Cara Menjual Foto Online di 123rf Supaya Cepat Laku

Bagaimana cara menjual foto online di 123rf supaya cepat laku dan dapat uang? Cukup banyak fotografer Indonesia yang berhasil menghasilkan dollar dari jualan foto online. Soal bisa dapat berapa, itu tergantung banget dengan seberapa bagus foto yang anda jual. Bisa sangat besar sampai cukup untuk beli kamera baru dengan beberapa foto saja. Bisa juga nol besar meski telah mengupload ratusan foto.

Beneran bisa diandalkan nih penghasilan dari jual foto secara online?

Kata beberapa orang memang begitu. dee-nesia ini bukan master untuk urusan jual beli foto online begini. Kamera juga masih abal-abal. Sementara kamera hp itu hasilnya sangat ditentukan yang memotret, hehe…. cupu…

Tapi dari beberapa sharing orang-orang yang sudah lama jualan foto online dan kata mereka berhasil memperoleh uang dari kamera mereka yang tidak sedikit jumlahnya, dee-nesia cukup yakin, bahwa jualan foto online itu cukup menjanjikan.

dee-nesia sempat lihat-lihat di 123rf, dan mendapati kalau foto yang terjual, tidak semuanya diambil dengan kamera DSLR atau mirrorless kelas atas. Cukup banyak yang diambil dengan DSLR entry level dan bahkan kamera HP.

Tapi memang harus diakui, foto-foto yang berhasil terjual itu rata-rata bagus pakai banget. Kebanyakan bukan karena teknik fotografinya yang sudah level dewa, tetapi karena memang gambarnya keren. Masalahnya, keren itu untuk ukuran siapa, gitu kali ya?

Jadi, buat anda yang masih seperti saya, kepingin banget bisa berhasil jual foto di 123rf, mari kita belajar bersama. Doa saya sih, semoga ada foto saya yang berhasil terjual duluan dari pada foto anda, wkwkwk….

Mengapa menjual foto online di 123rf?

Sebenarnya tidak ada larangan untuk menjual foto di situs-situs jual-beli foto yang lain. Boleh-boleh saja. Saat inipun, dee-nesia jualan foto di Clashot dan Foap, selain di 123rf.

Tetapi, dibandingkan dengan beberapa situs jual beli foto yang lain, 123rf ini relatif lebih ‘memungkinkan’ buat kita yang masih pemula, untuk mulai bisnis jual foto online. Sebut saja Dreamstime, Istockphoto, Fotolia, atau yang lain. Rata-rata sudah bikin keder sejak awal melihat laman resmi mereka. wkwkwk….

Sementara di 123rf ini, ada beberapa kelebihan yang bisa sangat bagus buat kita, antara lain:

  • Seleksi foto tidak terlalu ketat
  • Tidak perlu terlalu banyak koleksi foto untuk mulai mendapat penghasilan
  • Sangat populer diantara pengguna yang memang mencari foto untuk dibeli
  • Komisi bisa sampai 60%
  • Tidak ada potongan pajak untuk komisi yang kita dapatkan
  • Bayaran bisa melalui PayPal, Payoneer, atau Moneybookers
  • Batas payoutnya cukup rendah, yaitu $50. Bukan apa-apa sih, tapi nunggu $100 baru bayaran itu kadang bikin frustasi.
Menjual Foto Online di 123rf

Cara Menjual Foto Online di 123rf


Bagaimana cara menjual foto online di 123rf?

1. Daftar dulu dunk

Pastinya, anda harus mendaftar dulu. Caranya, kunjungi www.123rf.com atau klik disini.

Isi formulir pendaftarannya dengan isian yang benar-benar valid. Ingat, untuk password, isi dengan password yang anda inginkan untuk login di 123rf ini, bukan password email anda.

Untuk yang namanya cuman satu kata kayak saya, bisa di isi dengan ‘.’

Dan untuk pembayaran, pastikan kamu sudah punya akun di PayPal, Payoneer, atau Moneybookers. Kalau belum punya, ya buat dulu. dee-nesia sih, pakai PayPal.

Silahkan klik di sini untuk daftar PayPal dengan bahasa Indonesia.

Kalau sudah yakin semua terisi, silahkan klik di tombol Sign Up.

2. Login dan upload foto

Saya asumsikan anda sudah siap dengan foto-foto terbaik yang akan diupload. Persiapkan minimal 10 foto dengan kualitas bagus.

