Ide Bisnis Fashion Bagus dan Menjanjikan (Bahkan Jika Anda Pemula!)

Menghasilkan uang dari bisnis yang dibangun sendiri menjadi impian banyak orang. Ada begitu banyak cerita sukses dari mereka yang berangkat dari nol membangun usaha, melalui pasang-surut dan masalah, sampai kemudian berhasil. Salah satu kesamaan diantara mereka yang berhasil itu adalah bahwa mereka membangun bisnis dari hobi atau passion mereka.

Bagaimana dengan Anda yang memiliki passion di bidang fashion? Apakah peluang bisnisnya besar sehingga berpotensi memberi penghasilan yang layak?

Fashion – atau sebut saja pakaian – adalah salah satu kebutuhan dasar manusia untuk hidup layak, selain makanan dan tempat tinggal. Sudah pasti, setiap orang membutuhkan pakaian.

Dalam perkembangannya, fashion – tidak terbatas hanya mengenai pakaian, tetapi juga pernak-perniknya. Lebih-lebih untuk fashion wanita. Jumlah produk yang bisa Anda temukan bisa sangat banyak. Mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki, semuanya memiliki produk tersendiri. Belum lagi jika Anda memasukkan asesoris fashion.

Tambahkan saja fashion untuk segmentasi yang lebih khusus; semisal fashion untuk anak-anak, remaja, pengantin, orang-tua, wanita muslimah, busana kantoran, dan sebagainya. Silahkan tambahkan sendiri kemungkinan-kemungkinan yang bisa Anda dapatkan. Sangat banyak.

Dan kalau kita lihat di berbagai marketplace, item fashion masih menjadi item dengan tingkat penjualan yang sangat-sangat tinggi.

Artinya, pasar untuk membuka bisnis di bidang fashion sangatlah besar. Potensi penghasilannya? Saya kira hanya akan dibatasi oleh seberapa persisten Anda berusaha membesarkan bisnis Anda ini.

Ide Bisnis Fashion Bagus dan Menjanjikan (Bahkan Jika Anda Pemula!)

5 Ide Bisnis Fashion Yang Gampang Untuk Pemula

Aksesoris

Berjualan aksesoris bisa menjadi peluang bisnis bagus bagi Anda yang masih mulai. Dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda bisa segera mulai berjualan aksesoris kecil-kecil.

Ada banyak sekali varian aksesoris fashion yang harganya relatif murah dengan peminat yang luar biasa banyak. Keuntungan yang Anda dapatkan untuk setiap item memang kecil. Tetapi karena harganya murah, sangat mungkin pembeli Anda tidak merasa cukup untuk hanya membeli satu.

Itu sebabnya jumlah item aksesoris yang tersedia di katalog produknya sebaiknya cukup banyak.

Sepatu dan Sandal

Sepatu dan sandal juga adalah produk yang tingkat penjualannya sangat tinggi. Cukup wajar sih. Rata-rata orang – utamanya wanita – jarang yang merasa cukup hanya memiliki sepasang sepatu atau sandal. Setidaknya, Anda akan memerlukan sepatu untuk bekerja, untuk nongkrong, dan untuk olah-raga. Belum lagi ketika Anda perlu memadupadankan warna sepatu dengan warna busana yang sedang dikenakan, semakin banyaklah sepatu yang Anda butuhkan.

Jika Anda saja seperti itu, maka dijamin, ada banyak sekali orang yang juga memerlukan sepatu sebanyak Anda (atau lebih banyak) di luar sana. Dan itu artinya pasar!

Bisnis Tas Wanita

Bisnis tas wanita juga sangat menjanjikan. Alasannya kurang lebih sama dengan bisnis sepatu dan sandal tadi. Tas itu aksesoris yang menjadi kian wajib saja sekarang ini. Kebanyakan pria cukup dengan satu tas multifungsi yang digunakan untuk hampir segala kegiatan luarnya. Sementara wanita tidak. Beda keperluan, beda circle nongkrong, beda warna baju – beda pula tas-nya.

Desain tas juga selalu berkembang, sehingga Anda tetap punya kemungkinan bisa menjual tas kepada wanita yang sudah punya tas. Bisnis tas wanita itu hampir tidak ada musimnya, alias sepanjang waktu tetap ramai.

Produk fashion berdasarkan trend

Jika Anda masih pemula sekali, cobalah untuk menjual produk-produk fashion berdasarkan trend yang sedang ramai. Pasarnya memang sedikit lebih sempit. Tetapi gelombang trend sangat mungkin akan membawa keberuntungan bagi Anda.

Trend produk fashion berubah-ubah sesuai dengan berjalannya waktu. Dan siklusnya bisa dibaca dan diperkirakan dengan hampir tidak ada atau sedikit sekali perubahan.

Misalnya menjelang bulan puasa dan lebaran, maka produk untuk teman-teman yang muslim pasti sedang ramai. Mulai dari hijab, mukena, sajadah, sampai baju koko bisa menjadi item terlaris Anda.

Produk fashion untuk pasar khusus

Selain pasar yang “kolamnya” besar – karena memang jumlah buyer potensialnya besar, sebenarnya ada pasar yang meskipun lebih kecil peminatnya, tetapi tetap sangat menjanjikan untuk digarap. Pasar khusus.

Anda bisa mengkhususkan diri – atau membuat segmentasi tersendiri – untuk produk fashion yang ditujukan untuk orang-orang tertentu.

Misalnya produk fashion berukuran ekstra besar. Tentu saja Anda bisa menambahkan varian Anda sendiri. Untuk jenis produknya bisa apapun, mulai dari jaket, cardigan, t-shirt, jeans, dan lain-lain.

Jadi ide bisnis fashion ini cuman sekadar jualan baju?

Tentu saja tidak. Fashion itu bidang yang sangat luas.

Kalau hanya sekadar berjualan, tentu mereka yang tidak punya passion di bidang fashion juga bisa jualan produk-produk fashion. Cukup dengan membuka lapak di marketplace dan memanfaatkan media sosial – seperti Facebook atau Instagram juga bisa.

Bagaimana dengan Anda yang benar-benar punya passion, bakat, dan skill mumpuni di bidang fashion ini?

Tentu saja jualan baju saja tidak cukup. Anda tidak akan merasa puas dengan “hanya” mendapat penghasilan saja. Kebutuhan untuk mendapatkan pencapaian diri tidak akan bisa diraih dengan berjualan. Anda butuh berkarya.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk tetap berkarya, mengekspresikan diri, membangun brand, tapi juga tetap mendapat penghasilan yang lumayan?

Silahkan baca ide bisnis fashion terbaru. Di sana, Anda tidak akan hanya mendapatkan inspirasi usaha di bidang fashion yang melulu berjualan, tetapi hal-hal yang lebih membangun diri Anda sebagai ‘pengusaha’ fashion betulan. Maksudnya bukan cuman menjual produk fashion (orang lain) saja.

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.