dee-nesia
mencari dan berbagi

Cara Reset Password BIOS / CMOS Beberapa Cara

Cara Reset Password BIOS / CMOS | Bingung karena lupa password BIOS / CMOS? Tenang dulu, ada caranya kog, supaya kita bisa membuka lagi BIOS yang terkunci password, bisa karena kita lupa, atau karena laptop itu bukan punya kita. Hayoooo….. Jangan negatif dulu, bukan mencuri, tapi bisa jadi karena yang empunya yang lupa passwordnya dan dia minta tolong membuka password BIOS-nya gitu loh….

Menngapa sih BIOS harus dilengkapi password segala?  Malah bikin rumit saja. Namanya password itu ya supaya orang lain tidak bisa membukanya. Misalnya, anda bisa mengatur BIOS supaya laptop atau PC anda tidak mau booting. Jadi, ketika misalnya laptop itu hilang, tidak mudah bagi penemu atau pencurinya untuk membuka data di dalamnya. Tidak mudah. Ya hanya itu batasannya. Karena masih tetap saja bisa.

Ok, demi sedikit rasa aman. Masalah baru muncul ketika rasa aman yang cuman sedikit berubah jadi mimpi buruk begitu kita lupa passwordnya, atau ketika seseorang sengaja atau tidak mengubahnya. Hmmmm…. Usil banget sih…. Mending kalau cuman usil, kalau ternyata dia punya maksud lain?

Jengkel itu mungkin reaksi pertama dan wajar ketika kelupaan password BIOS. Tenang saja, ada cara mereset password BIOS dengan mudah kog. Ada beberapa kemungkinan, tergantung seberapa dalam pengamanan BIOS anda. Cobalah satu per satu cara di bawah ini sampai password BIOS / CMOS laptop anda re-reset.

  • melepas baterai CMOS
  • dengan jumper motherboard
  • dengan perintah DOS
  • dengan aplikasi
  • dengan menggunakan Backdoor BIOS password
Loading...