Supaya kemungkinan diterimanya lebih besar, sangat disarankan 10 foto yang akan diupload tadi:

  • minim editing. Boleh di edit tapi sedikit saja. Hanya perbaikan di brightness dan saturation saja.
  • jangan tambahkan objek lain di dalam foto selain yang sudah ada dari kamera.
  • jangan menghapus objek apapun di dalam foto.
  • pastikan foto tampil dengan objek, pencahayaan, dan komposisi yang bagus.
  • usahakan resolusinya minimal 72dpi. Lebih tinggi lebih baik.
  • jangan upload foto yang ada wajah orangnya.

Kalau sudah siap fotonya, buka menu Photographers, lalu klik “upload images”, tunggu sampai proses upload selesai.

123rf akan mereview foto-foto anda. Anda akan dikabari kemudian via email.

3. Siapkan foto lain dan terus upload

Sembari menunggu selesainya review foto-foto yang anda upload ke 123rf, anda bisa terus menyiapkan foto-foto lain.

Segera upload foto-foto terbaik anda begitu menerima kabar akun 123rf anda aktif untuk memperbesar kemungkinan foto terjual dan anda bisa menerima bayaran lebih banyak.

Apa yang bisa dijual di 123rf?

Tidak cuman foto loh yang bisa dijual di 123rf (dan juga situs jual beli foto online lainnya). Anda bisa menjual vektor, doodle, infographics, video pendek, clip audio, dan ilustrasi lainnya. Jadi ada banyak kemungkinan yang bisa anda lakukan. Buat teman-teman yang punya bakat menggambar, ini kesempatan bagus.

Berapa kita akan mendapatkan bayaran?

Dibandingkan situs lain, komisi atau bayaran yang bisa kita terima untuk setiap foto yang di beli atau di download pengguna lumayan besar, yaitu antara 50% sampai 60%. Tergantung dari popularitas foto tersebut. Semakin banyak yang download, maka komisi dari penjualan foto tersebut akan semakin besar buat fotografernya.

Kemungkinan mendapat uang dari 123rf yang lain

Bagaimana kalau ternyata penjualan foto-foto terbaik anda hasilnya kurang bagus, hanya sedikit yang laku, atau anda merasa frustasi karena menunggu $50 itu ternyata bisa sangat lama?

Tenang saja, masih ada kemungkinan untuk tetap mendapat penghasilan dari 123rf, yaitu dengan ikutan program afiliasinya. Komisinya juga lumayan loh. Bukan tidak mungkin hasilnya malah lebih besar dari penjualan foto anda, hehe….

Afiliasi 123rf ini maksudnya anda akan mendapat komisi berupa sejumlah uang cukup dengan mempromosikan layanan 123rf ini. Setidaknya, ada dua macam afiliasi 123rf, yaitu:

Mereferensikan 123rf pada pembeli

Anda akan mendapat komisi sebesar $0.36 per foto yang di download pengunjung 123rf yang datang dari link yang anda berikan. Selain itu, anda bisa mendapat komisi 25% untuk pembelian pertama mereka. Sangat lumayan to?

Anda membantu orang lain yang memerlukan foto-foto berkualitas, dan anda juga membantu fotografer yang memiliki foto tersebut untuk laku dijual. Dan anda layak mendapat hadiah dari bantuan anda itu. Menyenangkan bukan?

Mereferensikan 123rf pada fotografer lain

Anda juga akan mendapat komisi ketika mereferensikan layanan jual beli foto online di 123rf kepada fotografer lain, bisa teman atau saudara atau siapapun untuk menjual foto mereka di 123rf.

Komisinya juga lumayan besar, yaitu 10% dari harga setiap foto yang laku di download dari fotografer yang anda referensikan tadi.

Buat anda yang penasaran dengan foto-foto yang ada di 123rf, silahkan lihat di sini.

Pesan saya, jangan minder dulu, hehe….

Loading...

Fitur afiliasi 123rf ini hasilnya bisa sangat lumayan. Meskipun menurut saya, akan lebih besar lagi jika foto anda ada yang terjual.

Cara Menjual Foto Online di 123rf Supaya Cepat Laku
5 (100%) 1 vote

(Visited 5,212 times, 2 visits today)

Komentar Terakhir

  1. ABID
  2. Roma
  3. a.gilang

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.