dee-nesia
mencari dan berbagi

Intel HD Graphics 400 Braswell Kuat Memutar Video 4K Tapi Tidak Untuk Main Game

Intel HD Graphics 400 Braswell ini bukan GPU untuk bermain game yang pada umumnya hadir di jajaran laptop gaming seperti punya AMD Radeon atau NVIDIA. Awalnya dee-nesia agak bingung dengan penamaannya. Karena biasanya integrated GPU punya Intel itu diberi nama 4 digit. Lha ini kog cuman 3 digit. Pertama kali membacanya yang muncul adalah keraguan, jangan-jangan salah ketik nih. Tapi ternyata setelah cari tahu sana-sini, ternyata ini benar. Intel HD Graphics 400 itu beneran ada.

Tulisan mengenai Intel HD Graphics 400 berikut ini sebenarnya cuman terjemahan dari ulasan di http://www.notebookcheck.net/ ditambahi beberapa perkiraan saya sendiri. Jadi tidak terlalu valid untuk dijadikan rujukan anda yang memerlukan referensi teknis. Paragraf ini sekaligus menjadi disclaimer khusus posting ini.

Intel HD Graphics 400 SoC khas Intel Celeron 2016

The Intel HD Graphics 400 (Braswell) ini secara resmi menjadi GPU pendamping semua processor seri Celeron yang dirilis tahun 2016. Seperti Intel Celeron N3060 yang meneruskan N3050 yang keluar pada April 2015.

Dan masih seperti sebelumnya, Intel Celeron N3060 ini juga processor untuk laptop kelas entry level yang lebih memerlukan efisiensi daya lebih daripada ketangguhan kinerjanya. Untuk detailnya, silahkan baca Intel Celeron N3060 Kelebihan dan Kekurangannya.