dee-nesia
mencari dan berbagi

Kapal Selam Indonesia – Ternyata Cuman Dua!!!

Kapal Selam Indonesia | Tahukah anda berapa jumlah kapal selam yang dimiliki Indonesia? Apa saja nama kapal selam kita itu? Seperti apa spesifikasinya? Coba kita cari tahu dulu. Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim tentu harus memiliki kapal selam.

Jawaban atas pertanyaan berapa jumlah kapal selam Indonesia saat ini (Maret 2013) ternyata bisa membuat kita sebagai rakyat biasa merasa miris. Apalagi setelah tahu seperti apa kapal selam Indonesia itu.
Ada posting menarik tentang jumlah kapal selam kita, yang saya copy dari Jakarta Greater seperti ini:

Saya kembali mengejar: “Sebagai teman saja, berapa sebenarnya jumlah kapal selam kita”, ujar saya agak ngotot.
Dia terdiam sebentar…, lalu bicara: “ini rahasia ya…!”.
“Iya”, ucap saya, tak sabar ingin  mengetahui jumlah pastinya.
Dia pun akhirnya angkat bicara: “Jumlah kapal selam kita dua”, ujarnya.
“Yahhh”, saya langsung menghela napas. (Di dalam hati saya berkata, kalau itu sih semua orang sudah tahu: KRI Cakra dan Nanggala).

Jadi ternyata Indonesia hanya memiliki dua kapal selam untuk menjaga lautan kita yang luas itu. Ok, meskipun cuman dua dan bikin deg-deg-an, ada baiknya kalau kita mencoba mengenal mereka.
Sekilas tentang KRI Cakra (401) dan KRI Nanggala (402) sumber: Wikipedia

Kedua kapal ini berjenis sama, dipesan pada tahun 1977, dan mulai bertugas menjaga perairan Indonesai mulai tahun 1981. Kapal selam tipe ini dibuat oleh Howaldtswerke, Kiel, Jerman pada 1981. Bertipe 209/1300 dan sangat populer digunakan oleh angkatan laut dari berbagai negara.

Loading...