Jenis Web Hosting dan Pengertiannya

Pengertian dan jenis web hosting | Dalam posting ini, kita akan membahas apa pengertian web hosting dan juga jenis-jenis web hosting yang umum digunakan orang. Jika anda sedang mulai bisnis hosting sendiri, mulai ingin menggunakan WordPress self hosted, atau sekadar ingin tahu dan belajar melihat peluang di sekitar bisnis hosting, maka bisa jadi info mengenai pengertian dan jenis web hosting ini bisa membantu anda.

Pengertian Hosting

Secara sederhana, kita bisa artikan hosting sebagai sebuah layanan untuk menyimpan file di sebuah tempat di internet, sehingga file tersebut bisa diakses melalui jaringan internet tanpa terikat dengan tempat dan waktu.

Data yang dimaksud di sini bisa berupa file apa saja, bisa file audio, video, dokumen, atau juga foto.

Sebuah perusahaan penyedia layanan hosting, akan menempatkan data pengguna yang menyewa di sebuah atau gabungan beberapa server. Anda tentu tahu situs-situs yang menyediakan tempat bagi kita untuk menyimpan file di sana. Yang paling umum adalah layanan Google Drive atau OneDrive dari Microsoft. Jangan lupakan juga Flickr untuk foto, dan Youtube untuk video. Pada dasarnya mereka adalah penyedia layanan hosting ini. Hanya karena bentuk layanannya dikemas sedemikian rupa, jadilah mereka berbeda.

Lebih lanjut kita tidak akan membahas mereka sekarang. Tetapi kita akan membicarakan jenis hosting yang khusus menyediakan layanan untuk website atau layanan hosting yang menyediakan tempat bagi pelanggan untuk menempatkan situs internet beserta semua kelengkapannya. Biasa disebut sebagai web hosting.

Layanan yang diberikan penyedia web hosting yang paling umum adalah free web hosting, shared web hosting, VPS web hosting, dedicated web hosting, dan managed web hosting.

Untuk lebih jelasnya, coba kita cirikan masing-masing jenis web hosting tadi satu per satu.

jenis web hosting
Jenis Web Hosting
Loading...

 

Jenis-jenis web hosting

1. Free Hosting / Web Hosting Gratis

Tidak sulit untuk mencari layanan web hosting gratis. Ada banyak sekali. Anda tinggal mengetikkan kata kunci terkait di Google atau search engine lain dan pilihan ada di ujung jari.

Kog ada yang gratis ya? Rata-rata penyedia layanan web hosting gratis adalah sebagai bentuk promosi dari layanan hosting berbayar. Jadi jangan kaget kalau ada batasan yang harus kita terima. Jika mau layanannya penuh ya kita bisa upgrade.

Karena gratis, biasanya akan ada sisipan berupa iklan di bagian footer. Jika anda hanya butuh web hosting untuk belajar membuat dan mengelola website sendiri, ini sudah cukup. Lain hal-nya kalau anda hendak membangun website atau blog yang lebih profesional atau website bisnis, jangan pakai yang gratisan lah.

Batasan paling keras dari layanan web hosting gratis adalah bahwa pengguna tidak punya hal penuh untuk mengelola datanya. Jadi pihak penyedia-nya bisa saja tiba-tiba atau dengan pemberitahuan mendadak memblokir atau menghentikan layananannya. Mau coba? Silahkan baca: Penyedia Layanan Web Hosting Gratis Indonesia.

2. Shared Hosting / Web Hosting Berbagi

Dari sisi popularitas, shared hosting ini adalah jenis hosting yang paling laris digunakan, bukan hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Mengapa? Ya karena murah dan tetap layanannya sudah mencukupi kebutuhan pelanggan personal sampai bisnis level kecil sampai menengah, tergantung dari jenis website-nya.

Untuk sebuah layanan shared hosting di Indonesia, anda cukup mengeluarkan biaya sekitar 100-200 ribu untuk space sebesar 2 GB sampai 7,5 GB dengan bandwith unlimited.

Yang harus diperhatikan adalah setiap layanan yang ada embel-embel unlimited.

