dee-nesia
mencari dan berbagi

Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Cara uninstall aplikasi bawaan Android tanpa root bisa anda lakukan dengan mudah. Buat kamu yang masih mau menjaga HP Android kamu semurni mungkin, biasanya masih takut untuk melakukan proses rooting. Selain memang langkah-langkahnya agak ribet buat yang belum pernah, beberapa mitos seputar rooting seperti akan hilangnya garansi membuat banyak orang memilih untuk menghindari langkah rooting pada Android mereka.

Mungkin demikian juga dengan kamu. kepingin tahu cara uninstall aplikasi bawaan atau bloatware Android tanpa root. Sebagai catatan tambahan, untuk benar-benar menghapus aplikasi bawaan yang terintegrasi dengan sistem, mau tidak mau kamu harus lakukan root. Tanpa akses root, Android tidak akan mengijinkan kita untuk menghapus aplikasi terpasang.

Yang biasa disebut sebagai bloatware adalah aplikasi Android yang disertakan oleh pembuat ROM (baik stock ROM ataupun custom ROM) yang bertujuan untuk memberi nilai lebih pada ROM tersebut. Ada juga aplikasi yang memang menjadi layanan khusus dari pembuat HH Android. Dan berikutnya adalah aplikasi yang disertakan sebagai bagian dari kerjasama pembuat HH Android yang kamu gunakan dengan pengembang aplikasi dan juga atau operator telekomunikasi tertentu sebagai bagian dari program bundling.

Untuk aplikasi yang benar-benar adalah bloatware – seperti aplikasi yang tidak dibuat oleh Google dan atau pabrikan pembuat Android kamu, biasanya masih bisa di uninstall tanpa root. Kecuali mereka agak nakalan dengan membuat aplikasi tersebut menjadi bagian dari sistem, sehingga tidak akan bisa di hapus tanpa akses root.