dee-nesia
mencari dan berbagi

Foto Kamu di Facebook Akan Dihapus Jika Tidak Install Ini

Foto kamu di Facebook akan dihapus kalau pengguna tidak download dan install aplikasi photo manager terbaru buatannya. Kebijakan yang aneh dan sangat memaksa. Untungnya dee-nesia tidak men-sinkron-kan foto di HP dengan Facebook. Jadi aman-aman saja. Buat kamu yang sudah memanfaatkan fitur sinkronisasi foto di HP ke Facebook, silahkan lakukan langkah-langkah untuk menyelamatkan foto yang sudah terlanjur disimpan Facebook.

Sepintas ini bukan masalah serius. Apalagi kalau foto yang tersinkron cuman foto hasil download. Tapi kalau itu foto yang kamu jepret sendiri, bisa jadi sangat emosional sifatnya. Foto itu kenangan yang kita harapkan akan tetap ada selama mungkin. Kalau sampai dihapus oleh Facebook sementara kamu belum atau tidak punya backup kan kacau. Jangan sampai foto di Facebook akan dihapus.

dee-nesia sama sekali tidak mendukung pemaksaan seperti ini. Kamu tentu masih ingat betapa kita dibuat jengkel karena Facebook memaksa kita untuk download aplikasi Messenger yang telah dihilangkan dari aplikasi inti Facebook pada 2014 yang lalu. Sampai sekarang, dee-nesia hanya install Messenger ketika ada teman yang butuh melakukan chat dengan menggunakan aplikasi itu. Sesudah chatting selesai, di uninstall lagi. Dan kalau si teman itu mau, dee-nesia selalu minta untuk chatting via Whatsapp atau Google Hangout.

Fitur sinkronisasi foto dari HP dengan akun Facebook ini sendiri mulai diperkenalkan sejak 2012. Harus diakui kemampuan sinkronisasi seperti ini lumayan membantu untuk mengatasi kekurangan space di HP karena file foto rata-rata lumayan besar ukurannya. Jika kita setuju untuk melakukan sinkronisasi, maka foto-foto di HP bisa secara otomatis di unggah ke album pribadi di akun Facebook kita. Selain untuk tempat alternatif penyimpanan foto, kalau kamu mau, nantinya juga semakin mudah untuk di share ke publik.

Facebook Moments

Fitur sinkronisasi inilah yang sekarang dihilangkan dari aplikasi inti Facebook. Mengapa? Karena sekarang Facebook punya aplikasi baru untuk urusan photo management, yaitu Moments.

Yang membuat dee-nesia heran adalah, mengapa pihak Facebook tidak bisa secara otomatis memindahkan foto-foto yang sudah tersinkronisasi tadi dengan penyimpanan di aplikasi Moments? Seperti halnya Google yang bisa dengan mudah tanpa membuat pengguna merasa ribet ketika ada Picassa dan Google Photos sekaligus. Mungkin ini dilakukan supaya pengguna mau install aplikasi Moments di smartphone mereka. Maksa banget.

Memang sih, foto yang akan dihapus adalah foto yang diunggah melalui fitur sinkronisasi saja. Foto yang diunggah secara manual tidak akan dihapus. Tapi tetap saja, ada begitu banyak orang yang mengandalkan fitur ini untuk menyimpan foto-foto mereka.

Solusinya?

Yang pertama adalah mengikuti maunya Facebook, yaitu menginstall aplikasi Facebook Moments. Hmmm…, bukan pilihan yang bagus, setidaknya untuk beberapa waktu ke depan. Kalau mau, silahkan kunjungi dan download Facebook Moments App.

Yang kedua, mendownload seluruh foto tersinkronisasi dalam bentuk zip file. Kamu diberi kesempatan sampai tanggal 7 Juli depan. Ini pilihan paling masuk akal buat kamu yang tidak ingin memakai Moments dalam waktu dekat dan juga tidak ingin kehilangan foto.

Tentu saja kamu bisa saja merelakan foto-foto itu. Toh, kenangan bisa dibuat (lagi.) Hehe….

Loading...

Bagaimana menurutmu? Apakah cara-cara memaksa seperti yang dilakukan Facebook untuk membuat kita memakai aplikasi buatannya ini wajar, bisa diterima, atau sebaliknya, tidak sopan dan layak diboikot? Jangan ragu berkomentar atau setidaknya share posting ini di akun medsos kamu. Tidak perlu minta ijin kog. Jangan lupa baca juga Facebook Mau Kamu Lebih Banyak Curhat.

(Visited 147 times, 1 visits today)