Intel HD Graphics 400 Braswell Kuat Memutar Video 4K Tapi Tidak Untuk Main Game

Intel HD Graphics 400 Braswell ini bukan GPU untuk bermain game yang pada umumnya hadir di jajaran laptop gaming seperti punya AMD Radeon atau NVIDIA. Awalnya dee-nesia agak bingung dengan penamaannya. Karena biasanya integrated GPU punya Intel itu diberi nama 4 digit. Lha ini kog cuman 3 digit. Pertama kali membacanya yang muncul adalah keraguan, jangan-jangan salah ketik nih. Tapi ternyata setelah cari tahu sana-sini, ternyata ini benar. Intel HD Graphics 400 itu beneran ada.

Tulisan mengenai Intel HD Graphics 400 berikut ini sebenarnya cuman terjemahan dari ulasan di http://www.notebookcheck.net/ ditambahi beberapa perkiraan saya sendiri. Jadi tidak terlalu valid untuk dijadikan rujukan anda yang memerlukan referensi teknis. Paragraf ini sekaligus menjadi disclaimer khusus posting ini.

Intel HD Graphics 400 SoC khas Intel Celeron 2016

The Intel HD Graphics 400 (Braswell) ini secara resmi menjadi GPU pendamping semua processor seri Celeron yang dirilis tahun 2016. Seperti Intel Celeron N3060 yang meneruskan N3050 yang keluar pada April 2015.

Dan masih seperti sebelumnya, Intel Celeron N3060 ini juga processor untuk laptop kelas entry level yang lebih memerlukan efisiensi daya lebih daripada ketangguhan kinerjanya. Untuk detailnya, silahkan baca Intel Celeron N3060 Kelebihan dan Kekurangannya.

Intel HD Graphics 400 Braswell
Intel HD Graphics 400 Braswell
Loading...

Arsitektur Intel HD Graphics 400 sendiri masih sama berdasarkan pada integrated GPU punya processor seri Broadwell, seperti HD Graphics seri 5300. Tapi dengan pengurangan pada shader core dan juga clock speed yang lebih rendah.

Jika pada Intel HD Graphics Braswell ada model yang lebih cepat dengan 16EU, maka turunannya ini lebih rendah lagi.

Bagaimana dengan performa Intel HD Graphics 400 ini?

Kinerja Intel HD Graphics 400

Kinerja atau performa Intel HD Graphics 400 ini akan sangat tergantung dengan tandemnya, si processor yang ditempelinya. Jadi jika ditandemkan dengan processor Celeron yang lumayan, kinerjanya juga akan ikut meningkat. Kalau anda beli laptop dengan Intel Celeron versi bawah, ya dia juga tidak akan terlalu bagus. Menyesuaikan begitu.

Selain kekuatan processor induk, kinerja Intel HD Graphics 400 juga ditentukan oleh kapasitas memory yang bisa dia gunakan untuk GPU (ukuran shared memory dari RAM.)

Jadi, mungkin, jika anda mendapatkan processor Celeron dengan GPU HD Graphics 400 ini dan terasa sangat lemah kinerjanya, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk menambah kapasitas RAM terpasang. Meski untuk beberapa laptop kelas ini, kadang RAM-nya tidak bisa diupgrade karena ketiadaan slot untuk RAM tambahan seperti Asus E202SA itu.

Untuk main game? Hehe… Ya jangan berharap lebih-lah. Daripada nanti malah sakit hati. Laptop yang memakai processor sekelas Intel Celeron itu biasanya memang bukan laptop gaming. Kalau masih mau ngeyel ya silahkan dicoba untuk memainkan game-game ringan.

Bisa cari di Windows Store saja. Itu dee-nesia pernah mencoba Asphalt 8: Airborne dan GT Racing 2: The Real Car Experience di Asus X200MA dengan Intel Celeron N2840 ternyata lumayan juga. Untuk detailnya silahkan baca Main Asphalt 8 dan GT Racing 2 di Asus X200MA.

Jadi ini GPU jelek banget ya?

Tidak juga. Untuk laptop mungil kelas entry level berlayar 11,6 inci yang jamaknya memang memakai processor Intel Celeron, maka GPU Intel HD Graphics 400 Braswell ini sebenarnya pilihan yang sangat pas.

Mengingat penggunaannya memang untuk komputasi ringan macam menjalankan aplikasi Office, browsing internet, dan hiburan seperti mendengarkan musik dan tentu saja menonton film, baik streaming layanan online video ataupun memutar film offline. Dan kabar asiknya adalah GPU ini tidak mengalami kesulitan untuk memutar film beresolusi 4K sekalipun. Berkat 4K H.265 video decoding engine yang dibawanya. Hmmmm…. N3050 juga bisa tuh. Haha….

Spesifikasi Teknis Intel HD Graphics 400

  • Codename: Braswell
  • Architecture: Intel Gen8
  • Pipelines: 12 – unified
  • Core Speed: 320 – 640 (Boost) MHz
  • Memory Bus Width: 64/128 Bit
  • Shared Memory: yes
  • DirectX: DirectX 11.2, Shader 5.0
  • Technology: 14 nm
  • Date of Announcement: 01.04.2016

Kesimpulan

Menurut dee-nesia, tidak perlu ragulah untuk membeli laptop dengan GPU Intel HD Graphics 400 Braswell ini. Tentu dengan pertimbangan bahwa anda akan meggunakannya lebih banyak untuk beneran bekerja. Bukan untuk main game. TDP sangat rendah yang artinya lebih hemat daya itu kenggulan utamanya. Lumayan kan? Anda tentu akan senang bekerja lebih lama tanpa perlu sering-sering nge-charge baterai laptop. Kalau pingin beli laptop untuk main game, ya coba belilah Seri Asus ROG Laptop Gaming Paling Pas Untuk Mahasiswa.

(Visited 656 times, 1 visits today)
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.