dee-nesia
mencari dan berbagi

Cara Streaming YouTube Hemat Kuota Internet Dengan Opera Mini

Cara streaming YouTube hemat kuota internet dengan Opera Mini. Buat kamu yang demen banget streaming YouTube, hemat kuota itu penting banget. Kalau bisa streaming YouTube lebih lama dengan kuota yang sama, kenapa harus menambah anggaran bulanan untuk beli kuota internet? Kan?

DIbanding dengan beberapa tahun lalu, sebenarnya harga kuota internet sekarang sudah jauh lebih murah. Ditambah lagi ketika sekarang sudah ada jaringan 4G LTE yang menjanjikan kecepatan akses internet yang jauh lebih cepat lagi. Tambah nyaman kita menikmati berbagai konten di internet.

Dan konten internet yang paling boros kuota adalah video. Dalam hal ini ketika kita streaming video, baik dari YouTube, Vimeo, atau layanan lain berbasis video yang rata-rata namanya pakai imbuhan –flix itu. Juga konten video yang diunggah dan di share teman-teman kamu di Facebook, wadew… Mereka itu susah ditolak, hehe….

Semakin sering kita tergoda streaming video, entah itu di YouTube atau Facebook, maka kuota internet jadi boros banget. Terlebih ketika jaringan internet sedang bagus sehingga kita bisa streaming video dengan mulus tanpa buffering, hadew…. Tidak bisa sebentar streamig videonya. Habis satu video terus lanjut ke video lainnya. Hmmmm….

baca juga: Cara Daftar Simpati 3G Telkomsel Terbaru [2017]

Terus bagaimana caranya supaya lebih irit kuota internet?

Cara Streaming YouTube Hemat Kuota Internet Dengan Opera Mini

Iya, pakai Opera Mini. Browser Android yang satu ini punya fitur bagus yang bisa membantu kita menghemat kuota internet ketika streaming YouTube.

Sejak Opera Mini versi Java sampai sekarang, browser ini memang mengandalkan fitur hemat data sebagai salah satu fitur unggulan. Dan meskipun Chrome, sebagai browser default bawaan Android juga punya fitur hemat kuota internet, kemampuan Opera Mini untuk mengakses halaman internet dengan lebih cepat dan hemat, masih lebih unggul. Termasuk ketika kita gunakan Opera Mini ini untuk streaming video YouTube.

Bagaimana bisa begitu?

Ternyata Opera Mini memampatkan data internet sejak sebelum data tersebut sampai di perangkat kita. Jadi, ketika kita meminta halaman tertentu, Opera Mini mengolah data halaman yang kita minta tadi di servernya, memampatkan datanya, mengurangi elemen yang bisa di buang, dan baru mengirimkannya ke perangkat yang kita gunakan.

Hasil akhirnya adalah halaman internet yang lebih kecil ukurannya sehingga bisa kita buka lebih cepat dan hemat, tanpa terlalu banyak mengganggu tampilannya.

baca juga: Aplikasi Untuk Menghemat Kuota Paling Ampuh di Android.

Setting Opera Mini Supaya Lebih Hemat Kuota Untuk Streaming YouTube

Secara default ketika Opera Mini baru kita install di Android, maka dia hanya berjalan dengan mode hemat data yang standar. Supaya kita bisa lebih hemat kuota internet lagi, ada beberapa pilihan yang bisa diatur.

Cara Streaming YouTube Hemat Kuota
Cara Streaming YouTube Hemat Kuota

Kalau mau gampang, tinggal aktifkan mode extreme, maka semuanya akan di set sehemat mungkin. Saya jarang banget sih mengaktifkannya, karena nanti tampilan situs yang kita buka bisa sangat berbeda dari aslinya.

Yang jelas, kita bisa browsing di Opera Mini tanpa iklan pada mode extreme ini.

Khusus untuk cara streaming YouTube dengan Opera Mini, silahkan coba mengaktifkan opsi video boost. Lalu bandingkan dengan fitur video boost mati. Lumayan berbeda kan?

Terlebih kalau kita membandingkan data yang terpakai kalau kita streaming langsung dengan melalui aplikasi YouTube bawaan.

Pada layar HP Android yang relatif lebih kecil daripada layar dekstop pada laptop, maka kualitas 240p atau 360p itu sudah cukup nyaman dilihat.

Dengan demikian, streaming YouTube tidak lagi boros kuota internet. Dan kita bisa menonton video YouTube lebih lama dan lebih banyak. Hehe….

Mengapa dee-nesia tidak menyarankan pakai browser lain yang juga irit kuota?

Sebenarnya, ada aplikasi browser Android lainnya yang juga punya fitur mirip dengan Opera Mini. Yang membuat dee-nesia enggan memakai mereka – terlebih menyarankannya pada anda – adalah karena rata-rata browser lain itu selalu saja disertai iklan yang sangat mengganggu.

Sebut saja UC, Boat, atau yang lain. Iklannya bikin jengah, haha….

Kalau Chrome sih, ya gitu, dia lebih mengutamakan tampilan mendekati sempurna daripada menghemat data kita-kita yang miskin kuota begini.

Loading...

Kalau kamu belum pakai, bisa jadi streaming YouTube lebih hemat ini akan menjadi alasan terbaik install Opera Mini di Android kamu. Bagaimana? Kalau posting ini bermanfaat, jangan lupa like dan share-nya ya…. Jangan lupa baca juga Cara Supaya Hemat Kuota Internet 1GB Untuk 1 Bulan.

(Visited 3,306 times, 5 visits today)