Jenis Permen Gulali dan Bahan untuk Membuatnya

Gulali adalah salah satu jenis permen yang paling populer di dunia, dan tahukah kamu kalau Indonesia ternyata punya beberapa jenis gulali khas yang tidak bisa ditemukan di negara lain loh! Kira-kira ada jenis gulali apa saja dan bagaimana cara pembuatannya ya?

Jenis Gulali dan Bahan untuk Membuatnya

Jenis gulali pertama yang muncul di pikiranmu mungkin adalah permen yang berbentuk seperti permen kapas dan memiliki nama lain cotton candy.

Ya, permen itu memang bisa disebut gulali, tapi Indonesia juga punya beberapa jenis gulali tradisional lain yang tidak kalah enaknya. Sayangnya, beberapa jenis gulali di bawah ini sekarang sudah semakin sulit dicari, padahal dulu mudah sekali ditemukan di depan gerbang sekolah atau di toko-toko kelontong di dekat rumah.

Gulali Bentuk Padat

Jenis gulali yang pertama adalah gulali berbentuk padat yang jaman dulu sering dijual oleh penjual keliling di depan sekolah. Gulali ini terbuat dari gula putih yang dimasak hingga memadat dan diberi pewarna makanan. Seringnya kamu akan melihat gulali ini dalam warna hijau atau merah dan dalam bentuk yang unik dan beraneka ragam.

Sebelum membuat gulali, penjual biasanya akan menanyakan pada pembeli mau rasa atau warna apa dan mau bentuk apa. Selanjutnya penjual akan langsung membuat bentuk gulali yang diminta di hadapan pembeli, ini yang biasanya sangat menarik untuk ditonton.

Beberapa bentuk gulali yang ditawarkan biasanya adalah, bentuk bunga mawar, ayam, lingkaran, dan kupu-kupu. Ada juga beberapa penjual yang menambahkan baluran susu kental manis supaya rasa permen semakin nikmat.

 

Gulali Rambut Nenek

Gulali yang selanjutnya ini bentuknya sekilas mirip permen kapas biasa, tapi bahan pembuatannya adalah gula pasir putih dan tepung terigu. Tambahan tepung ini membuat tekstur permen jadi seperti helaian rambut, inilah yang membuat namanya menjadi rambut nenek.

Dalam penyajiannya, gulali biasanya diapit dalam dua buah sempe atau kerupuk tipis dengan warna senada, seperti putih, oranye, atau pink.

Cara pembuatannya adalah dengan mengentalkan gula lalu mencampurkannya dengan tepung terigu. Selanjutnya adonan akan ditarik-tarik sehingga memiliki tekstur yang berserat tipis.

Gulali Gula Jawa

Jenis gulali yang terakhir ini sudah agak sulit ditemui sekarang. Gulali tradisional ini dibuat dari bahan dasar gula jawa dan bisa disajikan dalam bentuk keras ataupun lentur dengan nama gulali colek

Gulali colek ini sengaja disajikan dalam keadaan masih basah. Penjual akan menarik gulali yang masih lentur ke wadah menggunakan tongkat kayu lalu memberinya taburan kacang sebagai topping.

Selain gulali colek, gulali berbahan gula jawa ini juga bisa disajikan dalam bentuk keras, biasa disebut dengan nama gulali gula jawa atau permen lolipop tradisional. Adonannya sama dengan gulali colek, yang berbeda hanya dalam cara penyajiannya.

Tidak hanya permen gulali, masih ada juga loh satu jenis permen lagi yang populer karena memiliki tekstur dan rasa yang khas dan lezat. Ya, apalagi kalau bukan permen Yupi Bolicious kesayangan kita semua!

Yupi Gummy sudah lama hadir di Indonesia dan menjadi salah satu permen favorit banyak orang dari berbagai kalangan usia. Apakah kamu salah satunya?

Nah, sekarang ini Yupi Gummy sudah semakin banyak berinovasi, terutama dari segi bentuk dan rasanya yang semakin unik dan beragam. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak dan tidak ingin ketinggalan berita tentang produk-produk unggulan dan berbagai informasi terbaru tentang Yupi lainnya, silahkan kunjungi kami di www.yupiland.com.

Referensi:

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.