Cara Menyambungkan iPhone ke TV

Ingin tahu cara menghubungkan iPhone ke TV? Tentu bukan sembarang TV, melainkan SmartTV yang akhir-akhir ini semakin canggih, murah, dan banyak banget jenisnya, memudahkan sekaligus memusingkan untuk memilih. Hehe…, macam Toshiba Pro Theatre L4300 TV LED itu. Kan sayang, punya iPhone mahal-mahal tidak dimaksimalkan kemampuan dari fitur-fiturnya yang bagus.

Pada dasarnya, memang mungkin untuk menghubungkan perangkat smartphone apapun ke SmartTV merk apapun. Jika tidak se-merk memang agak susah, tapi intinya bisa. Nah, untuk iPhone dan perangkat Apple lain, ada yang berbeda dibandingkan jika anda memakai smartphone dengan platform Android. Untuk perangkat dari Apple, berikut ini beberapa cara untuk menghubungkan mereka dengan TV.

AirPlay Via Apple TV

Harganya US$99 (kemungkinan sudah turun harganya, apalagi untuk pasar retail Indonesia) Apple TV adalah produk wireless yang memungkinkan video streaming extra kepada Anda. Bisa dikatakan kalau Apple TV adalah produk terbaik yang sangat direkomendasikan untuk urusan berbagi konten iPhone.

Jika anda memakai Apple TV ini, anda akan terbebas dari kesemerawutan koneksi kabel dan pengaturan yang ribet. Cukup dengan beberapa kali tap maka semua akan terasa lebih mudah. Anda dapat membagikan isi iPhone atau perangkat Apple lain berupa foto, video, dan musik ke TV. Versi terbarunya bahkan mengijinkan anda melakukan mirroring tampilan smartphone langsung ke TV. Jika perangkat anda mendukung, anda bahkan bisa streaming game yang sedang anda mainkan. Memang tidak semua perangkat bisa melakukannya. Minimal anda harus memakai iPhone 4S atau di atasnya, iPad 2 atau di atasnya, iPad Mini dan iPod Touch generasi ke 5. Versi di bawahnya hanya bisa sharing konten iPhone berupa foto dan video.

Digital A/V Adapter

Jika dana anda terbatas, ada pilihan menarik lainnya. Yang ini lebih portable dan murah. Ada Digital A/V  Adapter dari Apple. Bedanya, masih pakai kabel. Salah satu ujungnya di hubungkan ke iDevice Anda dan yang lain menempel pada port HDMI dan terakhir ke TV.

Ada dua versi adapter A/V. Pertama Lightening device yang kompatibel dengan perangkat yang lebih lama  dengan menggunakan konektor dock 30-pin. Keduanya memiliki fungsi yang sama tetapi, kualitas videonya agak berbeda.

Berikutnya adalah Lightening adapter yang kompatibel dengan iPhone 5, iPad Mini dan iPad 4 generasi ke-4. Anda bisa melakukan mirroring iDevice anda ke TV. Memang perangkat ini mampu melakukan mirroring namun, terkadang ketika menjalankan aplikasi sedikit berbeda antara iDevice dan TV Anda. Misalnya Netflix akan terus menampilakn Logo TV ketika Anda sedang memilih catalog videonya pada ponsel Anda. Ketika sudah diputar baru akan muncul di TV.

Perlu diperhatikan, setelah beberapa kali pengujian dan komentar dari karyawan Apple, Panic Blog menemukan adaptor  Lightening A/V tidak benar-benar mengeluarkan sinyal HDMI. Chips yang ada pada perangkat tersebut mengkompress sinyal video sebelum mengirimnya ke TV. Video memang terlihat baik tetapi tidak akan pernah sepenuhnya 1080p.

Untuk perangkat yang lebih lama, solusinya adalah adapter 30-pin Apple. Semua kompabilitas tidak dikurangi sedikitpun dengan versi pertama.

Untuk pengguna iPhone 4S dan iPad bisa membuat mirror perangkat mereka ke televisi, sedangkan untuk perangkat yang lebih tua hanya bisa menggunakannya untuk menonton slideshow, video dan aplikasi video yang kompatibel.

Hmmm, rasanya kog lebih mudah, murah dan simple pakai Android ya…. haha….

(Visited 181 times, 2 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....