Namanya saja shared, artinya kita berbagi resource dengan penyewa lain. Jadi agak naif kalau kita percaya bahwa bahwa ada resource yang unlimited. Untuk penggunaan blog personal yang jumlah kunjungannya tidak terlalu besar, maka ini sudah cukup.

Sementara menunggu blog atau website anda membesar, pakai saja jenis shared web hosting ini, toh nanti anda bisa mengupgrade-nya ke layanan yang lebih besar sewaktu-waktu.

Untuk perbandingan harga, kinerja, dan layanan, shared hosting ini masih merupakan pilihan terbaik untuk anda.

3. VPS Web Hosting

Inilah layanan web hosting yang lebih cocok untuk anda yang mengelola situs atau website yang relatif besar dengan traffic bejibun setiap saatnya. Dikala shared hosting sudah tidak mampu lagi, mau tidak mau anda anda harus meningkatkan kemampuan hosting yang dipakai. Jika dedicated server terlalu mahal buat anda, maka VPS web hosting ini menjadi jalan tengah pilihan terbaiknya.

Apa itu VPS? VPS adalah kependekan dari Virtual Private Server. Jadi dengan VPS web hosting ini anda selayaknya memiliki server sendiri sebagai tempat untuk hosting situs anda. Apa maksudnya ‘virtual’?

Maksudnya adalah anda tetap berbagai resource server dengan pengguna lain dengan ditambahi kelebihan lain. VPS ini akan membuat partisi komputer server menjadi beberapa (anak) server tersendiri dengan pengaturan bandwidth, kapasitas storage, dan bahkan OS tersendiri.

Dengan VPS web hosting ini anda akan memiliki kontrol lebih dalam hampir sama jika anda memakai dedicated server dengan biaya yang lebih ekonomis. Asik to? Dan lagi, biasanya, untuk layanan VPS ini, pihak penyedia sudah mulai memberi layanan ekstra. Jadi lebih diutamakan ketika misalnya terjadi masalah dengan situs anda, terutama dengan masalah keamanan.

4. Dedicated Web Hosting / Dedicated Server

Bisa dibilang ini adalah layanan web hosting yang paling diimpikan seorang webmaster. Bukan soal besar kapasitas storage-nya, kemampuan luar biasanya untuk meng-handle traffic super banyak, atau segala macam fitur premium di dalamnya, tapi lebih karena jika anda memiliki dedicated web hosting itu artinya anda punya hak dan kontrol penuh dengan server anda itu. Ini punya anda, meski sebenarnya berstatus sewa, hehe….

Karena semua kontrol ada pada anda, artinya anda juga harus punya kemampuan teknis mumpuni untuk mengelolanya. Pada umumnya tetap ada bantuan teknis jika bermasalah, tapi kembali lagi, anda penanggung jawab utamanya.

>> baca juga: Spesifikasi Komputer Untuk Server.

5. Managed Web Hosting

Bisa menebak apa yang dimaksud dengan managed web hosting ini dari namanya?

Yupz, betul. Ini adalah jenis web hosting yang dibuat khusus untuk platform yang sama. Yang sekarang mulai marak adalah managed WordPress Hosting. Itu artinya web hosting itu hanya dikhususkan bagi anda yang mau membuat blog ber-platform WordPress. Apa untungnya bagi pengguna?

Keuntungan bagi kita adalah karena dibuat khusus untuk platform tertentu, maka managed web hosting biasanya lebih aman, kinerjanya lebih optimal, dan penyedianya punya orang-orang yang benar-benar paham dengan platform yang dipakai, jadi masalah kita lebih mungkin ditangani oleh orang yang benar. Selain itu, kita juga akan lebih mudah melakukan beragam pengaturan, mulai dari installasi WordPress itu sendiri, sampai setting macam-macamnya. Beberapa layanan managed hosting WordPress yang saya ketahui juga memberi fitur auto-update untuk themes dan plugin.

Bagi yang sedang memerlukan domain murah, silahkan baca juga: Kode Kupon Domain Murah NameCheap Bulan Ini. Lumayan loh, anda bisa bayar pakai akun PayPal yang unverified. Mumpung sekarang ada diskon besar-besaran, segera baca Domain .xyz Cuman $1, Buruan Borong Sebelum Kehabisan.

Loading...
2 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....