Cara Menggunakan Instagram Baru Dengan Efektif dan Hemat Kuota

Begini cara menggunakan Instagram baru dengan efektif sehingga tetap irit kuota, bisa mendapatkan banyak follower dengan cepat, dan juga efisien untuk jualan atau sekadar eksis diantara teman-teman kamu.

Selain Facebook, mungkin Instagram adalah aplikasi media sosial kedua yang jumlah penggunanya banyak. Jika di Facebook yang paling utama adalah menggunakan media tulisan, Instagram fokus di foto.

Meskipun sekarang Instagram sudah menjadi bagian dari keluarga besar aplikasi milik Facebook, tetapi kita sebagai pengguna tetap memiliki preferensi masing-masing mau lebih eksis dimana, Instagram atau Facebook.

Buat kamu yang baru membuat akun Instagram, mungkin masih agak kagok dan butuh waktu untuk menggunakan Instagram baru di Android, iOS, atau laptop kamu.

Nah, untuk itulah posting cara menggunakan Instagram baru ini dibuat. Untuk membuat kamu lebih cepat mengenali fitur, kemampuan, dan kelebihan Instagram. Sehingga, setelah membaca posting ini, kamu bisa menggunakan Instagram baru dengan lebih efektif, irit kuota, dan tetap eksis.

baca juga: Begini Cara Melihat Foto Instagram Yang di Private.

Tips menggunakan Instagram baru

Ada beberapa fitur dan tips Instagram yang akan kita lihat bersama kali ini. Diantaranya adalah:

Fitur bagus Instagram

  1. mengirim foto secara langsung
  2. mengedit foto tanpa harus menguploadnya
  3. satu kali posting bisa langsung ke banyak akun medsos
  4. menyimpan foto asli yang belum diedit
  5. mengganti foto profil
  6. ngepoin orang
  7. tag orang lain
  8. manfaatkan Instagram Story

Tips irit kuota ketika memakai Instagram

  1. mematikan auto play video
  2. mengabaikan kiriman foto langsung (direct request)
  3. gunakan Opera Max

Ok, sekarang mari kita lihat satu persatu….

Cara Menggunakan Instagram Baru
Cara Menggunakan Instagram Baru
Loading...

Fitur Instagram yang harus kamu pakai….

1. Mengirim foto secara langsung

Kebanyakan dari pengguna mula, tahunya adalah pengguna akun Instagram hanya bisa mengupload foto ke akunnya. Dan ketika berharap foto itu dilihat oleh seseorang, ya palingan memberi tag pada foto atau memberitahukannya secara langsung ke orang yang bersangkutan.

Padahal, Instagram punya fitur untuk mengirim foto secara langsung ke seseorang atau sekelompok orang tanpa foto tadi muncul di timeline kamu.

Caranya, dengan masuk ke halaman Home terlebih dahulu, tekan fungsi Direct (ikon-nya ada di bagian kanan atas), lalu tekan tanda plus (+), pilih foto yang kamu mau kirim, edit seperlunya kalau mau, tekan Next, lalu pilih nama orang yang sudah berada di daftar follower kamu,lalu tekan Finish.

Untuk saat ini, memang sih kamu dibatasi hanya bisa menggunakan fitur Direct ini pada 15 orang saja per satu kali kirim.

Dan 15 orang itu sudah cukup. Kalau mau lebih mending upload fotonya ke timeline kan?

baca juga: Cara Menggunakan Dua Akun Instagram Dalam Satu HP

2. Mengedit foto tanpa harus menguploadnya

Salah satu alasan orang menggunakan Instagram adalah karena kemampuan Instagram untuk mengedit foto dengan sangat mudah dan hasil mengedit foto di Instagram itu bisa bagus banget.

Kalau bagi dee-nesia sih lebih karena kemudahan pakai editing tool dan banyaknya filter yang bisa kita gunakan. Kalau soal bagus tidaknya foto yang diedit melalui editor fotonya Instagram itu relatif. Bisa bagus banget, atau jelek banget, tergantung foto aslinya dan siapa yang mengedit, hehe….

hNah, kamu bisa hanya menggunakan fitur photo editing-nya saja tanpa harus selalu upload foto yang di edit tadi. Jadi setelah diedit tidak di upload.

Emmm…, kenapa? Mungkin karena dalam foto itu kamu terlihat cantik tidak biasa gitu, lalu membuatmu khawatir para haters kamu akan nyinyir karena foto hasil editanmu terlalu sempurna, jadi lebih baik foto itu kamu simpan sendiri saja. wkwkwk…

Caranya begini….

  • Sebelumnya, aktifkan mode pesawat terbang alias Airplane mode di Android kamu.
  • Jalankan Instagram dan pilih foto yang mau kamu edit. Bisa pilih dari foto yang sudah ada di gallery atau foto langsung.
  • Lakukan editing sebagus-bagusnya.
  • Pada pilihan Share To, tekan tombol OK
  • Akan muncu pemberitahuan Upload failed. Tidak apa-apa.
  • Pilih Delete.
  • Fotonya tidak akan terhapus, melainkan hanya tidak jadi diantrikan untuk di upload. Jadi foto hasil editan kamu tadi masih tersimpan di memory HP kamu.
  • Kamu masih bisa melihat foto yang tidak jadi di upload tadi di Gallery Android kamu.

