Google Photos for Android Sekarang Lebih Hemat Data

Salah satu aplikasi yang bisa menghemat memory internal hp Android kita adalah Google Photos ini. Dengan Google Photos ini, kita bisa mengatur secara otomatis untuk melakukan backup langsung ke akun Google Drive yang terhubung dengan Android kita tadi. Tidak tanggung-tanggung, ada penyimpanan cloud sebesar 15GB gratis.

Dan jika kamu upload foto dengan pengaturan kualitas High Quality, maka kamu akan bisa terus menerus upload foto dan video tanpa dibatasi lagi, alias dapat free unlimited storage.

Tentu saja ada banyak lagi kelebihan dan fitur yang bisa kita manfaatkan dari aplikasi Google Photos ini selain menghemat memory internal HP Android. Dan pada update Google Photos terbaru, ada beberapa peningkatan yang fokus pada fitur hemat kuota internet.

Bukankah itu yang menjadi kekhawatiran utama kamu ketika menggunakan berbagai aplikasi berbasis cloud seperti Google Photos ini?

baca juga Cara Mempercepat Google Chrome di Android.

Memang sih, penggunaan kuota internet kamu akan tetap tinggi. Karena Google Photos akan melakukan backup dan senantiasa sinkronisasi file foto dan video yang tersimpan di dalam HP Android kamu dengan file foto dan video yang ada di penyimpanan cloud dari Google.

Proses awalnya tentu butuh kuota lumayan besar. Jika kamu memakai Android dengan kamera yang bagus, bermega piksel besar, dan menggunakan resolusi penuh, maka bisa banyak banget kuota internet yang akan kamu habiskan.

hNah, dengan versi baru ini, Google Photos akan berusaha meminimalkan penggunaan kuota internet dengan cara otomatis membuat file cache untuk setiap foto dan video yang kamu lihat melalui aplikasi Google Photos ini.

Cache inilah yang akan membantu supaya setiap kali ada video atau foto yang dilihat, kita tidak perlu download lagi. Cukup melihat dari cache yang sudah ada di HP Android kita sendiri.

Google Photos for Android Sekarang Lebih Hemat Data
Google Photos for Android Sekarang Lebih Hemat Data
Loading...

dee-nesia sendiri juga memakai Google Photos untuk menyimpan semua foto dan video yang saya buat. Selain di Android, Google Photos juga bisa berfungsi baik di Windows dan MacOS.

Secara singkat, berikut ini fitur-fitur intinya….

Auto Backup: Pengguna bisa mengatur supaya semua foto dan video aman tersimpan dalam Google Photos sehingga bisa diakses dari banyak perangkat. Terserah kamu nanti mengakses file foto dan video itu dari Android atau laptop. Selama punya akses terhadap akun Google kamu, maka semua file tadi bisa dengan mudah dilihat. Kapasitas yang diberikan adalah gratis 15GB yang digunakan bareng dengan semua file yang berada di bawah akun Google kamu.

Baca juga Cara BackUp Data Android Supaya Aman Tidak Sampai Kehilangan File.

Visual Search: Bingung mencari file foto dan video tertentu di hard disk kamu? Di Google Photos kamu bisa dengan mudah mencari file-file tadi. Karena kamu dimungkinkan untuk mengkategorikannya berdasarkan orang, tempat, dan hal-hal tertentu yang bisa kamu atur sendiri. Kamu bahkan bisa memberi tag pada foto tertentu dan dengan teknologi pengenalan wajah, dia akan menandai semua foto yang ada wajah orang tersebut.

Menghemat tempat di memory perangkat kamu: Google Photos mengijinkan kamu untuk menghapus file foto dan video yang ada di dalam HP Android kamu dengan aman setelah memastikan file tersebut sudah di backup. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan foto dan video lagi karena hp hilang atau memory card yang rusak.

Membuat foto dan video kamu lebih hidup: Aplikasi dari Google ini juga bisa secara otomatis membuatkan montase foto dan video, membuatkan video klip interaktif, membuat kolase, dan juga membuatkan animasi pendek dari foto dan video kamu. Kamu bisa menyimpannya kalau mau, atau menghapusnya kalau malu, hehe….

Mengedit foto dan video secara langsung: Tidak berbeda dengan aplikasi sejenis, kamu juga bisa secara langsung mengedit foto dan video dengan mudah dan hasil yang luar biasa dengan Google Photos. Kamu bahkan tidak perlu lagi menginstall aplikasi lain kalau hanya ingin memperbaiki warna atau melakukan cropping foto-foto kamu. Juga ada banyak sekali filter yang bisa kamu aplikasikan untuk sekadar membuat foto dan video kamu berbeda. Kalau sudah puas, hasilnya bisa langsung kamu share ke Facebook, Google+, ataupun Youtube. Mudah banget kan?

Yang baru di Google Photos versi 3.5.0

Google Photos for Android

  • optimasi cache untuk menghemat kuota internet. Sekali kamu nonton video, Google Photos akan membuatkan file cache-nya sehingga video tadi bisa ditonton lagi dengan lebih cepat dan tanpa perlu mendownload lagi
  • peningkatan performa

Kalau kamu membuka posting ini dari Android, silahkan klik di sini untuk mengunduhnya langsung ke HP kamu.

Windows

  • menstabilkan video langsung di Google Photos
  • tersedia banyak sekali filter dinamik untuk meningkatkan kualitas foto dengan sekali tap
  • tool editing yang lebih tangguh untuk memperbaiki pencahayaan dan warna
  • ada tambahan tool slider Deep Blue untuk memperbaiki warna langit dan air di fotomu
  • ada fitur Austin’ Mystery (gambaran tentang tool dan fungsi yang belum dirilis dari developer-nya)

Bagaimana? Apakah kamu sudah secara intens memakai dan memanfaatkan Google Photos? Kalau belum, ayo, tunggu apa lagi? Apa nunggu sampai HP kamu hilang atau kartu memory kamu rusak dan kamu kehilangan semua foto dan video yang sudah kamu rekam? Kalau sudah pakai, apa kesanmu terhadap aplikasi ini? Jangan lupa baca juga Cara Mengatasi Memori Internal Yang Penuh Dengan ES File Explorer [Android Tips].

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....