iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Adalah Smartphone Tercepat Saat Ini

Harga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus memang berada di kisaran yang membuat kebanyakan dari kita harus berpikir beberapa kali. Setidaknya harus menata ulang anggaran belanja untuk satu bulan karena harganya yang sekitar 10 sampai 15 jutaan itu.

Apakah itu harga yang pantas untuk sebuah smartphone? Tentu jawabannya kembali pada penggunanya, alias anda sendiri. Jika memang menginginkan semua fitur bagus dan prestise-nya, maka uang senilai itu akan menjadi harga yang memang layak ditebus.

baca juga: iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Jet Black Hanya Untuk Kamu Yang Super Hati-hati.

Dan satu hal yang mungkin bisa membuat anda lebih ngebet lagi membeli iPhone 7 atau sekalian iPhone 7 Plus adalah klaim dari Apple bahwa kedua perangkat terbaru mereka itu menjadi smartphone dengan processor paling cepat yang ada di muka bumi. Setidaknya untuk saat ini.

Berdasarkan benchmark yang dilakukan pada perangkat iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, kinerja mereka berdua ini berhasil melipatduakan performa pendahulunya, iPhone 6 yang dirilis 2 tahun sebelumnya. Untuk ukuran Apple dan juga dunia processor mobile, ini adalah pencapaian yang bagus.

Apple mengklaim bahwa processor Apple A10 Fusion yang digunakan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus berhasil membawa peningkatan sampai 40% di sisi CPU, dan 50% pada sisi GPU jika dibandingkan dengan processor Apple A9 yang digunakan pada Apple iPhone 6s dan iPhone SE yang dirilis beberapa waktu lalu.

Apple A10 Fusion ini berwujud sebagai sebuah processor quad-core yang bekerja pada kecepatan maksimal 2.33 GHz. Yang sebenarnya hanya diijinkan (oleh iOS) untuk memakai dua saja dari ke empat intinya sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang sedang dijalakan pengguna.

Sebagai perbandingan, Apple A9 pada iPhone 6s dan iPhone SE itu kira-kira sepadan dengan Qualcomm Snapdragon 820 yang digunakan pada smartphone Android kelas atas, seperti Samsung Galaxy S7 dan HTC 10. Jadi, silahkan perkirakan sendiri seperti apa kinerja A10 yang 40% lebih cepat dari itu.

Untuk detailnya, silahkan baca Apple A10 Fusion Processor iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, Sebagus Apa Sih?.

Segera setelah peluncuran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, PC Mag melakukan benchmark versi mereka sendiri yang dijamin lebih fair dan jujur dari yang dilakukan sendiri oleh pihak Apple. Dan kesimpulan awalnya adalah: Apple tidak membual. Hmmmm….

dee-nesia akan coba meringkas hasil benchmark iPhone 7 dan 7 Plus yang dilakukan PC Mag dibawah ini…. (sumber: PC Mag)

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus
iPhone 7 dan iPhone 7 Plus
Loading...

PC Mag menggunakan Geekbench untuk mengetes kinerja CPU, sementara performa GPU-nya ditest dengan GFXBench dan 3DMark. Sampai saat test tersebut dilakukan, Antutu – sebagai software benchmark paling populer, sayangnya belum mendukung untuk digunakan pada kedua perangkat.

Kesimpulan awalnya adalah bahwa memang ada peningkatan sampai 32% pada kecepatan proses di CPU dan peningkatan nilai benchmark pada GPUnya antara 30 sampai 56%. Tentu saja ini juga tergantung pada software benchmark yang digunakan. Pada GFXBench, processor Apple A10 Fusion terlihat sangat tinggi peningkatannya dibandingkan dengan hasil test pada 3DMark.

baca juga: Harga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dari Smartfren Lengkap Beserta Paketnya.

Ketika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S7, keluarga Apple iPhone 7 tercatat 40% lebih cepat pada kinerja multi-core dan kira-kira dua kali lebih cepat pada kinerja single-core.

iPhone 7 benchmark
iPhone 7 benchmark (sumber: PC Mag)

Apple lebih memilih untuk menggunakan inti processor sesedikit mungkin, dengan inti yang lebih cepat. Bisa dibilang bahwa kebanyakan aplikasi hanya akan menggunakan satu atau paling banyak dua inti saja dalam satu waktu untuk menjalankan prosesnya.

Sementara Qualcomm serta pembuat processor yang lain, lebih memilih pendekatan yang berbeda. Mereka lebih memilih untuk menggunakan sebanyak mungkin inti processor supaya lebih fleksibel dan menghemat tenaga baterai.

Kedua pendekatan berbeda ini sangat tergantung dengan bagaimana pembagian kerja pada masing-masing inti yang diatur oleh software pembaginya. Dalam hal ini, Apple membaginya secara langsung melalui sebuah modul yang sudah terintegrasi di dalam Apple A10 itu sendiri. Yang artinya, ini membuat semua aplikasi secara otomatis bisa secara efektif menggunakan core atau inti yang ada.

Menurut pengukuran dari Geekbench, kinerja Apple iPhone 7 bisa sampai 126% lebih tinggi daripada iPhone 6. Hmmm….

Buat kamu yang kebelet ingin beli iPhone 7 atau iPhone 7 Plus, silahkan klik di sini atau di sini. Mumpung lagi ada banyak diskon tuh….

Ketika digunakan untuk mengekspor video 1080p sepanjang 1 menit ke 720p dengan aplikasi Apple iMovie, keluarga iPhone 7 bisa melakukannya dalam 10 detik, iPhone 6s 17 detik, dan 22 detik waktu yang dibutuhkan oleh Apple iPhone 5s. Jadi bagaimana? Mau menunggu Samsung Galaxy S8 saja, atau mending salah satu dari iPhone 7 dan 7 Plus ini?

(Visited 33 times, 1 visits today)
You might also like