Inilah Kecepatan Internet Operator Seluler di Indonesia. Siapa Yang Tercepat?

Berapa kecepatan internet operator seluler di Indonesia? Pada penasaran kan? dee-nesia yakin banyak teman-teman yang terpaksa harus gonta-ganti kartu seluler hanya supaya bisa mendapatkan akses internet yang tidak bikin jengkel.

Kecepatan internet di Indonesia yang akan kita lihat kali ini adalah kecepatan rata-ratanya. Jadi jangan kecewa kalau misalnya kartu yang kamu pakai ternyata internetnya lambat meskipun menjadi yang paling cepat di peringkat ini.

Kecepatan internet 4G di Indonesia memang belum merata benar. Jadi seringkali beda kota beda pula kecepatan akses internetnya, meskipun itu dari operator seluler yang sama.

Menurut laporan dari OpenSignal yang dee-nesia ambil dari Kompas, sampai pertengahan tahun ini, Telkomsel masih menjadi yang terbaik dari sisi kecepatan unduh dan unggah-nya.

Seperti yang anda tahu, OpenSignal adalah perusahaan yang melakukan pemetaan cakupan jaringan nirkabel. Untuk membaca laporan lengkapnya, silahkan baca di tautan ini.

Dari laporan tersebut, ternyata Telkomsel bahkan menjadi yang terbaik di tujuh kategori sekaligus. Phew!

Loading...

Kecepatan download Telkomsel rata-rata berada di kisaran angka 12,9 Mbps dengan kecepatan unggah rata-rata 7,3 Mbps.

Kecepatan Internet Operator Seluler di Indonesia


Kalau dibandingkan dengan data laporan semester kedua tahun sebelumnya, kecepatan internet Telkomsel ini menurun. Untuk semester ke dua 2017, kecepatan unduh Telkomsel mencapai 14,6 Mbps.

Mungkin, penurunan kecepatan ini karena jumlah pelanggan paket data Telkomsel yang kabarnya meningkat lumayan tinggi dalam beberapa bulan terakhir ini, sebagai hasil ‘restrukturisasi’ tarif paket data internet Telkomsel yang sekarang rata-rata lebih terjangkau.

Jika kecepatan unduh jaringan 3G dan 4G digabung, rata-ratanya tinggal 8,4 Mbps, dan ini kalah dari Smartfren.

Telkomsel juga tercatat tidak menambah coverage area jaringan 4G-nya sampai paruh pertama tahun. Sampai saat ini, hanya Telkomsel yang tidak menambah luasan jaringan 4G-nya. Sehingga tetap dibawah 70% saja.

Sementara itu, semua operator seluler yang lain, terus menambah jangkauan sinyal jaringan 4G setidaknya dua poin dibandingkan tahun lalu.

Kecepatan Internet Operator Seluler di Indonesia Menurut OpenSignal

Kecepatan Internet Operator Seluler di Indonesia Menurut OpenSignal

Berikut ini kecepatan internet operator seluler di Indonesia….

Kecepatan internet 4G operator seluler Indonesia

Download

  1. Telkomsel (12,9 Mbps)
  2. Smartfren (9,8 Mbps)
  3. XL Axiata (8,9 Mbps)
  4. Indosat Ooredoo (4,8 Mbps)
  5. Hutchison 3 (4,6 Mbps

Upload

  1. Telkomsel (7,3 Mbps)
  2. XL Axiata (5,1 Mbps)
  3. Hutchison 3 (3,8 Mbps)
  4. Indosat Ooredoo (3,2 Mbps)
  5. Smartfren (2,7 Mbps)

Rata-rata kecepatan internet 3G dan 4G operator seluler Indonesia

Download

  1. Smartfren (9,8 Mbps)
  2. Telkomsel (8,4 Mbps)
  3. XL Axiata (6,1 Mbps)
  4. Hutchison 3 (3,8 Mbps)
  5. Indosat Ooredoo (3,2 Mbps)

Asal tahu saja, saat ini dee-nesia menggunakan 3 kartu seluler. Indosat im3 untuk urusan pribadi, Simpati untuk akses internet cadangan dan melakukan panggilan telepon, dan 3 untuk akses internet utama.

Sebelumnya, saya juga menggunakan XL. Tapi semenjak paket internet combo-nya dipecah dua sama besar untuk akses data dan streaming video di Youtube, saya melepasnya.

baca juga: Paket Internet XL Terbaru (2018) Murah Sih, Tapi Sangat Menjengkelkan.

Sebenarnya, di tempat tinggal saya, kecepatan XL lumayan bisa diandalkan. Sekaligus menjadi operator yang paling nakal karena menyisipkan iklan di website apapun yang saya buka, baik di smartphone maupun desktop. Sampai-sampai waktu itu saya harus putuskan untuk pasang SSL untuk dee-nesia ini. Memang apa hubungannya? Baca ini dulu gih: Cara Mengatasi Redirect Iklan Operator Seluler Yang Menyerobot.

Bagaimana OpenSignal mendapatkan data kecepatan dan persebaran sinyal seluler ini?

OpenSignal ini bekerja dengan menggunakan aplikasi yang bisa dijalankan di smartphone Android dan iOS. Dari data penggunaan internet dari mereka yang install OpenSignal di smartphone mereka inilah data real bisa didapatkan.

Sehingga, data ini lebih valid daripada klaim operator yang lebih banyak digunakan untuk kepentingan iklan. Jika kamu mau, bisa download dan install aplikasi OpenSignal yang tersedia di Android dan iOS.

Inilah Kecepatan Internet Operator Seluler di Indonesia. Siapa Yang Tercepat?
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 273 times, 1 visits today)

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.