Intel Core i3-4030U Dual Core Processor Untuk Ultrabook Hemat Daya

Intel Core i3-4030U adalah prosesor ULV (ultra low voltage) yang cocok untuk digunakan pada ultrabook. Intel merilisnya pada kwartal kedua 2014. Meskipun sudah agak berumur, tapi sampai sekarang ternyata masih banyak laptop dan ultrabook yang menggunakannya.

Processor ini masih menggunakan arsitektur Haswell dan dibuat dengan proses 22nm. Berkat kemampuan Hyperthreading yang dimilikinya, Intel Core i3-4030U dengan dua core-nya sanggup menangani hingga maksimal empat thread bersamaan secara paralel. Setiap core-nya bekerja dengan kecepatan hingga 1.9 GHz. Sayangnya, dia tidak dibekali dengan fitur Turbo Boost.

Dibandingkan dengan Core i3-4025U, 4030U ini menawarkan kecepatan GPU yang sedikit lebih baik, tambahan I/O port dan dukungan terhadap VT-d. Buat yang sedang menyiapkan UN online tahun ini, pasti membutuhkan fitur yang satu ini.

Arsitektur Haswell

Arsitektur Haswell ini adalah versi penyempuranaan dari Ivy Bridge dengan peningkatan di sisi kinerja GPU dan CPU. CPU Haswell diproduksi dalam 22nm dan menawarkan kemampuan branch prediction yang lebih baik. Selain itu, juga ada penambahan dukungan terhadap beberapa eksekusi port. Kira-kira ada peningkatan kinerja 10% dari versi saudara tuanya tersebut. Lebih lanjut, ditambahkannya fitur baru seperti AVX2 dan FMA juga meningkatkan kinerjanya ketika digunakan untuk menjalankan aplikasi terbaru.

Intel Core i3-4030U – Sebagus apa kinerjanya?

Kalau dilihat clock rate-nya, Intel Core i3-4030U kira-kira berada diantara Core i3-4100U (1.8 GHz) dan Core i3-4158U (2.0 GHz). Sehingga diatas kertas, Intel Core i3-4030U ini memiliki tenaga yang cukup untuk menjalankan aplikasi Office, surfing internet, dan multimedia dengan lancar.

Kinerja GPU Intel HD Graphics 4400

Intel Core i3-4030U ini terintegrasi dengan Intel HD Graphics 4400 sebagai GPU-nya. Sehingga, tanpa GPU terpisah sekalipun, anda masih bisa mendapatkan kualitas grafis yang lumayan.

Loading...

Intel HD Graphics 4400 menawarkan 20 Execution Units (EUs) pada kecepatan 200 – 1000 MHz (with Turbo Boost), membuatnya berkinerja lumayan, hanya sedikit dibawah HD Graphics 5000. Anda masih bisa main game meski dengan setting rata kiri. Mau main PES 2014? Bisa kog.

Konsumsi daya

Processor Intel Core i3-4030U ini menggunakan TDP sebesar 15 W termasuk untuk menjalankan fungsi GPU, memory controller, VRMs, dan  integrated chipset-nya. Sehingga, dia sangat cocok kalau dipasang pada laptop atau ultrabook dengan layar 11 inchi ke atas.

sumber: http://www.notebookcheck.net/

Pilihan laptop yang menggunakan Intel Core i3-4030U

Ada banyak loh yang memakai Intel Core i3-4030U. Rupanya, processor ini lumayan populer. Ini beberapa diantaranya:

Kog rentang harga laptop dengan Intel Core i3-4030U bisa beda jauh begitu ya? Ada yang dibawah 5 juta, juga ada yang sampai jauh diatas 7 juta. Hehe…. Kalau Dell itu memang beda. Harga rata-rata laptop Dell memang jauh melebihi pesaingnya. Dan Dell tetap PD, karena mereka selalu memberi lebih disetiap produk-nya.

Saya bukan fans Dell. Belum pernah sekalipun memakai produk dari Dell. Tapi dari sekedar mencoba laptop milik teman, saya pun percaya kalau kualitas Dell memang bagus. Perkara apakah dia paling bagus, itu soal lain. Kabar-kabarnya, belum ada yang mengalahkan kualitas layanan purna jual Dell. Dari pada anda penasaran, silahkan beli dulu laptop Dell, lalu nanti ceritakan hasilnya ke dee-nesia ini. Ok?

Intel Core i3-4030U Dual Core Processor Untuk Ultrabook Hemat Daya
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 374 times, 1 visits today)

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.