Cara Menghemat Bandwidth Hosting – Kecilkan Ukuran Foto

Jadi begini ceritanya, blog dee-nesia ini baru saja pindah ke platform WordPress sepenuhnya dari sebelumnya memakai mesin blogspot. Ketika masih memakai blogspot, tidak pernah ada masalah dengan bandwidth management. Alias mau seramai apapun si dee-nesia. saya tidak pernah memikirkan bandwidth. Jadi untuk melengkapi posting, aman dan nyaman saja memakai foto atau gambar dengan resolusi dan ukuran yang besar. Toh soal urusan seberapa besar total bandwidth yang dipakai untuk aksesnya semua ditanggung blogspot. Ketika sekarang memakai WordPress, ampun dah…, 4 hari sudah habis kuota bandwidth sampai 11 GB lebih. Padahal saya hanya punya kuota 20GB per bulan.

Setelah tanya sana-sini, akhirnya di dapatlah penyebab kuota bandwidth hosting cepat habis, yaitu terlalu banyak gambar yang ukurannya besar, sehingga membuat akses lebih lambat karena lebih banyak data yang diakses. Terus bagaimana cara untuk menghemat bandwidth hosting?cara menghemat bandwidth hosting

Loading...

Cara menghemat bandwidth hosting

Ya itu tadi. Mau tidak mau, beberapa gambar yang memang ukurannya besar, menurut saya yang ukurannya diatas 50kb, saya ubah. Beberapa yang benar-benar besar saya download ulang, dikecilkan, lalu upload lagi dan disambungkan dengan posting yang berkaitan. Kemudian fila gambar yang sudah terlanjur ada di hosting dihapus.

Awalnya saya rasa itu cara terbaik. Meskipun ribetnya minta ampun. Lagian, kalau di download dulu, itu akan menyedot bandwidth hosting juga. Karena merasa lelah, kemudian saya seleksi lagi foto yang perlu diupload ulang, yaitu hanya foto atau gambar yang berada dalam posting yang ramai. Kalau visitor posting tersebut kurang dari 10 per hari, sementara saya diamkan saja. Toh mereka jarang di akses.

Memang masih awam dengan WordPress, jadi ada banyak sekali kebiasaan yang dulunya tidak menyebabkan masalah di blogspot, menjadi harus dihindari, seperti kebiasaan memakai foto resolusi penuh ini. Mulai dari sekarang, musti membiasakan diri mengecilkan ukuran dan resolusi gambar sebelum menggunakannya untuk melengkapi postingan.

Kalau blognya masih baru dan bukan hasil migrasi dari blogspot, mungkin akan lebih mudah menghemat bandwidth karena kebanyakan foto ini. Sebenarnya sempat terlintas untuk menghapus gambar-gambar yang memberatkan loading blog tadi. Tapi ternyata mereka lebih banyak berada di dalam posting yang berisi tutorial. Kalau dihapus gambarnya kan jadi hancur itu tutorial.

Setelah kira-kira seharian bingung, akhirnya datang juga cara paling mudah menghemat kuota bandwidth dari Om Purba Kuncara, pemilik hosting yang saya sewa. Ingin tahu? Silahkan baca Cara Menghemat Bandwidth Hosting Dengan Plugin.

Semoga membantu….

(Visited 14 times, 1 visits today)
Loading...
2 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....