dee-nesia
mencari dan berbagi

Facebook Comment Plugin: Perlukah Memasangnya?

Facebook baru saja merilis social plugin baru yang bisa dipasang pada blog dan website. Saya sendiri sudah memasangnya di Free Travel Info dan Dee-nesia. Untuk blog saya yang lain masih saya pertimbangkan, menunggu hasil dari kedua blog utama saya itu dulu, kalau bagus, sepertinya tidak perlu ragu. Setiap harinya, hampir 40% traffic Dee-nesia berasal dari Facebook, lumayankan? Selebihnya 55% dari organic searchnya mbah Google, sedikit Yahoo, dan sedikit lagi Bing, yang 5% direct click yang saya tidak mengenali dari mana saja, sepertinya dari link komentar saya di blog atau forum teman-teman.

Dengan sedemikian tingginya traffic yang berasal dari Facebook, maka kemungkinan Facebook Social Comment Plugin ini akan berhasil. Tapi saya masih mau menunggu dulu.

Apa sih untungnya memasang Facebook Social Comment Plugin ini di blog?

Menurut yang tertulis di laman resminya Facebook Comments, setidaknya kita akan mendapat dua keuntungan, yaitu:

  • Social Relevance:
    Facebook Comments Box memunculkan komentar berdasarkan kualitasnya bagi setiap user yang memakai. Komentar yang ditampilkan disusun berdasarkan relevansinya, mulai dari teman, teman dari teman, yang paling banyak disukai, dan thread yang paling aktif. Sementara komentar yang ditandai sebagai SPAM tidak akan dimunculkan.
  • Distribution:
    Ini yang menurut saya membuat Facebook Comment Plugin ini sangat mak nyus. Setiap komentar yang masuk, akan otomatis di shared dengan orang yang menyukai halaman anda di Facebook. Jika pemberi komentar itu mencentang pilihan “Post to Facebook” ketika dia memberi komentar, maka komentarnya itu akan muncul juga di “News Feed”-nya dia, ini berarti komentarnya juga muncul di halaman seluruh teman-teman-nya. Mak nyus kan? Masih kurang? Ada lagi, komentar yang ada di News Feed ini lengkap dengan link back ke blog anda. Nofollow sih, tapi jelas ini menawarkan banyak sekali kemungkinan.
Loading...