Cara Menghemat Baterai Ponsel

Cara menghemat baterai ponsel ini akan berguna bagi mereka yang punya kebiasaan berjam-jam dengan ponsel. Banyak dari kita yang mempunyai kebiasaan seperti ini; sebelum memutuskan untuk tidur, barang terakhir yang dipegang adalah ponsel; pertama kali membuka mata, barang pertama yang dicek adalah ponsel. Apakah anda termasuk orang dengan kebiasaan seperti itu? Jangan merasa bersalah, sepertinya untuk saat ini ponsel sudah menjadi teman yang tidak bisa ditinggalkan untuk saat apapun.

Karena itu kita perlu tahu cara menghemat baterai ponsel. Ponsel dengan baterai habis sama saja bohong kan? Dan kita musti menunggu beberapa jam untuk mengisi ulang baterainya. Tidak jadi soal kalau kita dirumah dan PLN sedang senang tidak memadamkan aliran listriknya. Tapi kalau kita sedang dalam perjalanan, atau berada di tempat yang tidak ada aliran strumnya? Pastilah kita musti tahu cara menghemat baterai ponsel ini.

Tahukah anda, ternyata seringkali baterai habis bukan lantaran kerap dipakai menelepon. Melainkan karena ada beberapa fitur dan layanan di ponsel yang ‘memakan’ daya baterai ponsel Anda.

Nah, untuk menghindari saat-saat menyedihkan dalam hidup anda itu, berikut ini ada sejumlah cara menghemat baterai ponsel. Berikut uraiannya:

  1. Redupkan lampu layar
    Ada baiknya redupkan lampu layar ponsel jika berada dalam ruangan yang gelap ataupun redup. Cara ini akan cukup membantu mengurangi penggunaan daya baterai yang diserap oleh lampu tersebut. Lagipula, keberadaan lampu layar di ruangan minim cahaya tidak terlalu krusial. Pasalnya, lampu utama dalam ponsel cukup mampu mensupport cahaya yang dibutuhkan ponsel.
  2. Kurangi volume suara musik
    Lagi tanggung mendengarkan musik dari radio, mp3 ataupun video, supaya tak boros baterai pelankan volumenya. Tentunya, baterai akan lebih hemat lagi jika multimedia tadi dimatikan.
  3. Cek Email Manual
    Di kebanyakan ponsel pintar user dimanjakan dengan layanan push email. Tapi tahukah Anda, jika layanan tersebut ternyata menyedot energi. Nah, pilih mana ponsel pintar Anda jadi ‘mayat’ lantaran habis baterai, atau ponsel Anda tetap prima, meskipun Anda harus cek email secara manual.
  4. Matikan jaringan nirkabel
    Cek ponsel Anda, apakah jaringan nirkabel aktif atau tidak. Jika memang aktif, segera matikan. Seringkali kita lupa menon-aktifkan Bluetooth ataupun Wi-Fi. Pengaktifan jaringan nirkabel akan menyedot energi baterai.
  5. Cek Baterai
    Bagi para pengguna ponsel pintar, cara ini bisa dilakukan dengan memasang aplikasi indikator energi baterai. Terdapat beberapa aplikasi yang menginformasikan kondisi daya baterai ponsel Anda. Misalnya saja, pengguna iPhone bisa memakai aplikasi Battery Go and myBatteryLife. Kedua aplikasi ini menginformasikan berapa energi baterai yang tersisa dan memprediksikan berapa menitkah ponsel Anda mampu disedot untuk telephon, memutar musik, videoa atapun online.
    Pun demikian dengan penggemar BlackBerry. Aplikasi NB BattStat bisa dipasang agar bisa membantu Anda mengetahui berapa lama baterai mampu bertahan dan sejauh mana temperatur panasnya.

Semoga bermanfaat.

sumber: http://m.tabloidpulsa.co.id

(Visited 6 times, 1 visits today)
Loading...
One Comment

Jangan ragu untuk berkomentar ya....