Internet Flexi vs SmartFren–Pilih Mana?

Untuk akses internet GSM sudah jamak diketahui. Pemain-pemain besar di sana bersaing menawarkan tarif internet murah versi masing-masing. Tapi untuk jaringan CDMA, iklan yang kita lihat di media masih lumayan jarang. Yang paling gencar adalah SmartFren, kemudian Esia dengan Max D. Flexi hampir tidak pernah terlihat iklannya. Tapi apakah dia diam saja? Ternyata tidak. Flexi memang tidak seagresif teman-temannya yang bermain di wilayah internet CDMA. Tapi paket internet Flexi tidak bisa dianggap remeh. Kalau dibandingkan dengan SmartFren, apakah Flexi lebih baik? Atau justru sebaliknya? Yuk, kita bandingkan layanan akses internet Flexi vs SmartFren. (sumber: Paseban)
baca juga: Harga Modem SmartFren Terbaru
Paket Internet Telkom Flexi
Provider internet milik pemerintah ini baru unjuk gigi dengan menghadirkan jaringan EVDO yang kini telah dimilikinya. Dengan jaringan baru tersebut kini Telkom Flexi dengan pede melenggang di atas persaingan internet di Indonesia. Paket internet Unlimited pun kini disediakan dengan berbagai pilihan yang menarik, di antaranya tersedia berdasarkan kecepatan maksimum dan periode.
baca juga: Tips Memilih Modem GSM–CDMA Yang Bagus
Pilihan paket internet Unlimited Telkom Flexi adalah, GET SET dan GO. Paket internet Unlimited GET menyediakan kecepatan hingga 300 kbps dengan harga bulanan, mingguan dan harian masing-masing Rp 49.000, Rp 15.000 dan Rp 2.500. Untuk paket bulanan diberikan FUP 3GB, mingguan 1GB sedangkan untuk harian 500MB.
Flexi vs SmartFren

Loading...
Paket ulimited internet SET sedikit lebih mahal dengan memberikan kecepatan maksimum 600 Kbps dengan harga bulanan Rp 80.000 FUP 4GB, mingguan Rp 30.000 FUP 1,6GB dan harian Rp 5.000 dengan FUP 750MB. Paket internet Unlimited yang ketiga merupakan yang paling mahal, dengan menawarkan kecepatan maksimum sampai dengan 1, Mbps, paket ini ditawarkan dengan harga Rp 120.000 FUP 5GB untuk paket bulanan, Rp 45.000 FUP 2GB untuk paket mingguan sedangkan paket harian cukup dengan harga Rp 5000 dengan FUP 1GB.
Paket Internet SmartFren
Provider yang merupakan gabungan dari Smart dan Fren kini memiliki fokus tersendiri untuk melayani pelanggan yang membutuhkan koneksi cepat, hal ini terlihat dari jargon SmartFren yang sering kali muncul di layar televisi yaitu I Hate Slow.
baca juga: Paket BlackBerry CDMA Smartfren
Dalam mewujudkan akses internet yang baik, SmartFren memberikan penawaran paket internet Unlimited. Paket yang ditawarkan oleh SmartFren tersebut disebut dengan True Unlimited karena paket ini tidak menerapkan FUP dalam setiap paketnya. Terdapat 2 jenis paket internet Unlimited yang ditawarkan, yakni Premium dan Regular. Paket Regular hanya menyediakan periode bulanan, yakni dengan membayar Rp 45.000 dengan kecepatan maksimum 153Kbps. Untuk paket Premium Anda diperkenankan menggunakannya selama sehari dengan biaya Rp 5.000, mingguan Rp 30.000 dan bulanan Rp 90.000 dengan memberikan kecepatan maksimum sebesar 384 Kbps.
Kesimpulan
Jika Anda menginginkan paket internet tanpa adanya FUP, tentu saja Anda bisa memilih paket internet Unlimited SmartFren, terlebih sudah dibekali dengan kehebatan EVDO rev.B. Meskipun demikian, kehebatan teknologi EVDO masih belum bisa menyaingi kecepatan Telkom Flexi yang nyatanya lebih cepat daripada paket internet Unlimited milik SmartFren, khususnya di kota-kota besar.

Loading...