Cara Menjadi Pribadi Yang Baik dan Disenangi Banyak Orang

Disenangi banyak orang adalah sebuah anugerah yang besar. Tidak seperti anugerah yang lain, menjadi pribadi yang baik dan disenangi banyak orang ini bisa dipelajari, diupayakan, dan dilakukan. Ini sama sekali bukan anugerah yang sejak lahir sudah kita sandang.

Agak mirip dengan jodoh sih…, cuman mirip, tapi tidak sama. Jodoh itu satu. Kalau menjadi pribadi yang disenangi banyak orang itu obyeknya ya banyak. Pernah tahu orang baik, supel, pintar, banyak teman, tapi sampai lama belum ketemu jodohnya? Kan?

Sepanjang hidup yang kita jalani, kita bertemu, berinteraksi, dan saling membentuk kepribadian dengan orang-orang lain. Dari sekian banyak orang itu tadi, tidak semuanya mampu menarik perhatian kita.

Banyak yang memberi kesan baik. Banyak juga yang meninggalkan kesan kurang baik. Tapi lebih banyak lagi yang tidak memberi kesan apa-apa. Sampai wajah dan namanya tidak muncul di otak meski kita sudah berusaha mengingat.

Kita pasti pernah bertanya-tanya: orang seperti apa yang mampu menarik hati kita?

Pada umumnya, beberapa hal yang muncul spontan atas pertanyaan seperti ini antara lain adalah orang yang jujur, memiliki selera humor, percaya diri, berkharisma, dan setia.

Tentu saja ada hal-hal lain. Tetapi akan menjadi terlalu banyak kalau semua dituliskan di sini. Jawabannya sangat tergantung dengan konstruksi nilai yang sudah dibangun oleh pribadi kita masing-masing.

Cara Menjadi Pribadi Yang Baik

Karakter apa saja yang anda perlukan untuk menjadi pribadi yang baik dan disenangi banyak orang?


hNah, jika kita coba melihat lebih dalam mengenai kualitas seseorang yang bisa membuat orang lain suka dan kagum, membuat orang lain merasa bahwa dia adalah orang yang istimewa dan menawan hati, jawabannya tidak hanya ada satu. Setidaknya ada tiga hal yang jika seluruhnya dimiliki, seseorang akan menjadi pribadi yang sangat memikat dan menawan sehingga dia menjadi pribadi yang disenangi banyak orang.

3 karakter yang akan membuat anda menjadi pribadi yang baik dan disenangi banyak orang

Rendah hati

Karakter ini adalah akar dari pribadi yang mau belajar dan bertumbuh dalam kebaikan. Kerendahan hati membuat seseorang percaya bahwa dirinya adalah orang yang memiliki kekurangan sehingga masih perlu membuka pikiran dan menerima masukan dari orang lain untuk memperbaiki diri dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Orang yang rendah hati tidak memerlukan pengakuan dan membiarkan orang lain menilai dirinya apa adanya. Mereka akan cenderung tabah dalam menghadapi kesulitan hidup dan menyadari bahwa hidup ini berharga.

Kerendahan hati akan menghindarkan seseorang dari sikap acuh tak acuh, dan mereka akan selalu mensyukuri apapun yang mereka miliki.

Selalu ingin tahu

Tanpa rasa ingin tahu, kita tidak akan bisa sukses. Rasa ingin tahu membuat kita haus akan ilmu pengetahuan, hal-hal baru, pengalaman, keindahan, dan sebagainya.

Karakter ini adalah dasar yang dibutuhkan untuk menciptakan sebuah kisah, kenangan, pencapaian dan hubungan. Pribadi seperti ini memiliki pikiran yang selalu terbuka, mau mendengar, merasakan dan belajar dari semuanya.

Bagi mereka, dunia terlalu luas dan waktu terlalu singkat untuk menjadi pribadi yang mudah merasa puas.

Empati

Karakter ini adalah sebuah keajaiban dalam dunia manusia (juga dalam dunia gajah dan lumba-lumba). Ini adalah hal paling sederhana dan paling manis yang dimiliki seorang manusia. Karakter ini sangat diperlukan untuk meraih kesuksesan dalam bersosialisasi.

Empati membuat orang lain merasa dekat, dipahami dan tidak sendirian. Ketika kita melihat orang berempati, kita akan melihat bagaimana mereka benar-benar peduli dengan orang lain, tanpa kelewat ikut campur dalam urusan pribadi orang lain.

Kemampuan unik ini memampukan kita memahami dunia melalui pandangan orang lain dan merasakan apa yang dialami oleh orang lain. Sikap empati menciptakan sebuah hubungan, kasih sayang dan cinta. Empati adalah awal dari kejujuran.

***

Ketiga karakter ini sangat berkaitan. Jika kita memiliki sikap rendah hati, rasa ingin tahu dan empati, kita dapat dengan mudah mempererat hubungan dengan orang lain.

Kerendahan hati adalah jiwanya. Keingin-tahuan adalah pikirannya. Empati adalah hatinya.

Kerendahan hati adalah cara menghargai diri sendiri. Keingin-tahuan adalah cara menghargai orang lain. Empati adalah bagaimana kita menghargai batas antara diri sendiri dan orang lain.

Jika kita hanya memiliki dua diantara ketiga karakter tersebut, kita akan kehilangan komponen yang penting.

Orang yang rendah hati, memiliki rasa ingin tahu, dan apatis adalah orang yang malas.

Orang yang rendah hati, mudah merasa puas dan empatis adalah orang yang sensitif namun tidak terlalu menarik.

Orang yang sombong, memiliki rasa ingin tahu dan empatis adalah orang yang melelahkan.

Dengan memiliki ketiga karakter ini, kita akan menjadi pribadi yang baik hati. Karakter-karakter tersebut adalah kunci untuk menjadi pribadi yang hangat, cerdas, dan berkesan. Sudah siap menjadi favorit setiap orang? Selamat mencoba.

Loading...

Disadur oleh Esti Arum Kinasih dari artikel berjudul The 3 Keys to Becoming Irresistible yang aslinya ditulis oleh John Gorman yang pertama kali diterbitkan di Medium.

Cara Menjadi Pribadi Yang Baik dan Disenangi Banyak Orang
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 73 times, 1 visits today)

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.