Cara Reset Password BIOS / CMOS Beberapa Cara

Cara Reset Password BIOS / CMOS | Bingung karena lupa password BIOS / CMOS? Tenang dulu, ada caranya kog, supaya kita bisa membuka lagi BIOS yang terkunci password, bisa karena kita lupa, atau karena laptop itu bukan punya kita. Hayoooo….. Jangan negatif dulu, bukan mencuri, tapi bisa jadi karena yang empunya yang lupa passwordnya dan dia minta tolong membuka password BIOS-nya gitu loh….

Menngapa sih BIOS harus dilengkapi password segala?  Malah bikin rumit saja. Namanya password itu ya supaya orang lain tidak bisa membukanya. Misalnya, anda bisa mengatur BIOS supaya laptop atau PC anda tidak mau booting. Jadi, ketika misalnya laptop itu hilang, tidak mudah bagi penemu atau pencurinya untuk membuka data di dalamnya. Tidak mudah. Ya hanya itu batasannya. Karena masih tetap saja bisa.

Ok, demi sedikit rasa aman. Masalah baru muncul ketika rasa aman yang cuman sedikit berubah jadi mimpi buruk begitu kita lupa passwordnya, atau ketika seseorang sengaja atau tidak mengubahnya. Hmmmm…. Usil banget sih…. Mending kalau cuman usil, kalau ternyata dia punya maksud lain?

Jengkel itu mungkin reaksi pertama dan wajar ketika kelupaan password BIOS. Tenang saja, ada cara mereset password BIOS dengan mudah kog. Ada beberapa kemungkinan, tergantung seberapa dalam pengamanan BIOS anda. Cobalah satu per satu cara di bawah ini sampai password BIOS / CMOS laptop anda re-reset.

  • melepas baterai CMOS
  • dengan jumper motherboard
  • dengan perintah DOS
  • dengan aplikasi
  • dengan menggunakan Backdoor BIOS password

Ok, sekarang kita lihat penjelasan bagaimana cara mereset password BIOS tadi satu per satu.

DISCLAIMER: semua cara berikut ini dibuat untuk mereka yang tidak canggung dengan hardware PC atau laptop. Tidak untuk pengguna mula, hackers, atau pencuri. Jika anda tidak siap, lebih baik minta tolong pada orang lain atau bawa saja ke servis. Saya tidak bertanggung jawab atas resiko yang bisa terjadi, termasuk kecelakaan, kehilangan data, kerusakan hardware, anda didatangi alien, jadi lakukan dengan sadar akan resikonya ya…

Mereset password BIOS dengan melepas baterai CMOS

melepas baterai CMOS

Loading...

Semua motherboard memiliki baterai CMOS seukuran koin. Baterai ini menjaga semua setting BIOS tetap tersimpan, termasuk password. Untuk mereset password BIOS, lepaskan PC dari colokan listrik, kalau laptop dari baterai dan colokan listrik juga. Buka casingnya, cari baterai CMOS, lepaskan sekitar 15-30 menit, kemudian pasang lagi. Ini akan mereset semua setting BIOS komputer anda, jadi kalau perlu ya di setting lagi. Apakah ini selalu berhasil? Tidak juga. Nah, kalau gagal, coba yang berikut ini:

Mereset password BIOS dengan menggunakan jumper

Nah, kalau jumper, pasti anda akan menemukannya di motherboard. Dengan mengatur ulang jumpernya, kita bisa mereset passsword BIOS dengan mudah. Ndak mudah-mudah amat sih, karena harus membuka casing sampai motherboardnya terlihat semua. Jumper yang mana yang harus di cari?

Soal lokasinya, bisa bervariasi tergantung dengan motherboard anda. Silahkan cek buku manual motherboard atau laptop anda. Kalau ndak punya, hilang atau sudah rusak tidak terbaca, carilah jumper yang letaknya di dekat baterai CMOS (tidak mesti juga sih, cuman biasanya di situ). Biasanya jumper ini ada labelnya CLR, CLEAR, CLEAR CMOS, atau semacamnya. Terus diapain?

Kalau sudah ketemu, perhatikan baik-baik. Biasanya ada 3 pin, dan dengan menggunakan jumper kita akan menghubungkan pin yang di tengah dengan pin yang kiri atau yang kanan. Nah, jadi yang akan kita lakukan adalah, memindahkan jumpernya. Jika sebelumnya menghubungkan pin tengah dengan pin kiri, maka angkat jumpernya, sekarang pasang lagi dengan menghubungkan pin tengah dengan pin kanan. Kalau sudah, tunggu beberapa detik, angkat lagi jumpernya, lalu kembalikan seperti semula.

Pastikan komputer anda dalam keadaan mati ketika mereset jumpernya.

Biasanya ini sudah cukup untuk mereset password BIOS. Jika ternyata masih gagal dan anda punya akses untuk booting sampai membuka DOS prompt, lakukan ini:

Cara mereset password BIOS dengan perintah DOS

Coba booting, masuk ke MS DOS prompt, lalu ketikkan perintah di bawah ini baris per baris

debug [Enter]
o 70 2E [Enter]
o 71 FF [Enter]
quit [Enter]

Catatan: karakter pertama di baris kedua dan ketiga perintah di atas adalah karakter huruf alfabet ‘o’ bukan angka ‘0’.

Kalau perintah tadi sudah dijalankan, sekarang restart komputer anda, harusnya, sekarang setting BIOS akan direset termasuk dengan password BIOS anda.

Ingin tahu apa yang dilakukan perintah di atas? Buat yang sekarang umurnya diatas 35 tahun, pasti inget pelajaran DOS atau ITC dulu di SMP kan? haha….

Cara reset password BIOS dengan perintah DOS ini memanfaatkan tool Debug dari DOS. Karakter ‘o’ merupakan perintah untuk memberi nilai pada port IO. Angka 70 dan 71 adalah nomor port yang digunakan untuk mengakses memori CMOS. Dengan memberi nilai FF, maka kita memberi tahu CMOS bahwa ada nilai yang invalid dan mereset setting CMOS termasuk password BIOS-nya.

Mereset password BIOS dengan software

Ada beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mereset password BIOS dengan mudah. Tapi ini artinya anda harus bisa minimal membooting laptop atau PC anda sehingga punya akses untuk membuka MS DOS atau Windows. Aplikasi untuk mereset BIOS ini antara lain:

  • CmosPwd
  • KillCMOS

Sementara, silahkan googling dan mendownload keduanya. Pakai salah satu saja ya…. Kalau masih gagal juga, ini langkah terakhir…

Menggunakan Backdoor BIOS Password

Sama seperti produk yang lain, seperti Android yang punya kode rahasia, produsen BIOS juga punya kode atau password rahasia. Tapi sekarang ini bukan rahasia lagi buat anda, karena yang paling umum akan kita baca di bawah sini. Istilahnya master password begitu. Ini biasanya digunakan untuk testing dan troubleshooting. sumber: AskVG

Untuk lengkapnya baca: Daftar Factory Backdoor BIOS Password Motherboard.

Loading...
5 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....