dee-nesia
mencari dan berbagi

Intel Core i3-4030U Dual Core Processor Untuk Ultrabook Hemat Daya

Intel Core i3-4030U adalah prosesor ULV (ultra low voltage) yang cocok untuk digunakan pada ultrabook. Intel merilisnya pada kwartal kedua 2014. Meskipun sudah agak berumur, tapi sampai sekarang ternyata masih banyak laptop dan ultrabook yang menggunakannya.

Processor ini masih menggunakan arsitektur Haswell dan dibuat dengan proses 22nm. Berkat kemampuan Hyperthreading yang dimilikinya, Intel Core i3-4030U dengan dua core-nya sanggup menangani hingga maksimal empat thread bersamaan secara paralel. Setiap core-nya bekerja dengan kecepatan hingga 1.9 GHz. Sayangnya, dia tidak dibekali dengan fitur Turbo Boost.

Dibandingkan dengan Core i3-4025U, 4030U ini menawarkan kecepatan GPU yang sedikit lebih baik, tambahan I/O port dan dukungan terhadap VT-d. Buat yang sedang menyiapkan UN online tahun ini, pasti membutuhkan fitur yang satu ini.

Arsitektur Haswell

Arsitektur Haswell ini adalah versi penyempuranaan dari Ivy Bridge dengan peningkatan di sisi kinerja GPU dan CPU. CPU Haswell diproduksi dalam 22nm dan menawarkan kemampuan branch prediction yang lebih baik. Selain itu, juga ada penambahan dukungan terhadap beberapa eksekusi port. Kira-kira ada peningkatan kinerja 10% dari versi saudara tuanya tersebut. Lebih lanjut, ditambahkannya fitur baru seperti AVX2 dan FMA juga meningkatkan kinerjanya ket