Hard Disk SATA Tidak Terdeteksi BIOS, Tapi Kadang Juga Dikenali

By | Maret 14, 2019

Hard Disk SATA tidak terdeteksi BIOS, tapi kadang juga dikenali. Lumayan bingung. Sebenarnya apa yang terjadi. Ketika bisa dikenali, booting, dan kemudian Windows berhenti di logo kemudian restart lagi. Bootloop sudah. Dan ketika tidak dikenali, ya sudah, hari itu tidak bisa bekerja apapun dengan komputer. Kalau masih ada cadangan komputer atau laptop lain, tidak terlalu masalah. Meski artinya harus mulai dari awal lagi karena kebanyakan data pekerjaan ada di hard disk yang bermasalah itu.

Biasanya, ketika dikenali BIOS dan dilakukan startup repair dari Windows, ada pesan begini:

“root cause found : the partition table does not have a valid system partition”

Ketika tidak bisa dikenali yang muncul peringatan begini:

“system repair cant resolve this issue”

Hard Disk SATA Tidak Terdeteksi BIOS

credit foto: www.trendhunter.com

Ketika menggunakan FDISK yang sudah ada di CD untuk membenahi table partition, dia tetap tidak mengenali hard disk. Kira-kira apa yang bisa dilakukan?

Cara mengatasi hard disk SATA tidak dikenali BIOS

Anda pernah mengalami masalah yang mirip-mirip dengan diatas? Mari kita coba mengatasinya dengan melakukan beberapa langkah berikut ini:

Diasumsikan anda memakai PC desktop, bukan laptop. Jika ini terjadi pada hard disk laptop anda, maka harus disesuaikan langkahnya.

  1. Lepaskan kabel daya dari colokan listrik
  2. Tekan dan tahan tombol power kurang lebih 15 detik untuk menghilangkan sisa tenaga listriknya
  3. Buka casing PC anda
  4. Lakukan reseating (melepas dan menyambung kembali) kabel-kabel konektor hard disk, baik kabel SATA maupun kabel dayanya
  5. Pasang kembali kabel daya utama ke colokan listrik dan coba booting. Jika sudah berjalan normal kembali, maka hard disk anda tidak rusak, masalah selesai
  6. Jika tetap tidak dikenali, ulangi langkah 1 dan 2, sekarang coba hubungkan hard disk dengan port SATA yang lain di motherboard. Coba booting lagi. Jika bisa maka, itu berarti port SATA yang sebelumnya rusak
  7. Jika masih tetap tidak terdeteksi, sekarang ganti kabelnya dengan kabel SATA yang lain. Booting lagi, coba dengan port SATA yang lain satu per satu. Jika berhasil berarti kabel SATAnya yang tadi bermasalah.
  8. Jika semua kabel dan port SATA sudah dicoba dan tetap gagal, cobalah hard disk anda di komputer lain. Bisa pinjam punya teman, saudara, atau kantor (asal tidak ketahuan admin saja, hehe…)
  9. Jika di komputer lain tidak juga dideteksi dengan langkah-langkah yang tadi, berarti memang hard disk anda perlu diganti.

disclaimer:
saya

tidak bertanggung jawab jika komputer anda meledak, tambah rusak, atau mendatangkan alien ke rumah anda. Lakukan dengan sadar akan resikonya. Tidak ada jaminan setelah melaksanakan prosedur di atas hard disk SATA kamu akan dikenali. Terkadang beda muka, beda hasil, hehe ….. Semoga berhasil.


Kemungkinan Penyebab Hard Disk SATA Tidak Dikenali BIOS

Dari langkah-langkah di atas, kita bisa simpulkan kalau kemungkinan penyebab hard disk tidak dikenali BIOS itu karena:

  • kabel yang tidak berfungsi baik karena ada jalur yang putus nyambung
  • konektor kabel yang kotor atau berubah bentuk
  • port atau konektor di sisi motherboard yang rusak
  • hard disk-nya sendiri yang memang bermasalah

Perhatian:
semua langkah diatas perlu keberanian, kehati-hatian, hati yang ikhlas – eh – tenang dink, dan keberuntungan. Jika anda tidak merasa nyaman dengan semua prosedur tadi, ada baiknya minta bantuan orang lain, asal tidak terus menyalahkan mereka kalau tetap gagal ya….

