dee-nesia
mencari dan berbagi

Install XP di Netbook

Sudah lama saya kepingin mencoba install XP di netbook. Masalahnya saya tidak punya netbook. Jadi ya nunggu ada netbooknya teman yang OS-nya kacau, hehe …. Kesempatan itu akhirnya tiba juga. Karena dipakai oleh banyak orang, Acer AOA150-nya teman saya kacau. Dengan semangat saya menawarkan diri untuk install XP di netbook-nya itu. Tentu saja dengan kondisi bahwa kalau datanya tidak terselamatkan ya tidak apa-apa, gitu. Jadi dech, saya coba menginstall XP. Ini ceritanya, …

Acer AOA150, seperti juga pada umumnya netbook, tidak dilengkapi dengan drive CD-ROM. Jadi, salah satu cara termudah untuk melakukan install OS adalah melalui USB Flash Disk. Jalan lain juga bisa, seperti misal dengan menggunakan external CD-ROM, tapi biayanya yang jadi lumayan, apalagi kalau tidak dapat pinjaman, hehe ….

Berikut ini yang saya lakukan untuk install XP di netbook-nya Acer AOA150:
1. Mempersiapkan satu biji flash disk nganggur, karena akan di format ulang dan di isi installer-nya XP. Saya memakai Kingston 2GB, itupun punya teman saya itu. Sebenarnya 1GB aja cukup. Tapi jangan lebih dari 2 GB, nanti jadi masalah dengan formatnya yang dipaksa pakai FAT16.
2. Mempersiapkan CD Master OS, saya pakai Windows XP Dark Edition. Kebetulan saya punya iso-nya. Jadi saya hanya memasang iso Windows XP Dark Edition di Virtual Drive-nya Nero saja.
3. Program untuk modul installasi Windows XP
– USB_PREP8 (download)
– PEtoUSB  (download

Setelah semuanya siap, maka langkah selanjutnya adalah memasang installer XP ke dalam USB Flash Disk. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Saya pasang USB Flash Disk ke ke komputer master dan mencatat posisi drivenya, hasilnya, Flash Disk saya dikenali di posisi J:
2. Mengekstrak kedua file ZIP tadi, USB_PREP8 dan PEtoUSB ke dalam satu folder. Detailnya,   saya siapkan sebuah folder di D:/usb windows installer (saya copy semua file hasil akstraksi file USB_PREP8 ke dalamnya, demikan juga dengan file PEToUSB, semuanya saya satukan dalam folder D:/usb windows installer itu.
3. Saya pasang iso installer Windows XP Dark Edition ke Nero Virtual Drive.
4. Lalu saya jalankan file “usb_prep8.cmd”. Lhadalah, yang muncul mak bendunduk adalah window-nya DOS prompt seperti ini: