Cara Supaya Browser Lebih Cepat Tidak Lemot dan Hemat Kuota Internet

Cara Supaya Browser Lebih Cepat Tidak Lemot dan Hemat Kuota Internet | Anda merasa browser anda lambat sekali? Apakah anda secara rutin menghapus data browsing browser di laptop anda? Mungkin itu penyebabnya. Ya, memang terkadang terasa mengganggu ketika space hard disk kita yang berharga itu penuh dengan cache. Biasanya kita memakai aplikasi semacam CCleaner atau software penghapus temporary file lainnya. Percayalah, sebenarnya itu tidak perlu.

baca juga: Download CCleaner 5.14 Software Optimasi Windows Terbaik

Apa itu browser’s cache?

File cache berisi copy dari halaman situs yang kita buka. Terserah anda mau pakai Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Opera, atau yang lain, mereka akan mencoba membuka file lokal dari hard disk kita terlebih dahulu ketika membuka halaman website dari internet. Kecuali ketika website tersebut baru pertama kali kita kunjungi. Hasilnya? Browsing lebih cepat karena tidak harus mendownload lagi kesemua bagian website, cukup dengan membuka file cache tadi. Ini artinya juga akan menghemat kuota atau bandwidth internet loh.cleaning browser’s cache

Loading...

Semua browser melakukan metode ini. Ketika kita mengunjungi sebuah website, entah berupa static page atau blog yang lebih dinamis, browser harus mendownload semua resource supaya page tersebut bisa ditampilkan. Ini termasuk gambar, foto, CSS, file JavaScript, dan semuanya. Nah, bagaimana kalau cache ini dihapus? Tidak masalah, kecuali bahwa browser anda harus mendownload kembali semuanya dan menempatkannya di folder cache.

Kapan anda perlu menghapus cache?

Semua browser mempunyai tool ‘erase private browsing data’ bagi anda yang tidak ingin aktivitas on-line anda dibaca orang lain. Karena cache ini menyimpan file dari website yang pernah anda kunjungi, maka seseorang dengan akses ke laptop anda bisa melihat anda pernah mengunjungi website apa saja. Anda mungkin merasa perlu melindungi diri karena aktivitas tertentu, ehemmm….

Ini tidak seperti jika orang tersebut mengamati history. Karena meski history dibersihkan, cache bisa saja tidak tersentuh. Tapi jika dia betul-betul usil, dia bisa melihat ke tempat cache dan memeriksa file dari website yang anda kunjungi. Menghapus cache bisa menyelamatkan anda dari hal-hal buruk seperti ketahuan mengunjungi situs tertentu. Perlu? Ya terserah anda…. hehe….

Alasan kedua, ukuran cache bisa sangat besar, dan sebenarnya anda bisa mengaturnya. Setelah dibersihkan dengan CCleaner misalnya, browser akan segera membentuk cache lagi begitu anda on-line. Tapi anda sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir, semua browser itu punya settingan seberapa besar mereka menggunakan space hard disk untuk cache. Jadi besar mereka tidak akan tanpa kontrol sampai membuat hard disk anda penuh. Jadi? Tidak perlu membersihkan cache browser untuk alasan menghemat space.

Alternatifnya? Hapus History Tanpa Membersihkan Cache

Untuk keamanan lebih, sebenarnya kita punya pilihan untuk menghapus history, cookies, download history, dan data-data lain tanpa harus menghapus cache. Uncheck saja pilihan cache-clearing ketika ingin membersihkan data browsing anda. Jika anda tidak khawatir ada orang yang bisa dan cukup usil melihatnya, tidak ada alasan untuk menghapus mereka. Atau, anda juga bisa menghapus data browser dalam waktu tertentu, misalnya cache dalam satu jam sebelumnya. Ini pilihan paling mudah jika anda ingin privasi lebih.
membersihkan history tanpa menghapus cache
Kalau anda terbiasa menggunakan CCleaner, anda juga bisa mencegahnya membersihkan cache dengan menghilangkan centang pada pilihan internet cache pada masing-masing browser yang anda pakai di laptop anda. Dan anda hanya perlu melakukannya satu kali saja. CCleaner akan mengingat perintah anda ini, untuk selamanya.

Bagaimana kalau anda tidak ingin browser membuat cache untuk situs-situs tertentu?

Bisa kog, tinggal aktifkan mode private-browsing saja. Ini jauh lebih efisien dan menghemat waktu dari pada harus bersih-bersih cache setiap kali habis mengunjungi situs tertentu. Di Firefox sebutannya Private Browsing, Incognito Mode di Chrome, dan InPrivate Browsing dalam Internet Explorer. Dalam mode ini, tidak ada data dari website yang dikunjungi yang akan disimpan, termasuk file cache.

Kesimpulannya?

Tidak ada yang salah dengan cache. Browser membuat mereka dengan alasan yang bagus, mempercepat waktu browsing dan menghemat kuota internet. Kecuali anda merasa privasi anda terancam, anda tidak punya alasan untuk menghapus mereka. Jadi? Supaya browser anda lebih cepat, jangan hapus cache. sumber: HTG

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....