Cara Pasang Related Post Di Sidebar

Share posting ini supaya temanmu tahu kalau kamu tahu....

Cara pasang related post di sidebar blog WordPress. Salah satu cara supaya pengunjung betah membaca posting di blog kita adalah dengan memaksa mereka membaca juga posting yang sekiranya memiliki topik yang sama dengan yang sedang dibacanya. Semakin banyak posting yang senada, bisa diartikan blog tersebut membahas semakin dalam tentang topik tersebut. Ini artinya bagus. Penulis-nya tahu benar dengan yang ditulisnya, haha…. Setidaknya begitulah kira-kira.

Nah, cara kita untuk memaksa pengunjung membaca posting yang lain itu bisa kita lakukan dengan memasukkan related posts, atau bahasa kerennya: posting terkait. Dimana kita bisa meletakkan posting terkait? Setidaknya ada 3 tempat yang bisa dan biasa diberi related post ini.

Pertama – dan ini yang paling umum – di bagian bawah setelah posting. Menurut saya ini tempat paling pas dan strategis. Setelah selesai membaca suatu posting, orang akan mencari tahu lebih banyak. Dan ketika melihat judul posting lain yang membahas lebih dalam lagi, kemungkinan dia akan membacanya lebih besar. Saking strategisnya posisi ini, kebanyakan template blogspot dan theme WordPress langsung memberikan fitur related posts dibawah posting ini sebagai fitur bawaan.

Contoh Related Posts Di Sidebar

Kedua, di dalam posting. Kalau yang ini biasanya tidak bisa terlalu banyak. Bisa kita lakukan secara manual membuat link setiap kali membuat kalimat yang ternyata ide pokoknya pernah kita tuliskan di posting yang lain. Ini juga sangat bagus dari sisi SEO. Internal Link itu salah satu yang sangat berpengaruh untuk membangun blog. Link manual biasanya lebih bagus karena kita bisa menambahkan kata atau frase yang lebih menggiring pembaca untuk lebih tertarik. Masalahnya, ini juga melelahkan. Terlebih jika kita tidak setiap hari mengupdate blog tersebut. Lupa, itu masalahnya. Jika anda memakai mesin WordPress, ada bantuan plugin. Mau? Silahkan baca saja di Cara Pasang Related Post di Dalam Posting WordPress. Buat yang masih pakai Blogspot ya, manual saja. Tidak kalah dari sisi kinerja kog. Cuman kalah dari sisi ribetnya saja. Hehe….

Ketiga, kita bisa pasang related post di sidebar. Mengapa kog di sidebar? Bukannya sidebar lebih cocok dipasangi iklan atau widget berisi posting terbaru? Yupz…, itu benar. Tapi, sidebar itu terlalu panas alias terlalu strategis kalau hanya diisi mereka. Ini juga bagus untuk mereka yang telah memakai iklan Adsense sebanyak 3 slot di dalam posting. Kan sidebar sudah tidak bisa di isi iklan lagi. Kalau di isi iklan dari CPC lain, khawatir menurunkan kinerja iklan Adsense-nya.

Ok. Lalu bagaimana cara pasang related post di sidebar? Inilah salah satu kemudahan yang bisa kita dapatkan kalau memakai WordPress. Ada ribuan plugin yang sangat membantu mengoptimasi blog dengan beberapa langkah saja.

Cara Pasang Related Post Di Sidebar

Cari dan install plugin Related Posts By Taxonomy. Aslinya, plugin ini juga bisa memasang related posts di bawah posting. Tapi karena theme yang saya pakai sekarang sudah ada related posts-nya sudah bagus ya tidak saya pakai.

Setelah plugin Related Posts By Taxonomy terinstall dan aktif, sekarang kita coba lihat pengaturannya. Kalau kita lihat di halaman plugin, memang tidak ada link untuk melakukan setting. Yang bisa kita lakukan adalah dengan memasang widget. Sudah bisa pasang widget-kan? Saya yang nubie akut saja bisa kog. Hehe… Silahkan dicoba…

Ini pengaturan Related Posts By Taxonomy yang saya lakukan:

Setting Related Posts By Taxonomy

Supaya tidak aneh, kita bisa mengatur supaya related post ini hanya muncul ketika di halaman posting dan sembunyi di homepage. Bisa juga mengatur supaya ada thumbnailnya. Enak pokoknya, hehe….

Bagaimana? Apakah cara pasang related post di sidebar di atas cukup jelas? Untuk yang masih memakai blogspot, silahkan coba cari-cari di Google ya. Saya pernah pakai juga kog. Happy blogging….

Loading...
  • Kalo yang buat blogger ada ga gan ?

    • dulu pernah ada. Tapi sekarang scriptnya sudah ndak jalan mas Agus….