dee-nesia
mencari dan berbagi

Cara Pasang Related Post Di Sidebar

Cara pasang related post di sidebar blog WordPress. Salah satu cara supaya pengunjung betah membaca posting di blog kita adalah dengan memaksa mereka membaca juga posting yang sekiranya memiliki topik yang sama dengan yang sedang dibacanya. Semakin banyak posting yang senada, bisa diartikan blog tersebut membahas semakin dalam tentang topik tersebut. Ini artinya bagus. Penulis-nya tahu benar dengan yang ditulisnya, haha…. Setidaknya begitulah kira-kira.

Nah, cara kita untuk memaksa pengunjung membaca posting yang lain itu bisa kita lakukan dengan memasukkan related posts, atau bahasa kerennya: posting terkait. Dimana kita bisa meletakkan posting terkait? Setidaknya ada 3 tempat yang bisa dan biasa diberi related post ini.

Pertama – dan ini yang paling umum – di bagian bawah setelah posting. Menurut saya ini tempat paling pas dan strategis. Setelah selesai membaca suatu posting, orang akan mencari tahu lebih banyak. Dan ketika melihat judul posting lain yang membahas lebih dalam lagi, kemungkinan dia akan membacanya lebih besar. Saking strategisnya posisi ini, kebanyakan temp