Foto Untuk CV dan Lamaran Kerja – Harus Seperti Apa?

Foto untuk CV dan lamaran kerja anda sangat menentukan apakah anda akan diterima atau tidak. Itu sebabnya tidak bisa sembarangan. Lalu adakah syarat atau kriteria foto yang baik untuk melengkapi CV dan surat lamaran kerja anda?

Meskipun sebenarnya tidak ada aturan baku – kaku – dan mutlak. Mengingat semua kembali pada perusahaan dimana anda melamar.

Ada perusahaan yang hanya meminta pelamar kerja untuk menyertakan satu lembar foto setengah badan, dan ada pula yang meminta foto penuh dari ujung kaki sampai ujung kepala. Ada yang hanya mensyaratkan satu lembar pas foto hitam putih 4 x 6 cm, ada pula yang mengharuskan pelamar mengirim foto berwarna 3R seluruh badan.

Itu sebabnya, pelamar kerja musti cermat melihat lowongan kerja dan juga bidang pekerjaan yang akan dilamar, lalu jadikan itu sebagai patokan ketika menulis surat lamaran kerja, membuat CV, dan juga menentukan foto yang dilampirkan di CV.

Kriteria umum foto untuk CV dan lamaran kerja

Meskipun begitu, tetap ada kog panduan dasar foto untuk CV dan lamaran kerja. Untuk standar dan umumnya, usahakan untuk melampirkan foto dengan kriteria seperti berikut ini:

  • menggunakan busana formal
  • bila perlu tambahkan make up sepertinya
  • duduk dalam posisi tegap
  • usahakan telinga terlihat
Foto untuk CV dan lamaran kerja tidak bisa dibuat asal

Foto untuk CV dan lamaran kerja tidak bisa dibuat asal | Credit photo: https://www.romadecade.org/

Ukuran foto lamaran kerja

Pada umumnya, ukuran foto untuk lamaran kerja berukuran 4 x 6 cm. Namun ada baiknya anda siapkan juga untuk ukuran 2 x 3 cm dan 3 x 4 cm.

Mengapa?

Karena ada cukup banyak perusahaan yang secara spesifik meminta foto dengan ukuran tertentu – biasanya ya salah satu dari ketiga ukuran itu tadi.

Ukuran foto 4 x 6 cm dianggap sebagai ukuran foto untuk CV yang paling optimal – karena ukurannya yang tidak menyita banyak tempat di kertas, tetapi sudah bisa menampilkan diri anda dengan cukup jelas.



Kalau anda melamar pekerjaan yang dalam menjalankannya sangat membutuhkan penampilan fisik, siapkan juga foto 3R setinggi badan anda dengan mengenakan busana resmi dan bersepatu formal.

Apa yang dimaksud dengan berbusana formal untuk foto CV atau lamaran kerja?

Jika anda melamar pekerjaan di perusahaan formal, usahakan untuk berfoto dengan jas resmi dengan dasi dan mengenakan blazer untuk anda yang wanita.

Beberapa perusahaan tidak keberatan dengan foto anda yang mengenakan hem resmi, baik yang berlengan panjang atau pendek.

Jangan hanya menggunakan baju kaus atau busana yang lain, kecuali ada permintaan khusus dari perusahaan yang anda tuju.

Untuk latar belakang pas foto formal anda, sebenarnya tidak ada aturan baku, tetapi silahkan siapkan foto dengan warna latar belakang merah atau biru. Warna latar belakang ini biasanya mengambil dari aturan warna latar belakang pas foto untuk KTP.

Intinya sih – latar belakang foto harus satu warna dan tidak bercorak.

Untuk keperluan tertentu, sebaiknya anda juga memiliki pas foto dengan latar belakang putih. Sehingga, ketika diperlukan pas foto hitam putih, anda tidak perlu kebingungan mengedit atau bahkan berfoto lagi.

Tips foto untuk CV dan lamaran kerja

Gunakan make up natural

Terutama untuk anda yang perempuan, make up kadang bisa membantu penampilan anda. Tetapi, make up juga bisa menghancurkan kesempatan anda, bahkan ketika anda belum melakukan wawancara.

Usahakan untuk menggunakan make up yang sederhana, seperlunya, dan memperbaiki kekurangan yang ada. Tidak perlu berlebihan. Semua orang, nyaman bertemu atau melihat orang yang jujur dengan penampilannya.

Sedikit senyum akan membantu

Beberapa orang perlu melatih bagaimana mereka tersenyum di depan kamera. Demikian juga dengan foto untuk CV dan lamaran kerja. Sedikit senyuman di sana bisa membantu anda terlihat ramah dan bisa diajak bekerja sama.

Manfaatkan mata anda

Anda perlu terlihat segar dan bersemangat. Dan, bagian tubuh anda yang paling mampu menunjukkan itu semua adalah mata anda. Hindari melakukan sesi foto untuk CV atau lamaran kerja pada saat anda kelelahan atau kurang istirahat.

Mungkin make up bisa sedikit membantu menyamarkan kelelahan anda, tetapi tidak akan pernah sepenuhnya menyembunyikan apa yang disimpan mata anda.

Duduk tegap tetapi tidak tegang

Ini juga perlu latihan. Duduklah dengan tenang, tegap, tekan sedikit perut anda, isi paru-paru anda dengan udara beberapa saat sebelum shutter di jepret, santai dan rileks saja.

Sesuaikan warna baju dengan latar belakang

Kalau warna latar belakang foto anda adalah putih, maka anda bisa leluasa memilih warna jas atau blazer yang akan dikenakan. Berbeda jika latar belakang foto untuk CV anda itu berwarna gelap. Maka pilihan anda akan lebih sedikit. Anda tidak bisa memakai busana berwarna gelap juga. Pertimbangkan juga kemungkinan foto anda akan dicetak hitam putih.


Loading...
By | Desember 6, 2019


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.