Intel Celeron N3050 Dual Core SoC Dengan Teknologi Braswell Irit Daya

Intel Celeron N3050 adalah processor low-end dual-core SoC untuk laptop yang dirilis Intel pada bulan April 2015. Celeron N3050 merupakan bagian dari platform Braswell yang menyempurnakan versi sebelumnya – Bay Trail. Dengan clock speed antara 1.6 –2.16 GHz dia menjadi andalan baru Intel pada segmen laptop kelas entry level. Untuk mendukung kedua intinya bekerja, N3050 membawa GPU yang mendukung DirectX 11.2 dan juga native DDR3L memory controller (2x 64bit, 25.6 GB/s)

Perihal clock speed ini, Intel Celeron N3050 justru lebih rendah dari pendahulunya yang sangat-sangat populer digunakan pada laptop kelas bawah dengan layar 11.6 inchi, Celeron N2840. Mengapa begitu?

Arsitektur yang digunakan Celeron N3050

Processor ini dikembangkan dengan dasar arsitektur Airmont yang sebenarnya adalah versi lite dari Silvermont. Meskipun kinerja kecepatan clock rate-nya tidak ditambahi, namun berkat proses 14 nm yang digunakan pada proses manufakturnya, membuat fitur CPU Burst (atau Turbo Boost) dan juga kinerja secara keseluruhannya turut meningkat.

Kinerja Celeron N3050

Dibandingkan dengan pendahulunya, Celeron N2815 (1.86 – 2.13 GHz), bisa dibilang kinerja N3050 hanya sedikit saja lebih baik. Itu artinya, processor ini cocok untuk kegiatan komputasi harian ringan, seperti browsing internet atau menjalankan aplikasi Office. Tapi akan segera kedodoran ketika dipaksa menjalankan aplikasi yang butuh resource besar – seperti aplikasi photo editing yang kompleks, atau mengedit video resolusi tinggi. Kalau hanya Photoscape sih masih lancar jaya. Photoshop? Bisa. Tapi ya ngeditnya jangan terlalu banyak efek. Hehe…. Demikian juga dengan Microsoft Movie Maker, bisa lancar kog. Cuman agak lama ketika merender hasil video final-nya. Kalau Premiere, mending jangan. Kasihan.

Kalau untuk main game bagaimana? Game apa dulu. Kalau cuman web atau flash based games sih masih nyaman. Begitu kena game dengan tampilan 3D yang kompleks, ya jangan-lah. Itu tadi, kasihan.

Kekuatan Grafis Celeron N3050

Sebenarnya, GPU HD Graphics (Braswell) yang dibawa N3050 ini cukup bagus. Berbasis pada arsitektur Intel Gen8 yang mendukung DirectX 11.2, kemampuan 12 EU (Execution Units) pada kecepatan 600 MHz itu lumayan. Kira-kira kinerjanya dua kali lebih cepat dan lebih baik dari HD Graphics bawaan Bay Trail. Tapi ya gitu, masih kurang mampu untuk menjalankan game 3D terbaru.

Kalau untuk nonton film full HD bisa? Bisa kog. lancar malah. Ini berkat dukungan GPU ini terhadap 4K/H.256 video acceleration.

Konsumsi daya listrik Intel Celeron N3050

Inilah sebenarnya kekuatan utama N3050, irit banget. Keseluruhan operasi yang dilakukannya bisa berjalan dengan normal dengan TDP sebesar 6 watt saja. Bandingkan dengan N2840 yang sampai 7.5 watt. Ini efeknya lumayan loh. Dengan TDP sehemat itu, maka Intel Celeron N3050 cukup menggunakan sistem pendingin passive cooling system. Laptop bisa dibuat lebih irit dan tipis karena kipas bisa saja tidak dipasang.

Siapa yang cocok memakai laptop dengan prosesor Intel Celeron N3050?

Berkat irit daya dan fisik laptop yang bisa dibuat tipis, maka mereka yang pekerjaan utamanya adalah pekerjaan Office, misalnya pelajar atau mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, bapak ibu guru yang harus sering presentasi dengan Power Point di depan kelas, para sales executive yang sering membawa laptop untuk melakukan presentasi di tempat yang jauh dari kantor, hmmmm… akan cocok banget memakai laptop dengan Celeron N3050 ini.

sumber: http://www.notebookcheck.net/

Laptop Dengan Prosesor Intel Celeron N3050

Loading...

Acer Aspire ES1-531 | Rp. 3.799.000,- | Intel Celeron N3050, 2GB DDR3, 1TB HDD, DVD±RW, WiFi, VGA Intel HD Graphics, Camera, 15.6″, Non OS.

Jangan terkecoh dengan harganya yang murah. Celeron N3050 ini cukup handal untuk Office dan multimedia. Mau nonton video sampai sekelas 1080p juga lancar jaya. Terlebih dengan hard disk sebesar 1TB pada Acer Aspire ES1-531 ini, anda akan leluasa menyimpan koleksi film resolusi tinggi atau musik dengan bitrate 320 kbps sekalipun sampai jumlah yang sangat banyak. Jadi Acer Aspire ES1-531 ini cocok banget buat kamu yang hobi mengoleksi film dan musik. Bagaimana? Kalau merasa butuh laptop yang lebih tangguh ya siapkan anggaran lebih besar, lalu tengok ASUS X302UJ-FN018D Laptop Gaming HDD 1GB Dengan Nvidia GeForce GT920M. Tangguh banget tuh, hehe….

Intel Celeron N3050 Dual Core SoC Dengan Teknologi Braswell Irit Daya
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 2,119 times, 1 visits today)

Komentar Terakhir

  1. Dimas
  2. Aris Suryanto
  3. aditya
  4. Devi
      • Devi

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.