Cara Menyelamatkan Data Memory Card Yang Rusak

Cara Menyelamatkan Data Memory Card Yang Rusak | Ini bisa jadi bencana ketika di dalam kartu memory kita itu tersimpan file-file yang penting, seperti video pesta ulang tahun, foto ketika anda bersama keluarga berlibur. Beberapa orang bahkan menyimpan file Office pekerjaan mereka di dalam kartu memory HP atau tablet.

Nah, ketika kartu memory bermasalah, entah sama sekali tidak dikenali atau beberapa file menolak untuk dibaca, padahal kita sedang sangat membutuhkannya, kita jadi bertanya, adakah cara untuk menyelamatkan dan mengembalikan data berupa file di memory card yang rusak tersebut?

baca juga:

Ada kog saudara. Meski mungkin hasilnya tidak akan bisa mengembalikan seluruh file. Dari yang pernah saya lakukan, jika file tertentu itu rusaknya parah, misalnya file foto berekstensi jpg, masih bisa dibaca dan di konstruksi ulang, namun hasilnya menjadi berupa file yang di beberapa bagiannya terlihat abu-abu. Tapi itu tergantung dengan tingkat kerusakannya juga. Minimal anda masih akan bisa membaca sebagian besar file.

Tips:

Setelah pertama kali anda menyadari ada yang salah dengan kartu memory anda, sebaiknya jangan lakukan apapun yang bisa mengubah struktur data di dalamnya, termasuk membuat file baru, seperti mem-foto, menerima file dari perangkat lain (HP, laptop, internet) dengan sambungan apapun (Bluetooth, WiFi, Internet).

Karena itu akan membuat struktur file di dalam kartu memory disusun ulang tempatnya. Kalau file-nya masih bagus, tidak masalah, tapi kalau filenya sudah bermasalah, kemungkinan dia akan tertimpa file lain jadi besar, dan itu memperkecil kemungkinan dia bisa di selamatkan atau di recover.

Cara menyelamatkan data memory card

Di luar sana ada banyak sekali aplikasi yang berjalan di Windows yang berfungsi untuk mengembalikan data atau file di kartu memory yang rusak. Namun, selama ini saya terbiasa dengan dua aplikasi saja. Recuva Data Recovery dan Recover My Files

Recuva Data Recovery
Tahu CCleaner? Tools untuk bersih-bersih registry Windows yang kecil namun sakti itu? Nah, Recuva Data Recovery ini dibuat oleh perusahaan yang sama, Piriform. Bagi pecinta CCleaner, pastinya akan yakin juga bahwa Recuva Data Recovery ini akan bekerja dengan baik untuk proses data recovery kartu memory anda.

Silahkan download dulu si Recuva.

Download Recuva Data Recovery

Kelebihannya:

  • ukuran file installernya kecil banget: 3.55 MB saja
  • bekerja dengan cepat
  • interface yang sederhana
  • mengembalikan file dalam drive terformat
  • bisa mengembalikan data pada flash disk, semua format kartu memory
  • wizard yang sangat membantu

Kelemahan:

  • tidak bisa mengembalikan file yang di hapus oleh CCleaner
  • tidak ada filter

Untuk pertama kali penggunaannya, ikuti saja Wizard-nya, mudah kog, instruksinya juga menggunakan bahasa Inggris yang simple. Saran saya sih pilih deep scan, meski waktunya akan lebih lama, tapi scanningnya akan lebih bagus.
Recuva scanning

Loading...
Recuva Data Recovery
Untuk Recover My Files, ntar dulu ya…. Tunggu post berikutnya dech….

Kalau setelah berupaya menyelamatkan data di memory card kamu, tapi ternyata tidak berhasil juga, mungkin sudah saatnya kamu beli baru deh. Kamu bisa membaca beberapa pilihan terbaiknya di Pilihan Kartu Memory Terbaik Paling Murah.

