Niche Pendidikan CPC-nya Bisa Tinggi Pakai Banget

Ada baiknya mencoba niche pendidikan yang ternyata bisa memberi nilai CPC yang lumayan tinggi. Tidak setinggi nilai cpc seputar hosting, domain, dan keuangan sih. Tapi setidaknya bisa mengobati sakit hati karena cuman dapat CPC mentok di 0,01 itu.

Untuk para pemain Adsense, terlebih yang mengandalkan blog berbahasa Indonesia, rasanya memang agak sudah mencari high paying keyword selain yang sudah umum di share para mastah itu. Untuk yang mencoba untung di blog bahasa Inggris memang ada banyak referensi yang bisa kita baca, tapi untuk blog berbahasa Indonesia, masih belum. Paling-paling kalau ada saran HPK bahasa Indonesia, maka yang paling disarankan adalah keyword seputar hosting, domain, dan sebangsanya.

Saya sendiri juga masih mencari-cari. Ada satu blog saya yang trafiknya tidak terlalu tinggi tapi secara rutin bisa memberi penghasilan yang lumayan. Yaitu, blog yang berisi tentang dunia pendidikan dan hal-hal seputar-nya. Soal keyword saya kurang begitu mengamati. Karena awalnya saya membangun blog tersebut juga bukan untuk bermain Adsense. Lebih sebagai catatan umum supaya tidak lupa.

CPC Tinggi Dari Blog Tentang Pendidikan


Di awal saya membangunnya, saya tidak terlalu berpikir tentang SEO-nya. Untuk judul lebih banyak karena begitulah cara saya akan mencarinya di Google. Tidak sampai melakukan keyword research berlebihan. Begitu enak terasa dibaca lidah saya, jadilah itu judul posting.

Sejak blog dengan niche pendidikan itu mulai mendatangkan earning, mulailah saya agak serius melakukan keyword research di Google Keyword Planner, dan menemukan banyak keyword yang harga bid-nya ternyata bisa WOW. Memang bukan keyword yang popular dengan jumlah pencarian yang besar. Tapi sangat menjanjikan.

Isinya juga bisa dikatakan tidak ada yang orisinil tulisan saya, 95% rewrite artikel orang lain. Tentu saya upayakan lebih supaya tidak cuman menjadi duplicate content yang ujung-ujungnya susah dapat peringkat mata search engine.

Sejauh ini, dengan trafik cuman sekitar seper sepuluh dari blog utama, blog tentang pendidikan itu berhasil memberi sekitar 25% pendapatan Adsense tiap bulannya. Jadi lebih semangat untuk menambahi konten-nya nih.

Kira-kira apa penyebab CPC-nya tinggi ya?

Saya tidak tahu, tapi tebakan terbaik saya adalah karena posting yang berkait dengan pendidikan itu menarik pemasang iklan dari kalangan pendidikan, seperti universitas dan juga perusahaan besar yang rela membayar mahal. Mengingat ada Beberapa Hal Yang Menentukan CPC Iklan Adsense.

Untuk saat ini, saya kira persaingannya di tingkat publisher belum terlalu ketat dibanding misalnya niche teknologi, laptop, gadget, dan kecantikan, yang pemainnya sudah bejibun itu. Jadi niche pendidikan masihlah sangat terbuka untuk diperebutkan.

Loading...

Bagaimana pendapat anda? Atau jangan-jangan anda sudah merasa lelah dengan Adsense dan berniat mencari Alternatif Adsense Terbaik.

Niche Pendidikan CPC-nya Bisa Tinggi Pakai Banget
5 (100%) 1 vote

(Visited 383 times, 1 visits today)

Komentar Terakhir

  1. Bella Sukma

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.