Intel UHD Graphics Jasper Lake 16 EU Bagus atau Meh Saja?

Intel UHD Graphics Jasper Lake 16 EU adalah IGP (integrated graphics card) bawaan processor Celeron dari generasi Jasper Lake milik Intel yang cukup populer digunakan pada laptop dan dekstop kelas entry dengan harga terjangkau.

Sebagai modul pengolah grafis low end untuk Celeron dual-core Jasper Lake, Intel UHD Graphics ini hanya menawarkan 16 EU (execution units / shader blocks). Modul pengolah grafis ini juga tidak memiliki dedicated graphics memory tersendiri, sehingga dalam prosesnya dia akan memakai RAM.

Sementara untuk kecepatan kerjanya, mengikut pada processor yang disertainya. Sampai sekarang ini, ada dua model processor Celeron yang menggunakannya, yaitu Intel Celeron N4500 yang memiliki TDP 6 Watt dan Celeron N4505 dengan TDP 10 Watt. Keduanya memungkinkan modul Intel UHD Graphics ini bekerja pada frekuensi antara 350 – 750 MHz.

Dengan arsitektur dan penambahan jumlah EU yang dibawanya, Intel UHD Graphics pada seri Jasper Lake ini bisa menunjukkan kecepatan yang lebih baik dibandingkan Intel UHD Graphics 600 yang ada pada processor dari generasi Gemini Lake.

Meskipun begitu, jelas peruntukannya bukanlah untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan kinerja grafis yang berat. Kalau kebutuhan Anda lebih banyak untuk menjalankan aplikasi berbasis Office, browsing internet, nonton Youtube atau streaming drakor, laptop yang menggunakan Intel N4500 seperti Asus BR1100CKA sudah sangat cukup.

baca juga: Game Yang Cocok Untuk Intel Celeron N4000? Ini Daftarnya



Intel UHD Graphics Jasper Lake

Salah satu fitur baru yang dihadirkan Intel pada modul pengolah grafis Gen11 adalah adanya dukungan Variable Rate Shading (VRS).

Teknologi ini memungkinkan aplikasi grafis dan game untuk memutuskan akan mengutamakan shading time pada object tertentu; semisal lebih mengutamakan bayangan obyek di latar belakang atau di belakang kabut dengan resolusi yang lebih rendah, dengan menggunakan hanya satu sumber untuk block 4×4.

Cara ini memungkinkan image di render 1.3x lebih cepat pada Unreal Engine POC dan 1.2x lebih cepat pada CiV 6. Tetapi teknologi ini tampaknya tidak banyak akan mempengaruhi kinerja grafis Intel UHD Graphics untuk Jasper Lake. Kecil kemungkinan Anda akan mampu bertahan bermain game dengan grafis yang bagus di laptop yang menggunakan Celeron N4500 atau N4505.

Fitur baru yang menurut Intel juga disertakan adalah video de- dan encoder terintegrasi yang lebih baik. Tidak ada keterangan yang lebih detail mengenai hal ini. Tetapi jika menilik bahwa generasi yang sebelumnya sudah mendukung decoding format video VP9 dan H.265/HEVC dalam profil Main 10 dengan kedalaman warna 10 bit, maka seharusnya bisa lebih baik lagi.

Disclaimer:

Artikel mengenai Intel UHD Graphics (Jasper Lake 16 EU) ini adalah terjemahan dengan perubahan dari artikel asli yang bisa Anda baca di sini: www.notebookcheck.com


Today's Best Deals!!!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.