Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan WiFi, Apa Saja Ya?

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan WiFi | Siapa yang tidak kenal WiFi? Jaringan yang kini banyak peminatnya. Selain pemakaiannya yang sangat mudah, jaringan WiFi juga memberikan kenyamanan kepada penggunanya. Di tambah lagi kemajuan teknologi mendorong teknologi-teknologi seperti ini terus berkembang.

Tidak seperti jaringan kabel yang mengharuskan pemasangan kabel yang terbilang ribet dan sulit, jaringan WiFi cukup menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media transfer datanya. Ini membuat ruangan jadi bebas dari kabel yang berseliweran.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan WiFi

Menggunakan jaringan WiFi ternyata memberikan kenyamanan bagi kita. Ini di karenakan tidak seperti jaringan kabel terbilang rumit. Apa sajakah kelebihan menggunakan jaringan Wi-Fi? Berikut adalah beberapa kelebihannya.

Kelebihan Menggunakan WiFi

Instalasi yang sangat mudah

Kelebihan yang pertama adalah pada proses instalasinya yang sangat mudah. Karena kita tidak perlu membeli alat dan bahan seperti yang dibutuhkan untuk instalasi jaringan kabel. Jaringan berkabel membutuhkan banyak kabel UTP sebagai media transfernya. Belum lagi kita harus memasangkan konektor RJ-45 secara manual ke kabel UTP.

Tidak seperti jaringan berkabel, jaringan Wi-Fi cukup dengan memasang hardware seperti Access Point ataupun MiFi (Mobile WiFi). Tentu hal ini jelas mebih murah, lebih mudah, lebih simple memakai jaringan WiFi.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan WiFi

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan WiFi


Compatible untuk berbagai jenis perangkat

Saat ini, jaringan Wi-Fi tidak hanya bisa diakses oleh perangkat tertentu seperti PC atau laptop, tetapi dapat juga diakses melalui smartphone, Android, tablet, dan handphone yang memiliki akses terhadap jaringan wireless.

Bisa digunakan dimana saja tanpa batasan tempat

Pengguna dapat berpindah tempat dari satu tepat ke tempat lain. Mereka memiliki sedikit kebebasan dibandingkan menggunakan jaringan kabel yang mengharuskan sebuah host terpaku di satu titik. Bahkan jaringan WiFi juga sengaja dipasang di tempat-tempat yang ramai dikunjungi orang, seperti kafe, tempat refreshing, hotel, dan lain-lain.

Untuk dapat tersambung, kita hanya perlu satu kali klik maka langsung terhubung. Bandingkan dengan jaringan kabel, kita mesti mencolokkan konektor RJ-45 ke Ethernet card komputer, kemudian setting IP secara manual yang memakan banyak waktu, dan itu belum tentu terkoneksi.

Karena tidak seperti jaringan kabel, jaringan WiFi tidak terlalu banyak menghabiskan arus listrik. Sebuah Access Point kira-kira hanya membutuhkan sekitar tegangan DC 9V dan 0,85A.

Jangkauan luas

Jaringan Wi-Fi memiliki cakupan wilayah yang luas. Walaupun memiliki batasan, tetapi selama tersambung dengan Hotspotnya, tidak ada masalah. Toh tidak hanya satu tempat yang memiliki koneksi jaringan nirkabel.

Kekurangan Menggunakan WiFi

“Ada cahaya, ada bayangan”. Ada kelebihan, ada kekurangan. Beberapa kekurangannya tidak terlepas dari kelebihan yang sudah djelaskan diatas. Berikut kekurangannya.

Keamanan yang kurang

Kenapa? Jaringan WiFi bersifat public, sehingga bisa dimasuki oleh siapa saja, bahayanya adalah bisa saja dimasuki oleh pengguna yang memiliki kepentingan negatif. Ini tidak seperti jaringan kabel yang terlindungi jaringannya dengan koneksi khusus menggunakan kabel.

Meskipun jaringan WiFi dapat diperkuat dengan password yang dipasang, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya orang yang tidak bertanggung jawab yang membocorkan password atau diretas orang tidak dikenal.

Batasan jarak

Masalah sinyal jika kita berada jauh dengan sumber koneksi, ini bisa diakibatkan oleh pergerakan kita yang bebas dengan sumber. Maka dari itu, pertimbangkanlah jarak yang sesuai. Atau bisa-bisa tidak mendapat koneksi kembali.

Kelemahan saat transfer data besar

Jaringan ini tidak seperti jaringan kabel. Jaringan Wi-Fi tidak cocok digunakan untuk transfer data berukuran besar. Berbeda dengan jaringan kabel yang support terhadap data besar dengan kecepatan yang besar pula, bahkan kecepatannya bisa mencapai 1 Gbps lebih.

Loading...

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan WiFi. Gunakanlah jaringan WiFi sesuai kebutuhan. Jangan lupa baca juga Setting Wireless Network, Jangan Sampai Lakukan Kesalah Ini.  Untuk yang sedang mencari Access Point, ini satu yang direkomendasikan dee-nesia, Access Point WiFi Murah TP-Link TL-WA500G. (Ditulis oleh Fajar Arya Pradana (Facebook: Fajar Arya Pradana, Twitter: @17faj)

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan WiFi, Apa Saja Ya?
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 7,509 times, 21 visits today)
Tags:,

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.