dee-nesia
mencari dan berbagi

Cara Merekam Layar Desktop Menjadi Animasi GIF

Ini cara merekam layar desktop menjadi file GIF | Adakalanya, kita perlu atau sekadar kepingin membuat screencast atau menangkap tampilan layar menjadi video. Aplikasi untuk merekam layar menjadi video yang paling banyak direkomendasikan itu biasanya Camtasia. Sayangnya itu tidak gratis. Dan jikapun anda sudah menginstallnya dan mencoba mendapatkan screencast yang sederhana dan disimpan dalam bentuk file GIF yang lebih irit tempat dan bandwith, yang kita dapati adalah Camtasia itu terlalu berat dan terlalu sophisticated untuk keperluan sederhana seperti itu. Maka, saya mencoba mencari alternatif lain, aplikasi, add-on browser atau apapun yang bisa merekam layar, menyimpannya menjadi file GIF, karena memang tidak berniat untuk membuat video dan mengunggahnya ke youtube, dan harus mudah digunakan. Tidak boros resource alias ramah untuk netbook saya yang processor dan RAM-nya terbatas. Dan… tada… Saya menemukan Screencast-o-matic yang direkomendasikan banget oleh Amit Agarwal dalam blognya Labnol. Untuk jelasnya kunjungi saja link tadi yang menjadi rujukan posting cara merekam layar dekstop menjadi animasi GIF ini.

Sekilas tentang Screencast-o-matic

Screencast-o-matic adalah tool screencasting yang populer untuk membuat file video dari tangkapan apapun yang ada di dekstop kita dengan mudah dan ringan. Terutama bagi komputer kita. Dia bekerja dari dalam browser tanpa perlu aplikasi tambahan lain. Screencast-o-matic berjalan sebagai Java applet sehingga bisa kita gunakan dimanapun, baik di dalam Windows, Mac, atau Linux.
Meskipun sepintas sepertinya cara kerja Screen-o-matic terlihat sederhana, namun hasil video atau file GIF yang dihasilkan lumaya