Kalau ragu-ragu, rujuklah pada buku manual bawaan komputer anda. Bukan cuman demi keamanan komputer dan hard disk, tapi juga keamanan anda sendiri. Sebagai rujukan lain, silahkan baca juga Cara Membaca Data Di Hard Disk Ketika Laptop Tidak Mau Booting. Kalau memang ternyata hard disk kamu rusak, tentu kamu perlu memastikan apa bener itu hard disk harus diganti baru atau masih bisa diperbaiki, silahkan baca juga Aplikasi Gratis Untuk Memeriksa Kesehatan Hard Disk.

(Visited 74.177 times, 14 visits today)
Loading...

13 thoughts on “Hard Disk SATA Tidak Terdeteksi BIOS, Tapi Kadang Juga Dikenali

  1. Dedy

    siang mas.. sy mau tanya. sy ada masalah dengan komputer sy. komputer sy seringkali tiap hari sewaktu dinyalakan slalu saja setelah muncul logo mobo agak lama trus muncul perintah yg menyatakan hardisk is not proper. setelah itu sy cek di bios ternyata menu boot hardisknya gk kedetect. masalah ini selalu aja muncul tiap hari. solusi seringkali kabel sata sy bolak balik antara hardisk dan mobo. trus pindah ke colokan sata mobo 1-4. kabel PSU yg sy lepas dan tancap kembali, RAM sy pindah2 soket. dan klo dah jengkel biasanya sy instal ulang windowsnya baru bisa. tp yg anehnya sy punya 3 hardisk yang sy instal ulang di komputer yg sama slalu permasalahan ini slalu muncul. kira2 gimana solusinya ya? terimakasih..

    Reply
  2. Yance

    Dari pengalaman pribadi saya, bisa jadi juga karena psu nya. Kurangnya/menurunnya supply power dari psu mengakibatkan harddisk seringkali tdk/susah terdeksi

    Reply
      1. Rudi Hartono

        dee-nesia
        Mohon pencerahan.
        Hdd saya minta pin/password bios
        Bios nya terkunci jadi pc saya tidak bisa masuk di bios dan tidak bisa instal windows. Bagai mana solusinya gan. THANKS

        Reply
  3. yhasa

    mas, ada masalah nih dgn laptop sy. mas pasti tahu kan gmn tampilan bios klo hardisk terdeteksi? pasti bisa qt atur opsi” di dlmx. tp ini mas biosnya masuk tp opsinya semua tulisanx buram gak bsa d pilih. gmna it mas.. trima kasih.. tlong jawabanx di emailkan mas.
    yhasa.pru@gmail.com

    Reply
    1. Esther Yudi Post author

      Emmmm, coba gunakan tombol + dan minus mas Yhasa.

      Tidak cukup yakin sebenarnya, karena setiap laptop memiliki karakter sendiri-sendiri dan tidak bisa disamaratakan perlakuannya.

      Kemungkinan lainnya ada masalah dengan BIOS-nya. Semoga saja bukan dengan hardware-nya.

      Kalau mungkin, coba diupdate versi BIOS-nya.

      Semoga membantu….

      Reply
  4. Adi sulistyo

    Mas pc cuma bisa mentok nyala di logo moterboard ketika di pasangi hardisk, ketika hardisk di lepas bisa masuk bios, itu knapa ya?

    Reply
    1. Esther Yudi Post author

      bisa hdd, colokan di hdd, port hdd, atau yang lain mas yang bermasalah.
      coba dulu hdd di laptop atau pc lain.
      coba juga memastikan kalau colokan hdd, dan juga port hdd di laptop juga dalam kondisi bagus dan bekerja dengan normal.

      coba juga memasang hdd lain.

      lakukan saja satu per satu untuk menemukan masalahnya di mana.

      Kalau masalah pastinya, ya saya tidak tahu mas Adi, hehe….

      Reply
  5. Mirel

    Mas,nanya dong hardisk saya seagate 500gb,cpu hidup,hardisk berputar tapi tidak ke detect di bios,tidak terbaca sama sekali,port dianggap kosong…solusinya bagaimana?terimakasih

    Reply
  6. salam

    triomakasih gan. bermanfaat tutornya. seomoga makin barokah gan, amiinnn

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.