Cara Pasang Related Post di Dalam Posting WordPress

Ini cara pasang related post di dalam posting WordPress. Mudah kog. Tinggal pakai plugin gratis saja. Related post di dalam posting blog WordPress kamu akan otomatis terpasang manis sesuai dengan theme yang kamu pakai. Tepatnya di sela-sela paragraph posting.

Pada umumnya, kita melihat teman-teman blogger cenderung pasang related post di bawah posting. Itu tidak keliru. Di akhir posting memang tempat yang posisinya paling pas untuk mencegah pengunjung segera pergi setelah selesai membaca posting kita. Istilahnya untuk mencegah atau memperkecil bounce rate. Apa’an tuh? Bounce rate adalah prosentase jumlah pengunjung yang hanya membaca satu posting saja terus langsung menutup tab blog kita dan pergi ke blog yang lain. Semakin tinggi nilai bounce rate, berarti pengunjung tadi tidak tertarik untuk membaca tulisan kita yang lain. Itu sebabnya related post ini sangat penting.

Jika di bawah posting itu adalah posisi strategis untuk pasang related post, lalu kenapa harus susah-susah pasang related post di dalam posting WordPress?Cara Pasang Related Post di Dalam Posting WordPress
Loading...
Alasan pasang related post di dalam posting WordPress

Ketika related post ada di bawah posting, ok, itu memang menarik. Tapi kadang ada pengunjung yang merasa itu terlalu intrusive alias terlalu dominan dan ada kesan memaksa. Jika kita pasang related post di dalam posting, maka related post ini akan tampak menyatu dengan isi posting. Kemungkinan pengunjung akan tertarik untuk membacanya jadi lebih besar.

Coba kunjungi blog juragancipir.com, wah, luar biasa itu cara mbak Indri sebagai admin untuk membuat pengunjung betah membaca postingnya. Di dalam setiap posting pasti ada internal link yang merujuk pada posting yang terkait. Ada saja cara dia untuk membujuk pengunjung membaca posting yang lain. Dan dia melakukannya secara manual. Ini bagus. Dalam artian dia memilih sendiri posting mana yang masih terkait dengan posting yang sedang ditulisnya. Hanya saja, itu menuntut ketelitian dan ingatan yang lebih. Supaya prosesnya lebih mudah bagaimana ya?

Cara pasang related post otomatis di dalam posting WordPress

Nah, untungnya ada plugin WordPress untuk pasang related post otomatis di dalam posting. Jadi sangat menghemat waktu ketika kita menulis. Tidak harus mencari-cari dalam ingatan kira-kira posting mana yang cocok. Plugin ini akan melakukannya dengan cepat dan pas untuk kamu.

Untuk memasangnya, silahkan cari, download, dan aktifkan plugin Inline Related Post.

Sekarang kamu tinggal atur-atur supaya lebih pas dengan tampilan blog kamu. Saya sih cenderung pakai yang norma-normal saja.

Sebagai contoh, kamu bisa lihat di blog dee-nesia ini.

Pengaturan Plugin Inline Related Post

Apa saja yang bisa diatur supaya tampilannya bagus. Ada beberapa customisasi yang bisa kita lakukan. Kita bisa mengubah warna teks, warna latar belakang, mau pakai efek shadow atau tidak, membuat related post berdasarkan kategori atau tag, mau dipasang di page atau post, dan yang paling asik, kita boleh mengatur warna di sisi kiri itu supaya lebih menarik pembaca untuk mengunjungi posting yang sedang dipromosikan tersebut. Asik pokoknya.

Kalau buat blog dee-nesia ini, ada tiga tempat yang dipasangi related post, yaitu di bawah posting, di dalam posting, dan di sidebar yang hanya muncul di halaman post. Kalau di halaman home dia akan sembunyi.

Hmmm, atau jangan-jangan anda pingin pasang related post di sidebar? Ok, sabar dulu ya…. Besok akan saya tambahkan caranya. Mudah banget kog. Hehe… Biasa, pakai plugin. Kan itu kelebihan WordPress. Happy blogging….

(Visited 17 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....