Daftar Game Yang Mendukung Mantle dari AMD

Share posting ini supaya temanmu tahu kalau kamu tahu....

Daftar game yang mendukung Mantle dari AMD | Anda memakai laptop atau PC dengan processor AMD? Apakah anda juga seorang gamer? Ingin main game dengan tampilan grafis yang bagus? Jika sebelumnya anda sendiri yang memilih spesifikasi PC desktop anda, atau anda sendiri yang memilih laptop dengan processor AMD, maka saya asumsikan anda tahu, atau setidaknya berharap PC desktop dan atau laptop anda itu bisa digunakan untuk main game 3D dengan lancar.

AMD memang dikenal sebagai produsen processor yang handal untuk bermain game. Termasuk jajaran processor kelas bawahnya sudah membawa pengolah grafis atau GPU yang relatif lebih bagus dari pada yang dibawa Intel. Secara umum, orang menganggap processor AMD itu bagus di kinerja grafis tapi kurang dari sisi manajemen daya. Dan sebaliknya processor Intel, itu kuat di komputasi Office dan umum, dan relatif lebih irit baterai. Ah, anda sudah tahu itu. Kita kembali saja ke Mantle.

Mantle itu apa?

Mantle adalah sebuah API grafis besutan AMF yang dirancang dengan abstraksi kode yang rendah supaya processor bisa mencapai performa game 3D paling optimal. Teknologi Mantle memungkinkan game dan aplikasi untuk menggunakan CPU dan GPU dalam tingkat yang lebih efisien, artinya CPU tidak lagi mengalami overhead berlebih sehingga game dapat berjalan lebih responsif, halus dan lebih nyata tanpa membuat CPU dan GPU bekerja lebih keras.

AMD Mantle API Technology
AMD Mantle API Technology logo

API Mantle bekerja dengan mengurangi kemacetan atau bottleneck di CPU dengan memanfaatkan setiap thread yang berjalan di prosesor.

Karena cara kerja Mantle yang seperti itu, pada akhirnya dia bahkan menggantikan fungsi DirectX dan OpenGL yang selama ini digunakan oleh pengembang game dan aplikasi.Mantle dirancang untuk bekerja pada GPU AMD berbasis GCN atau Graphics Core Next. GPU yang sudah mengadopsi GCN antara lain adalah Radeon R Series, Radeon HD 8000 Series, Radeon HD 7000 Series baik untuk Desktop atau Mobile.

Kabar terbarunya adalah bahwa penyebab Microsoft memutuskan untuk membuat DirectX 12 ekslusif hanya untuk Windows 10 dan tidak akan ada versi perbaharuan untuk versi Windows sebelumnya adalah karena kehadiran Mantle ini yang memang mampu mengoptimalkan kinerja CPU dan GPU dengan baik.

Perkembangan Mantle sebagai API grafis sendiri terlihat lumayan pesat. Sekarang semakin banyak game yang  dibuat dengan dukungan penuh terhadap Mantle. Pun demikian, AMD terus menerus mengembangkan Mantle supaya bisa bekerja lebih optimal dan tidak akan bentrok dengan DirectX 12 yang akan dirilis bareng dengan Windows 10 nanti.

Daftar Game Yang Mendukung Mantle

Berikut ini daftar game dan Game Engine yang mendukung teknologi Mantle:

  • Battlefield Hardline
  • Dragon Age: Inquisition
  • Plants vs. Zombies: Garden Warfare
  • Civilization: Beyond Earth
  • CRYENGINE- Crytek
  • Battlefield 4 – EA/DICE
  • Thief – Eidos-Montréal/Square-Enix
  • Star Citizen – Roberts Space Industries
  • Nitrous game engine – Oxide
  • Sniper Elite 3 – Rebellion Developments
Cry Engine logo
Cry Engine logo

Supaya Mantle dapat anda manfaatkan penuh, silahkan periksa apakah laptop anda memakai CPU dan GPU yang memang mendukung Mantle, jika ya, gunakan driver AMD Catalyst terbaru, dan periksa juga apakah game anda itu sudah terpasang patch terbaru untuk mendukung Mantle.

Daftar di atas terus bertambah panjang, seiring dengan berkembangnya Mantle. Apakah anda juga memainkan salah satu dari game yang mendukung Mantle di atas? Kalau iya, silahkan share ya pengalamannya bagaimana. Apakah cukup puas dengan Mantle atau justru anda lebih puas jika main salah satu judul game diatas di sistem yang berjalan dengan processor Intel dan kartu grafis non AMD? Sebelumnya saya ucapkan: selamat bermain, hehe….

Loading...
Tags: