kekeringan ide itulah yang menjadi sumber mengapa akhir-akhir ini saya cuman menulis rata-rata 4 posting saja per bulan untuk dee-nesia ini. Saya memang lagi fokus di My Gadget Review. Karena secara finansial, blog berisi review gadget dan laptop itu yang paling menghasilkan uang. Jadinya blog saya yang lain seperti saya tinggalkan. Sepertinya uang sudah mengubah tujuan awal saya dulu memulai nge-blog.

Apalagi akhir-akhir ini, semakin terasa bahwa nge-blog membebani saya. Tidak enak rasanya membiarkan mereka mangkrak, sedang kemungkinan untuk lebih sering melakukan update juga tidak mungkin.

Saya sangat tergoda untuk membuat autoblog saja, sehingga tidak mengharuskan saya untuk mengupdate sendiri. Yang membuat saya mengurungkan niat itu adalah ada perasaan bersalah karena itu bukan tulisan saya sendiri. Saya harus mengakui kalo banyak tulisan di Dee-nesia ini yang berupa tulisan copy-paste dari blog-nya teman-teman. Beberapa juga cuman terjemahan dari posting blogger-blogger besar. Meski begitu saya masih berupaya menulis ulang, merangkai ulang, dan kalau bisa memahami ulang. Dan sedapat mungkin mencantumkan sumber dan link tulisan itu sebagai wujud terima kasih dan penghormatan saya. Meski tidak puas juga sih, itu tetap bukan tulisan saya sendiri.

Bagaimana dengan anda? Apakah blogging juga menjadi beban buat anda? Atau barang kali anda mau berbagi cara anda mengatasi ini? Monggo….

(Visited 1 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....