Cara Menyelamatkan Data Memory Card Yang Rusak

Cara Menyelamatkan Data Memory Card Yang Rusak | Ini bisa jadi bencana ketika di dalam kartu memory kita itu tersimpan file-file yang penting, seperti video pesta ulang tahun, foto ketika anda bersama keluarga berlibur. Beberapa orang bahkan menyimpan file Office pekerjaan mereka di dalam kartu memory HP atau tablet.

Nah, ketika kartu memory bermasalah, entah sama sekali tidak dikenali atau beberapa file menolak untuk dibaca, padahal kita sedang sangat membutuhkannya, kita jadi bertanya, adakah cara untuk menyelamatkan dan mengembalikan data berupa file di memory card yang rusak tersebut?

baca juga:

Ada kog saudara. Meski mungkin hasilnya tidak akan bisa mengembalikan seluruh file. Dari yang pernah saya lakukan, jika file tertentu itu rusaknya parah, misalnya file foto berekstensi jpg, masih bisa dibaca dan di konstruksi ulang, namun hasilnya menjadi berupa file yang di beberapa bagiannya terlihat abu-abu. Tapi itu tergantung dengan tingkat kerusakannya juga. Minimal anda masih akan bisa membaca sebagian besar file.

Tips:

Setelah pertama kali anda menyadari ada yang salah dengan kartu memory anda, sebaiknya jangan lakukan apapun yang bisa mengubah struktur data di dalamnya, termasuk membuat file baru, seperti mem-foto, menerima file dari perangkat lain (HP, laptop, internet) dengan sambungan apapun (Bluetooth, WiFi, Internet).

Karena itu akan membuat struktur file di dalam kartu memory disusun ulang tempatnya. Kalau file-nya masih bagus, tidak masalah, tapi kalau filenya sudah bermasalah, kemungkinan dia akan tertimpa file lain jadi besar, dan itu memperkecil kemungkinan dia bisa di selamatkan atau di recover.

Cara menyelamatkan data memory card

Di luar sana ada banyak sekali aplikasi yang berjalan di Windows yang berfungsi untuk mengembalikan data atau file di kartu memory yang rusak. Namun, selama ini saya terbiasa dengan dua aplikasi saja. Recuva Data Recovery dan Recover My Files

Recuva Data Recovery
Tahu CCleaner? Tools untuk bersih-bersih registry Windows yang kecil namun sakti itu? Nah, Recuva Data Recovery ini dibuat oleh perusahaan yang sama, Piriform. Bagi pecinta CCleaner, pastinya akan yakin juga bahwa Recuva Data Recovery ini akan bekerja dengan baik untuk proses data recovery kartu memory anda.

Silahkan download dulu si Recuva.

Download Recuva Data Recovery

Kelebihannya:

  • ukuran file installernya kecil banget: 3.55 MB saja
  • bekerja dengan cepat
  • interface yang sederhana
  • mengembalikan file dalam drive terformat
  • bisa mengembalikan data pada flash disk, semua format kartu memory
  • wizard yang sangat membantu

Kelemahan:

  • tidak bisa mengembalikan file yang di hapus oleh CCleaner
  • tidak ada filter

Untuk pertama kali penggunaannya, ikuti saja Wizard-nya, mudah kog, instruksinya juga menggunakan bahasa Inggris yang simple. Saran saya sih pilih deep scan, meski waktunya akan lebih lama, tapi scanningnya akan lebih bagus.
Recuva scanning

Loading...
Recuva Data Recovery
Untuk Recover My Files, ntar dulu ya…. Tunggu post berikutnya dech….

Kalau setelah berupaya menyelamatkan data di memory card kamu, tapi ternyata tidak berhasil juga, mungkin sudah saatnya kamu beli baru deh. Kamu bisa membaca beberapa pilihan terbaiknya di Pilihan Kartu Memory Terbaik Paling Murah.

Loading...
33 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....