Download Kisi-kisi Ujian Nasional 2011 Permendiknas No 46 2010

Bagi teman-teman yang membutuhkan Kisi-kisi Ujian Nasional 2011 untuk SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK, sudah ada nih. Silahkan download Kisi-kisi Ujian Nasional 2011 di sini.

Sekedar saran saja, kalau sudah download kisi-kisi ujian nasional 2011 ini, langkah selanjutnya apa? Tentu saja belajar. Ok, itu bukan soal. Masalahnya, bagaimana supaya belajarnya efektif dan pas sesuai dengan kisi-kisi ujian nasional 2011 itu tadi.

Mari kita lihat contoh dibawah ini:

Ini adalah kisi-kisi ujian nasional Bahasa Inggris untuk SMP:

STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN
INDIKATOR

Membaca
Memahami makna dalam
wacana tertulis pendek baik
teks fungsional maupun esai
sederhana berbentuk deskriptif
(descriptive, procedure,
maupun report) dan naratif
(narrative dan recount) dalam
konteks kehidupan sehari-hari.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat/makna kata/frasa dalam teks berbentuk caution/notice/warning.

 

Menentukan gambaran umum/pikiran
utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata makna
kata/frasa dalam teks berbentuk kartu ucapan (greeting card).

 

Menentukan gambaran umum/pikiran
utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/makna
kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk (recount).

 

Menentukan gambaran umum/pikiran
utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/tujuan
komunikatif/makna kata/frasa/kalimat dalam teks
berbentuk surat (letter).

Nah, sekarang coba cermati Standar Kompetensi Lulusan yang pertama yaitu Membaca – Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari – ini.

Kemudian coba kita lihat indikator pertamanya, Menentukan gambaran umum/informasi tertentu /informasi tersirat /makna kata /frasa dalam teks berbentuk caution/notice/warning. Maksudnya apa sih?

Hehe, begini, gampangnya, siswa baru akan bisa dianggap kompeten untuk memahami makna wacana tertulis jika dia bisa memberikan gambaran umum atau informasi tertentu atau bisa juga makna kata/frasa yang ditanyakan. Jadi kira-kira nanti soal UN-nya seperti apa?

Dari SKL-nya kita bisa meraba bahwa kita akan diberi teks fungsional (biasanya percakapan sehari-hari) atau esei sederhana yang bisa berbentuk deskriptif maupun naratif, lha soalnya nanti akan menanyai kita tentang gambaran umum, atau informasi tertentu, bisa juga makna kata tertentu yang sesuai dengan konteksnya, begitu.

Nah, nantinya, soal bisa macam-macam bentuknya, tapi tidak akan jauh-jauh dari Kisi-kisi ujian nasional 2011 di atas. Mulai sekarang belajarlah yang giat. Mudah kog, asal tidak dadakan.

Selamat berjuang!

Klik di sini untuk download Kisi-kisi Ujian Nasional 2011

Klik di sini untuk download Kriteria Kelulusan Satuan Pendidikan

Klik di sini untuk download Pedoman Pelaksanaan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional 2010-2011 untuk SMP, SMPLB, SMA, SMALB dan SMK

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....