dee-nesia
mencari dan berbagi

Cara Menyembunyikan File dan Folder Di Windows Plus Password

Cara menyembunyikan file dan folder di Windows bukanlah perkara sulit. Windows sendiri, sejak versi awal-awal dahulu sudah menyertakan kemampuan untuk membuat file dan folder tidak terlihat atau berstatus hidden. Windows juga menggunakan cara yang sama untuk membuat file system yang penting dan rentan bermasalah jika secara tidak sengaja (atau sengaja) berubah atau terhapus.

Masalahnya adalah, cara melihat file atau folder ter-hidden di Windows itu sama mudahnya dengan cara menyembunyikannya. Cukup dengan beberapa klik maka semua yang anda ingin orang lain tidak melihatnya itu sudah akan terpapar dengan jelas di layar monitor. Jadi fitur untuk menyembunyikan file dan folder bawaan Windows itu praktis tidak ada gunanya ditangan orang yang usil.

Yang dilakukan Windows adalah dengan mengubah attribute dari file atau folder. Kamu bisa melakukannya melalui Folder Option di Windows Explorer. Tidak lebih dari satu menit, kamu sudah bisa menyembunyikan atau menampilkan file dan folder tersembunyi.

Buat kebanyakan orang, fitur bawaan Windows ini memang sudah cukup. Tapi buat kita yang merasa perlu privasi ekstra, tentu tidak cukup. File atau folder yang berisi data sensitif yang rawan dicuri tentu perlu pengamanan ekstra. Paling tidak, file atau folder tersebut tidak dengan mudah dilihat orang lain, kalau perlu, ada password yang memberi perlindungan tambahan supaya data di dalamnya tidak dengan mudah diakses orang lain.

Orang-orang tertentu dan perusahaan yang ingin datanya terlindungi jelas membutuhkan software untuk menyembunyikan file dan folder dengan password.