dee-nesia
mencari dan berbagi

Intel Core i5-5200U Prosesor Dual Core Broadwell Ekonomis Yang Tangguh

Intel Core i5-5200U adalah prosesor ULV dual core yang dibangun dengan arsitektur Broadwell. Prosesor hemat daya ini dirilis pada bulan Januari 2015. Kedua inti-nya dilengkapi dengan teknologi Hyper-Threading yang berjalan pada kecepatan 2.2 –2.7 GHz (2 inti: 2.5 GHz). Intel Core i5-5200U ini juga terintegrasi dengan GPU bawaan Intel HD Graphics 5500 dan dukungan memory controller dual-channel DDR3(L) 1600. Processor i5 satu ini dibuat dengan proses 14nm dengan transistor FinFET yang membuatnya lebih efisien.

Jika kita bandingkan dengan Intel Core i5-5259U, i5-5200U menawarkan CPU yang lebih tangguh, tapi menggunakan GPU yang sedikit lebih lambat. Seperti biasa, supaya kita bisa beli, dan Intel punya alasan untuk membuat kita bingung memilih, hehe…. Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan komputasi sehari-hari saja. Atau paling mudah, sesuaikan dengan dana yang kita miliki.

Arsitektur Intel Core i5-5200U

Broadwell menawarkan fitur “Tick” yang ada pada model Intel Tick-Tock, sederhananya kita bisa melihatnya sebagai versi lebih ramping dari pendahulunya – seri Haswell. Teknologi manufaktur 14 nm dengan transistor 3 dimensi FinFET membuat Broadwell lebih efisien dari segi penggunaan daya, dan juga bisa memperkecil ukuran fisiknya. Sehingga bisa digunakan pada laptop atau perangkat yang lebih ringkas.

Keunggulan lain dari arsitektur Broadwell adalah peningkatan kemampuan branch prediction, ukuran buffer yang lebih besar (1500 entry L2) dan berbagai tweak yang membuatnya kira-kira 5% lebih bagus kinerjanya dibanding versi terdahulu. Selain itu, ada juga beberapa instruction set extension yang dideain untuk aplikasi cryptographic.