Cara Uninstall Cinema Plus Dari Windows dan Browser

Ini cara uninstall Cinema Plus dari Windows dan browser anda. Virus jaman sekarang ujung-ujungnya adalah iklan. Juga membuat laptop lambat. Link tidak sama dengan yang kita klik, karena di redirect ke halaman yang di tautkan oleh si Cinema Plus ini. Begitula trend virus sekarang. Bukan merusak, tapi beriklan. Sehingga, jika di browser kita sudah terkena, hampir pasti setiap kali kita klik sebuah link, si pembuat virus akan mendapatkan recehan. Ada juga yang kemudian berusaha mencuri data-data sensitif yang kita pakai. Bayangkan saja kalau dia bisa mengintip isi seluruh password yang kita simpan di browser. Berarti dia punya akses untuk membuka seluruh akun elektronis kita. Mulai dari akun email, akun media sosial, sampai akun e-banking yang pernah kita akses melalui laptop atau PC yang terserang. Bisa dibilang, habis sudah.

Sebelum kita lihat cara uninstall Cinema Plus, mungkin anda penasaran, kog bisa kena virus Cinema Plus ini ya? Padahal antivirus sudah ada, terpasang, dan selalu update.

Bagaimana Cinema Plus menginfeksi laptop atau komputer kita?

Berbeda dengan virus-virus pada umumnya yang berusaha bersembunyi dan mengelabuhi program antivirus. Cinema Plus ini sekilas tampak seperti aplikasi biasa, normal, baik, dan bermanfaat. Itu sebabnya, kebanyakan program antivirus, sementara waktu, akan menganggap dia ini aplikasi yang aman. Cinema Plus ini tidak secara otomatis terinstall dengan sendirinya seperti virus pada umumnya. Dia minta permisi dengan sopan dan juga tawaran fitur yang menggiurkan. Jadi calon korban biasanya tidak sadar sudah memberi ijin Cinema Plus ini untuk terintall. Masalah akan lebih rumit lagi, ketika akun Windows yang ada hanya satu, sebagai Administrator. Lengkap sudah penderitaan anda.

Itu sebabnya, ketika anda download aplikasi bajakan, aplikasi gratisan dari internet, pastikan untuk tidak mengikutsertakan aplikasi ikutan untuk di install juga. Selalu pilih custom, dan atur mana saja yang anda ijinkan untuk terinstall. Jika tidak maka, ya seperti ini akibatnya. Bisa Cinema Plus atau aplikasi sampah lainnya yang akan terinstall dan jadi masalah buat komputer anda.

Terserah, anda dapat installer aplikasi gratis dari download, cnet, softonic, filehippo, atau situs-situs download yang lain. Berhati-hatilah ketika menginstallnya. Kemungkinan mereka menyertakan aplikasi tambahan yang berbahaya itu tetap ada.

Ok, sekarang kita coba cara membersihkan Cinema Plus dari komputer kita.

Ada dua hal mendasar yang harus kita perhatikan di sini. Pertama, menguninstall Cinema Plus dari Windows dan kedua, membersihkan browser yang kita gunakan dari Cinema Plus. Kog sampai browser? Iya, karena Cinema Plus ini kerjanya memang mencegat link yang kita kita klik di browser lalu mengarahkan ke situs yang dia pilihkan. Iklan lagi….

Untuk uninstall Cinema Plus dari Windows, ada dua bagian. Yaitu uninstall di Control Panel dan membersihkan registry. Caranya?

Cara Uninstall Cinema Plus di Windows

Kalau anda memakai Windows 7, begini:

  1. Ke Control Panel, kemudian Uninstall a program, sekarang uninstall semua aplikasi yang namanya Cinema Plus (ada yang Pro ada juga yang tidak)… Kebetulan ini saya nemu ada 2 versi Cinema Plus yang terinstall)
  2. Hapus atau delete folder punya Cinema Plus. Biasanya ada di: C:\Program Files\Cinema Plus Pro
  3. Hapus registry punya Cinema Plus. Cari di Registry Editor nilai HKLM\SOFTWARE\Cinema Plus Pro,lalu hapus.

Kalau anda memakai Windows 8 atau lebih tinggi. Langkahnya sama saja. Cari Control Panel dulu, uninstall Cinema Plus, delete folder-nya, delete registrynya. Itu saja.

Cara Uninstall Cinema Plus

Loading...
Setelah, selesai uninstall Cinema Plus dari Windows dan juga membersihkan registry-nya, ternyata, ini belum cukup. Kita masih harus membersihkan browser yang kita pakai. Tidak tanggung-tanggung, musti semuanya. Karena si Cinema Plus ini biasanya akan memanfaatkan semua jalur yang ada untuk tetap bersarang di komputer kita. Kalau browser-nya tidak dibersihkan. Dijamin dech, meskipun tadi sudah di uninstall, begitu restart, anda akan melihat lagi si Cinema Plus di deretan aplikasi anda.

Cara Membersihkan Browser dari Cinema Plus

Membersihkan Firefox dari Cinema Plus

  1. Hapus add-on Cinema Plus. Caranya: klik pada Tools – Add-ons – Hapus Cinema Plus Pro
  2. Amankan Homepage Firefox. Caranya klik pada Tools – Options – General – masukkan “about:blank”pada pilihan homepage.
  3. Ubah pengaturan new tab:
  • ketik “about:config” di address bar;
  • klik pada konfirmasi bahwa anda tahu resikonya;
  • cari nilai “browser.newtab.url”;
  • Reset nilainya (caranya: klik kanan pada pilihannya lalu pilih reset).

Membersihkan Chrome dari Cinema Plus

Langkahnya hampir sama dengan kalau anda memakai Firefox tadi. Cuman beda tempatnya saja.

  1. Hapus add-on Cinema Plus. Caranya: Pilih pada Customize and Control Google Chrome – Tools – Extensions – Hapus Cinema Plus Pro.
  2. Ubah Homepage. Caranya: Pilih pada Customize and Control Google Chrome – Settings – On startup-Set pages- ketik “about:blank”

Membersihkan Internet Explorer dari Cinema Plus

Ini juga sama saja.

  1. Matikan add-on Cinema Plus. Caranya: Pilih Tools – Manage add-ons – hapus Cinema Plus Pro
  2. Ubah homepage Internet Explorer. Caranya: Pilih Tools – Internet Options – General – Home page – ketik “about:blank”
  3. Ubah pengaturan pembukaan tab baru. Caranya: Pilih Tools – Internet Options – General -Tabs

Bagaimana? Apakah sudah berhasil menghapus Cinema Plus dari komputer anda? Jika belum berhasil, silahkan bagikan dengan berkomentar. Siapa tahu ada yang bisa kita lakukan bersama untuk menghapus Cinema Plus dan juga virus-virus lain yang sangat mengganggu ini.

(Visited 17 times, 1 visits today)
Loading...
3 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....