Intel Pentium Gold 6405U

Processor Intel Pentium Gold 6405U adalah SoC dual-core kelas entry yang dibuat untuk laptop dan PC 2-in-1 berbasis generasi Comet Lake (CML-U). Processor ini diumumkan pada Oktober 2019.

Jika dibandingkan dengan Intel Pentium Gold 5405U yang berasal dari generasi Whiskey Lake, maka perbedaan utamanya terletak pada clock speed yang kurang lebih 100 MHz lebih tinggi dan juga dukungan modul memory yang lebih cepat.

Kecepatan kerja masing-masing intinya adalah 2.4 GHz – tanpa dukungan Turbo. Untungnya masih ada teknologi HyperThreading supaya kinerjanya lebih optimal.

Karena kecepatannya yang 100MHz lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya, maka kinerjanya juga sedikit lebih baik, meskipun kategori punya kinerja baik ini masih tetap dengan catatan: “dikelasnya.”

Ketiadaan fitur Turbo dan bahwa Intel 6405U ini hanya memiliki dua inti, menjadikannya sebagai processor yang cocok untuk kegiatan komputasi harian yang ringan, seperti browsing dan menjalankan aplikasi berbasis Office.

Jika Anda ingin membandingkannya dengan varian Intel Core i3, i5, atau i7 dari generasi Comet Lake, maka ketidakhadiran dukungan atas SSE(2) menjadi salah satu faktor pembeda yang paling kentara.

Logo Intel Pentium Gold

Processor pembanding Intel Pentium Gold 6405U

Kurang lebih, Intel Pentium Gold 6405U setara dengan AMD Ryzen 3 3300U – dengan Ryzen 3 3300U sedikit lebih baik.

Untuk processor yang populer di Indonesia, yang bisa disetarakan adalah AMD Ryzen 5 3500U – menang rada banyak, dan dibawahnya ada AMD Ryzen 3 3250U.

Kinerja Grafis

Intel tidak menyertakan pembaharuan untuk unit grafis bawaan Intel Pentium Gold 6405U ini. IGP yang dibawa masih sama dengan yang ada pada Pentium 5405U, yaitu Intel UHD Graphics 610.

Intel UHD Graphics 610 versi GT1 dari GPU Whiskey Lake (Intel Gen. 9). Intel UHD Graphics 610 membawa 12 Execution Units (EUs), dan bekerja pada kecepatan antara 300 sampai 950 MHz.

Kecepatannya memang lebih rendah dari Intel UHD Graphics 620 yang dipakai pada processor Intel dari generasi 8.

Kalau dicari pembandingnya, bisa dia setara dengan Intel HD Graphics 4400. Dengan demikian, cukup wajar, jika hanya sedikit judul game terbaru yang bisa dimainkannya dengan lancar, meskipun menggunakan setting grafis rata kiri atau low semua.



Intel Pentium Gold 6405U terintegrasi dengan de- dan encoder VP9 dan H.265, serta dukungan memory controller dual channel LPDDR3-2133 / DDR4-2400 – kalau yang Core i3 mendukung sampai DDR4-2666.)

Manufaktur dan Kebutuhan Daya

Dari sisi manufaktur, Intel Pentium Gold 6405U ini masih menggunakan proses 14nm++ sama seperti yang digunakan pada generasi Whiskey Lake. Sehingga tidak banyak yang bisa diharapkan dari sisi peningkatan efisiensi penggunaan tenaga.

TDP (PL1)-nya ditentukan pada 15 Watt, tetapi bisa diturunkan sampai 12,5 Watt – yang membuat CPU-nya bekerja pada kecepatan 800 MHz saja.

Disclaimer:

artikel ini adalah terjemahan dengan penyesuaian dari artikel asli yang bisa anda baca di:

Kesimpulan

Laptop dengan processor Intel Pentium Gold 6405U adalah pilihan yang bagus jika pekerjaan utama Anda lebih banyak seputar browsing internet, jualan online, membuat dan mengedit dokumen Office (Word, Excel, PowerPoint). Processor ini tidak akan bermasalah untuk menjalankan aplikasi komputasi harian seperti itu.

Akan sedikit beda cerita, jika secara rutin Anda menjalankan aplikasi yang lebih berat, seperti aplikasi desain grafis dan editing video. Akan lebih baik jika Anda membeli laptop dengan processor yang lebih kencang dan bertenaga, seperti processor quad-core Intel Core i5 dan i7 atau yang six-core macam AMD Ryzen 5 dan 7.

Kinerja grafis yang dimilikinya sebenarnya cukup bagus. Hanya saja, memang kurang jika diajak untuk bermain game 3D yang butuh tenaga lebih kuat. Setidaknya, Anda masih bisa bermain game yang ringan-ringan, atau jika memaksa, gunakan setting rata kiri dengan kualitas grafis yang biasa-biasa saja, supaya framerate yang dihasilkan tidak terlalu rendah.

Spesifikasi Intel Pentium Gold 6405U

Nama Processor Intel Pentium Gold 6405U
CPU Family Intel “Comet Lake”
Jumlah Inti Dual-core / 2 computing threads per core
CPU Clock Speed 2.4GHz
Cache Size 2MB
Dukungan Memory DDR3 (2133 MHz max. speed)
DDR4 (2400 MHz max. speed)
Integrated Graphics Intel UHD
Konsumsi Daya 15W
Production Technology 14-nanometer
Notable Technologies Intel HyperThreading (enables two computing threads per physical processor core)
Intel QuickSync Video (speeds up-conversion of video files)
Virtualization (allows the processor to run multiple virtual platforms)
Penggunaan Laptop dan 2-in-1 PC kelas entry
Tahun Rilis 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.