Membuat Online Shop Sendiribaca tipsnya di sini....

Install Ubuntu 10.04 Netbook Remix Tanpa Flash Disk Di Netbook Acer Aspire One D250

Saya tidak mengira bahwa proses install Ubuntu 10.04 Netbook Remix di netbook Acer Aspire One D250 bisa dilakukan tanpa Flash Disk. Dengan mudah, terlalu mudah bahkan, sampai saya terkaget-kaget. Tidak percaya?

Di situs resminya Ubuntu, saya tidak mendapati pernyataan bahwa menginstall Ubuntu 10.04 Netbook Remix di netbook akan semudah ini. Tutorial yang ada ya lumrah seperti pada peluncuran Ubuntu versi-versi yang sebelumnya. Tentang:

  • bagaimana menginstall Ubuntu versi desktop atau Netbook Remix dengan menggunakan Flash Disk
  • menginstall Ubuntu Live di Flash Disk
  • menginstall Ubuntu dengan Wubi
  • menggunakan Flash Disk sebagai installer Ubuntu
  • dll

Sebelumnya saya juga berpikir untuk menggunakan petunjuk salah satu tutorial itu. Seperti halnya dengan ketika kita install  XP di netbook, kita akan diminta untuk memformat flash disk, membuatnya jadi bootable, lalu mentransfer iso installer XP ke dalam flash disk itu. (Baca di sini untuk melakukan install XP di netbook). Intinya seperti itulah.

Segera setelah selesai download iso Ubuntu 10.04 Netbook Remix,   saya mengintip isinya dengan WinRar, eh…. ternyata sudah ada Wubi-nya. Beda dengan Ubuntu 9.04 Netbook Remix yang berekstensi img dan tidak disertai dengan Wubi. Keberadaan Wubi dalam iso-nya Ubuntu 10.04 Netbook Remix inilah sebenarnya yang memicu saya pulang lagi pada Ubuntu. Hehe ….
Setelah ketemu dengan si Wubi, saya jadi kepikiran, bagaimana kalau iso-nya saya masukkan ke dalam virtual drive. Saya coba saja memakai Daemon Tools. (Mau? Download Daemon Tools)
Dengan tidak berharap akan berhasil, saya copy iso Ubuntu 10.04 Netbook Remix ke dalam hard disk Acer Aspire One D250 saya, kemudian saya aktifkan si Daemon Tools, saya mount iso-nya, jadilah satu drive virtual berisi Ubuntu 10.04 Netbook Remix. Kemudian saya aktifkan si Wubi, dan mengikuti arahan mbak Wubi ini.

Ubuntu 10.04 Netbook Remix di Acer AOD250
Loading...

Prosesnya lumayan cepat, dan saya berdebar-debar ketika prosesnya sampai di proses reboot. Dan …. tada… Berhasil!!!
Mudah sekali ternyata. Mau coba?

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....