Harga Samsung Galaxy A3 Spesifikasi dan Harga

Harga Samsung Galaxy A3 dan spesifikasi | Spesifikasi singkat: Chipset A53 quad core 1,2GHz, RAM 1GB, storage internal 16 GB, slot Micro SD, Layar 4,5 inci Super AMOLED qHD 960 x 540 piksel, HSPA+, Dual SIM, Kamera belakang 8 MP autofokus LED flash, Kamera depan 5MP, baterai 1900mAh >> harga Samsung Galaxy A3 IDR 3.5 juta. >> Update harga Galaxy A3 terbaru IDR 3.119 ribu di Lazada.

Ketika Samsung merilis Galaxy seri A, semua orang mendadak sadar kalau selama ini Samsung selalu mengandalkan material plastik untuk smartphone Android-nya, mulai dari Galaxy yang murah sampai Galaxy seri flagship sekalipun. Memang sudah waktunya Samsung membenahi sisi desain yang rasanya terlalu lama tidak berubah. Nah, kalau kamu sedang mencari seri Samsung Galaxy seri A yang paling murah, seri A3 ini jawabannya. Dengan harga yang tidak kemahalan, Samsung Galaxy A3 datang dengan konsep unibody, memakai material metal, dan desain yang bagus tampak premium yang cukup tipis. Dengan harga Galaxy A3 yang 3,5 jutaan itu, kira-kira apa cukup layak dibeli?

Desain Galaxy A3 Yang Bagus

Samsung Galaxy A3 ini bisa digolongkan dalam kategori smartphone Android kelas menengah. Meski begitu, kamu akan mendapatkan ‘rasa’ yang lebih. Ini berkat material casing yang berbeda, desain cantik, berat yang seimbang, dan ukuran layar yang tidak berlebihan, 4,5 inchi. Ketika kamu memegangnya, maka si Galaxy A3 ini akan terasa mantap di genggaman. Pada sisi frame samping ada sentuhan metal tipis yang membuatnya ‘terlihat’ beda dengan seri Galaxy lainnya. Desain tombol-tombolnya juga cukup mampu menonjolkan sisi lebihnya. Sayangnya, materail metal ini tidak diterapkan di semua sisinya. Cover belakang masih tetap plastik. Meski begitu, plastik yang digunakan juga plastik bagus dengan permukaan doff, terasa halus ditangan, tidak licin, tidak mengkilap, yang membuatnya lebih aman dari kemungkinan jatuh karena terselip licin ketika kita pegang. Karena tipis, jadi wajar kalau modul kameranya agak keluar dari dimensi bodinya yang tipis. Untuk menghemat tempat, slot nano SIM dan slot micro SD di samping badannya itu bersistem tray seperti iPhone. Bukan hal yang terlalu bagus menurut saya. Jadi harus ada kompromi untuk mengubah kebiasaan. Efeknya lumayan merepotkan. Karena slot microSD jadi satu dengan slot nano SIM, maka jika kamu mau memakai dua kartu GSM, ya micro SD-nya kudu dilepas dan sebaliknya, supaya punya storage yang lebih besar dari microSD, ya harus puas dengan menggunakan hanya satu kartu GSM saja.

Samsung Galaxy A3

Loading...

Layar Galaxy A3

Bagi saya, ukuran layar 4,5 inchi paling pas untuk ukuran besaran layar gadget genggam macam smartphone. Mudah dioperasikan baik dengan dua tangan atau satu tangan saja, dengan sedikit usaha tentu. Ukuran ini cukup  nyaman untuk dinavigasi, menikmati konten video, foto, atau browsing dan menjalankan aplikasi jejaring sosial.  Pas gitu. Dengan memakai layar berjenis AMOLED, kamu akan mendapat manfaat lebih dari layar Galaxy A3. Baterai hemat dan kenyamanan ketika menatap layarnya. Meski harus diakui, resolusi qHD 960 x 540 piksel itu kurang, mengingat harganya. Banyak smartphone lain yang memberi resolusi layar lebih tinggi dengan harga lebih murah. Tapi itu bukan Samsung. Secara umum masih sangat nyaman kog layarnya, meski kurang rapat resolusinya. Layar AMOLED itu dikenal bagus memberikan tampilan dengan kontras, saturasi dan warna hitam yang benar-benar hitam, bukan agak berpendar seperti jenis layar yang lain.