Loading...
  • Pingback: Inilah Penyebab Kartu Memory Rusak Tidak Bisa Dibaca()

  • Pingback: Penyebab Memory Card Tidak Terbaca()

  • Gan, masalahnya memory cardnya tidak bisa terbaca atau terdetect sama sekali. Dimasukin ke laptop gak terbaca dan dimasukin hp juga tidak terbaca. Nah kalo itu bagaimana mengatasinya gan? Tolong gan solusinya, banyak data penting soalnya.

    • coba gunakan card reader lain gan… kadang di situ masalahnya. Atau bisa juga dicoba-coba gunakan port USB yang berbeda. Kalau masih gagal juga, coba gunakan laptop atau PC yang lain.
      Kalau semua sudah dicoba ya… mungkin sudah waktunya ganti gan. Soal datanya… hmmm…. Saya cuman bisa ikut berbela sungkawa….

      • rizki kokok CB

        Gan ini aplika buat hp apa ngga

        • Sayangnya bukan mas Rizky. Ini jalan di Windows, bukan di Android.

    • ratnaputrisol

      nah iya! saya juga masalah nya sama. sd card nya tidak terbaca, jadi mau diapa-apain juga bingung

  • bahrul

    gan ane mau tanya, waktu itu ane menyambungkan data hp ke laptop, trus ane buka data ane di situ… nah pada saat data hp terbuka, kabel usb nya tercabut dari laptop, tiba2 data hp itu hilang ketika disambungkan lgi ke laptop data hp terbaca tapi kosong tidak ada data nya… cara ngebalikinnya gimana yah, tolong di bantu

    • silahkan baca ulang posting di atas mas Bahrul…
      Intinya cuman jaga supaya tidak ada file baru yang dibuat di microSD HP anda itu. Cabut dengan benar (matikan HP terlebih dahulu sebelum mencabutnya).
      Masukkan microSD ke card reader. Lalu gunakan aplikasi untuk menyelamatkan data di microSD di Windows. Bisa gunakan salah satu dari dua aplikasi yang direkomendasikan dalam posting di atas mas Bahrul.
      Kalau gagal, coba pakai get data back, atau aplikasi lain. Buanyak kog …. Dan jangan lupa berdoa ya….

  • nurul halisa

    Gan kalo kita masukin kartu memorinnya habis itu langsung ada tertulis kartu memori eror,itu gimana yah?kartu memorinya udah rusak apa belum sih?

    • bisa ya bisa juga tidak.
      Bisa jadi kartu memorynya rusak, bisa juga slot pembaca kartu memorynya yang bermasalah.

  • syar

    gan klo download apknya pake andorid trus buka instal apknya di androit bisa gk?

    • Bisa mas Syar. Download apk bisa pakai browser apapun. Tinggal buka folder di mana file tadi di download pakai File Manager apapun, trus tap dan install.

  • mapflake

    mas, gra” sya msukin sdcard sya ke mp3 player di mobil, bbrpa folder dan file di sdard sya gbsa dbca, ktany corrupt .. yg gbsa dbca itu lgu, video, sma pdf,. foto bsa dbca. itu bisa dibalikin/diperbaiki ga mas?. mohon solusiny, mksih …

  • ica

    Ka, kalau memori ga ke baca di hp. Pas masuk pc ada datanya tapi tidak bisa di copy+diliat itu gimana ka?

    • kemungkinan besar ada yang corrupt di kartu microSD-nya. Bisa pakai Recuva, get data back, atau sekadar di fix melalui tool-nya Windows Explorer. Semoga bisa membantu. Ow iya. Bisa juga modul pembaca kartu di HP-nya bermasalah, kotor misalnya atau yang lain. Coba pakai untuk membaca kartu MicroSD yang lain. Kalau bisa, berarti kartu microSD anda yang bermasalah. Kalau tidak bisa ya berarti memang itu yang bermasalah.

      • nokky

        kak mau tanya saat membuka aplikasi untuk step 1 & 2 bisa tapi saat pemilihan drive yg mau discan muncul pemintaan untuk format. yang saya ingin tanyakan haruskah saya format untuk menyelamatkan data atau ada pilihan cara lain? krn yg saya takutkan ketika saya klik format data tidak dapat dikembalikan. mohon pencerahannya

        • Bisa karena rusaknya sudah parah. Bisa juga cuman karena microSD-nya kotor atau port pembaca microSD-nya yang bermasalah. Ada banyak kemungkinan sampai itu microSD tidak dikenali.
          Jadi silahkan coba di laptop atau komputer lain, ganti card reader, atau bersihkan permukaan microSD yang kuning-kuning itu. Usahakan tidak sampai terkena kulit kita supaya bersih.

