Cara Tes Kecepatan Internet Langsung di Google

Cara tes kecepatan internet langsung di Google tanpa aplikasi atau mengunjungi situs lain-lain. Anda hanya perlu masuk ke halaman Google di browser, masukkan keyword pencarian speed test atau kecepatan internet, dan sebuah jendela akan muncul dan anda bisa segera melakukan tes kecepatan internet langsung di Google.

Tentu saja, hasil pencarian dari keyword speed test atau tes kecepatan internet tadi tetap menyajikan hasil berupa link ke situs-situs pengukur kecepatan internet seperti Ookla. Tapi anda juga akan menemukan pemberitahuan yang secara eksplisit menerangkan fungsinya.

Sehingga, sangat mungkin fitur tes kecepatan internet langsung punya Google ini akan membuat traffic ke situs-situs penyedia layanan internet speed test akan berkurang sangat jauh.

Cara Tes Kecepatan Internet Google
Anda bisa langsung tes kecepatan akses internet langsung dari halaman pencarian Google.

Karena sifatnya yang berjalan di dalam browser, maka cara tes kecepatan internet dari Google ini otomatis bisa dijalankan di semua platform, tanpa peduli jenis jaringan yang sedang digunakan, ataupun perangkat anda. Semuanya bisa. Mau pakai Speedy – eh, sudah ganti nama ya…, operator seluler, atau apapun, semua bisa di tes kecepatan internetnya.

Demikian juga dengan browsernya.

Begini detail caranya….

Cara Tes Kecepatan Internet Langsung di Google

  1. Pastikan perangkat sudah terhubung dengan internet
  2. Tanya Google untuk cek kecepatan internet yang sedang digunakan
Uji Kecepatan Internet di Hasil Pencarian Google
Uji Kecepatan Internet di Hasil Pencarian Google

1. Terhubung internet

Tentu saja, anda harus terhubung dengan internet untuk mengukur kecepatan aksesnya. Jika anda memakai jaringan WiFi, pastikan koneksi anda tidak bermasalah.

Loading...

Untuk mendapatkan pengukuran yang mendekati aslinya, hindarkan tethering internet dari Android ke laptop, lebih valid jika anda menggunakan USB tethering saja.

Demikian juga jika anda terhubung internet melalui jaringan. Sebisa mungkin gunakan koneksi melalui kabel LAN daripada jaringan WiFi.

Jika semua sudah siap, silahkan kunjungi halaman utama Google.

2. Masukkan keyword untuk tes kecepatan internet

dee-nesia asumsikan sekarang anda berada di halaman utama Google. Untuk mulai tes kecepatan akses internet anda, silahkan mulai ketikkan kata kunci:

  • speedtest
  • speed test
  • kecepatan internet
  • tes kecepatan internet
  • uji kecepatan internet
  • dll

Untuk memulai, klik pada tombol JALANKAN UJI KECEPATAN.

Secara real-time anda akan melihat proses yang sedang dijalankannya. Kecepatan ping, download, dan upload.

Setelah selesai, hasil tesnya akan menunjukkan lokasi dari server, dan tentu saja kecepatan rata-rata internet anda. Dan juga penilaian serta prediksi dari masalah dan kemampuan akses internet anda itu.

Yang bikin nyaman adalah ada tombol untuk mengulang tes kecepatan internet ini.

Sementara yang paling bikin tidak nyaman adalah pemberitahuan kalau koneksi internet yang saya gunakan sekarang ini sangat lambat. Hadew…. Padahal pakai bi*ne*.

Saya sudah coba menggunakan Chrome dan Firefox di laptop, serta Chrome, Firefox dan Opera Mini di Android.

Untuk di laptop, tidak ada masalah, semua muncul seperti yang diperkirakan. Sementara untuk di Android, hanya Opera Mini yang tidak mau. Itupun karena saya mengaktifkan fitur data saver.

(Visited 531 times, 1 visits today)
You might also like