OS dan UI Galaxy A3

Awalnya saya yakin banget kalau sedari awal diluncurkan, Samsung akan memberikan Lollipop sebagai OSnya. Eh, ternyata masih bersetia dipasangi KitKat. Tidak terlalu mendesak juga sih. Cuman pasti akan terasa lebihnya, semisal langsung memberikan Lollipop untuk Galaxy A3. Apalagi Samsung terkenal lumayan pelit untuk memberi update OS. Soal UI, sebenarnya tidak banyak, atau tidak ada yang cukup signifikan untuk dibicarkan. Karena kamu masih akan menemui TouchWiz yang memang pas dan bagus, meski agak bloaty dan buggy. Jika sebelumnya kamu pakai Android Samsung, maka tidak perlu waktu penyesuaian untuk segera mulai menggunakannya. Seperti biasa, berbagai pengaturan tampilan bisa kamu terapkan supaya Galaxy A3 kamu semakin sesuai dengan kebiasaan dan preferensi yang kamu mau.

Kinerja Samsung Galaxy A3 untuk aplikasi harian dan main game

Processor yang ada pada Galaxy A3 adalah Snapdragon 410 MSM8216 64bit quadcore 1,2 GHz yang bersanding dengan GPU Adreno 306. Ini paduan yang pas untuk menunjang agar kinerjanya mempuni menjalankan aplikasi terbaru yang kian hari tuntutannya semakin berat. Yang mungkin jadi pertanyaan adalah, kenapa RAM-nya cuman dikasih 1 GB ya? Haha… Mungkin untuk menekan harga juga, atau untuk disparitas pasar, agar ada tempat untuk versi seri A yang diatasnya. Biasa, seperti tidak tahu Samsung saja. Secara umum, spesifikasi Galaxy A3 sudah lebih dari cukup untuk aplikasi harian dan main game kelas menengah sampai berat. Mungkin akan ada lag, tapi masih di level yang tidak terlalu mengganggu kenyamanan.

Bagaimana kamera Galaxy A3? Cukup baguskan?

Saya berani bilang kalau kamera Galaxy A3 ini bagus. Setidaknya sepadan dengan label harganya. Dengan kamera belakang 8 MP dan beragam fitur untuk memaksimalkan hasil jepretannya, rasanya tidak akan terlalu sulit bagi kamu untuk mendapatkan foto yang bagus dengan kamera Galaxy A3. Asal sedikit-sedikit paham tentang komposisi dan pencahayaan, maka fitur-fitur kamera A3 akan membantumu mendapatkan yang terbaik. Untuk kamera depan, sensor 5MP dengan lensa wide angle itu akan disukai kamu-kamu yang gemar selfie dan wefie. Silahkan dicoba-coba saja. Asyik banget. Kalau lagi perlu menjepret demi hasil yang lebih bagus, kamera belakangnya akan bekerja untuk kamu. Hasil fotonya juga sidikit diatas rata-rata hasil foto smartphone dalam rentang harga yang sama.

Harga Samsung Galaxy A3 Terbaru

Sempat menyentuh level harga 3,5 juta pada awal rilis, sekarang kamu sudah bisa mendapat harga Samsung Galaxy A3 terbaru cuman di kisaran IDR 3.119.000,-. Turun lumayan banyak tuh… Kalau mau beli silahkan dapatkan harga Galaxy A3 termurah di Lazada. Jadi? Sangat recommended. Terutama buat mereka yang tidak terlalu perlu penggunaan dual SIM-nya.

(Visited 9 times, 1 visits today)
Loading...
2 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....