  • syarip

    gan masalah nya memory nya hilang karena dicuri orang apakah masih bisa?

  • Ilham Herman

    Mas makasih bnyak atas rekomendasi nya, alhamdulilah data nya udah kembali

    • Sama-sama mas Ilham. Syukurlah….

  • gita

    Kak mau tanya, tiba2 kartu memori hp saya rusak. Di notification ada tulisan ” kartu sd rusak, anda perlu memformat kartu sd anda, seluruh data pada kartu sd akan hilang ” gimana tuh kak? Kalo saya tekan format takutnya filenya betul ilang semua . Jadi gimana ya kak solusi nya?

  • Angelina Fitroh Sany Helfana

    Kak gimana cara ngembaliin memory,padahal memory nya udh tak pasang di hp tapi tulisannya kartu sd dicabut masukkan yang baru.aq pngen kartuku kembali seperti semula.tolong bantuin kak

  • Ang

    Kartu ku rusak kena malware gan , kartnuya gamau kebaca . Padahal penting isinya 😢 . Aku pake macbook sih ,, ada saran gan ?

  • Eurifa

    Min sd card saya rusak setelah unduh game, awalnya minta format tapi saya tidak tanggapi. Lalu saya matikan HH dan pasang sd card ke card reader. Disitu tidak terbaca kapasitasnya, tapi masuk ke disk G & untuk mengirim file pun masih bisa (walau error ujungnya). Saya udah coba beberapa cara & nihil. Tolong pencerahannya min..
    THX

  • sitra yusridawati wanda

    min gimana kartu memoriku rusak kalau sy msukin dia blng kartu memori rusak disarankan untuk memformatnya, tp saya takut min. terus sy coba msukin ke leptop untuk d scan tp memorinya ga kebaca, padahal banyak file penting didalamnya min. mohon sarannya min makasih

    • sudah ngikutin cara menyelamatkan data memory card di posting ini apa belum mbak Sitra? Kalau sudah semua cara di atas ditempuh dan masih gagal, cobalah minta tolong teman yang punya akses fisik ke memory card tersebut. Kalau cuman dari jauh begini, ya saya cuman bisa bantu doa.

      Lain kali manfaatkan penyimpanan cloud saja mbak untuk data yang benar-benar penting. Macam di Google Drive atau One Drive. Jadi kalau ada masalah, semisal HP hilang atau memory card bermasalah begini masih bisa diakses file-nya. (asal tidak lupa password email saja, hehe….)

  • Ade reza

    Min mau tanya,memory card saya rusak.padahal kemarin malam semua data memory card masih ada,terus besok paginya data tidak ada semua/tidak ada penyimpanan,gimana solusinya… tolong penting banget soalnya

  • adi yudha

    ka mau nanya..mmc saya kan 16gb pas saya recovery ke folder lain ko jd 50gb ya?
    mohon pencerahaanya

    • wah. kalau jadi sebesar itu kurang tahu mas Adi.
      Bisa jadi karena di mmc sebelumnya ada banyak file yang berada dalam keadaan tekompresi.

      Tapi kog sampai segitu besarnya ya?

  • Nurul

    ka, aku coba pake recuva terus pas mau recover kok ga bisa ya ? keterangannya ‘ the parameter is incorrect’ , itu kenapa ya ? mohon pencerahannya

    • hlah? kan itu parameternya yang keliru.
      Berarti ada yang salah dengan permintaan yang mbak Nurul berikan ke aplikasi Recuva ini.
      Coba lagi dengan pengaturan yang benar. Hehe….

  • Rissa

    ka, sd card aku kebaca di file manager tp gak kebaca di musik atau galeri, itu gimana ya cara benerinnya ?