3. Satu kali posting bisa langsung ke banyak akun medsos

Tidak seperti aplikasi media sosial lain yang cenderung eksklusif dan hanya mengijinkan posting ke medsos itu sendiri, kamu bisa satu kali posting di Instagram dan hasilnya langsung terposting juga ke banyak akun medsos yang kamu punya.

Dan fitur ini sudah secara built-in ada di dalam Instagram tanpa perlu install aplikasi lain.

Kalau kamu mau seperti itu, pada saat posting foto, cari pilihan Share To pada bagian Share lalu tap pada pilihan akun medsos lain yang ada, mulai dari Facebook, Tumbler, Flickr, dan Twitter. Dulu ada Foursquare. Sekarang sudah tidak ada. Kan Foursquare sudah mati.

baca juga: Cara Menjual Foto Online di 123rf Supaya Cepat Laku.

4. Menyimpan foto asli yang belum diedit

Kamu tidak usah khawatir salah edit dan merusak foto aslinya.

Setiap kali kamu mengedit foto untuk diupload ke Instagram, maka akan terbentuk dua foto. Foto hasil editan kamu yang diupload, dan foto aslinya. Jadi aman.

Kalau kamu tidak yakin apakah fitur ini sudah aktif, silahkan periksa dengan menekan ikon tiga titik di pojok kanan atas itu untuk memunculkan Option. Cari dan aktifkan Save Original Photos.

Fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk video.

Tapi ingat, kalau untuk video, berarti akan ada dua file video. Pertama video aslinya, dan kedua video yang kamu upload ke Instagram.

Kalau sehari kamu upload 5 video saja, maka akan ada tambahan 5 lagi file video, totalnya jadi 10 file video. Dan karena ukuran file video itu besar, bisa-bisa memory internal kamu akan jadi cepat penuh.

Saran dee-nesia sih, aktifkan untuk foto, tapi matikan untuk video. Kecuali kamu punya Android dengan memory internal besar.

baca juga: Ini Pilihan Android Dengan Memory Internal dan RAM Super Lega.

5. Mengganti foto profil

Mengganti foto profil Instagram itu juga mudah sekali. Sampai-sampai ada teman dee-nesia yang saking narsisnya, bisa gonta-ganti foto profil akun Instagramnya berkali-kali dalam sehari.

Begini cara mengganti foto profil Instagram kamu:

  • masuk ke Option dengan menekan ikon tiga titik di pojok kanan atas itu
  • pilih pilihan Account
  • lalu pilih lagi pilihan Change Profile Picture
  • pilih foto yang kamu mau digunakan menjadi picture profile Instagram kamu.

6. Ngepoin orang

Kalau sekadar mau ngepoin atau stalking seseorang, kamu bisa kog melakukannya melalui Instagram dengan mudah.

Kamu bisa melihat aktivitas mereka, komentar-komentar yang mereka buat, apa yang mereka sukai, siapa saja yang mereka follow, atau siapa saja follower mereka.

Caranya, silahkan masuk ke menu utama, dan pada kategori News Feed, tekan Following.

baca juga: Cara Mengetahui Siapa Yang Stalking Akun Instagram Kita.

7. Tag orang lain di fotomu

Agak berbeda dengan fitur Direct di atas yang bisa untuk mengirimkan foto tertentu ke seseorang atau sekelompok orang, fitur picture tagging ini bisa kamu gunakan untuk memastikan orang yang kamu inginkan melihat foto yang kamu upload ke timeline kamu. Jadi bukan foto yang sifatnya privat.

Meskipun sah-sah saja nge-tag seseorang pada foto yang kamu upload, tapi sebaiknya tetap jaga sopan-santun. Kalau orang yang kamu tag itu tidak ada di dalam foto, mending tidak usah main tag-tag-an begitu.

Daripada kamu dianggap nyampah.

Cara tag foto di Instagram itu sangat mudah. Hampir sama dengan ketika kamu tag foto di Facebook.

Buka foto yang kamu mau, geser ke bagian paling bawah, tekan ikon tiga titik di pojok kanan bawah, lalu pilih pada pilihan Tag People. Sekarang tinggal menandai orang-orang yang kamu mau.

8. Memanfaatkan Instagram Story

Fitur Instagram story ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat posting berupa foto atau video pendek dengan mudah.

Foto dan video yang kamu posting di Instagram Story ini akan hilang setelah 24 jam. Jadi asik banget kan?

Juga ada data statistik siapa saja yang sudah menonton unggahan Instagram Story kamu lebih lengkap daripada data statistik foto dan video yang kamu unggah secara normal ke timeline kamu.

Tapi hati-hati dengan Instagram Story ini, sekali kamu mencobanya, pasti akan sulit berhenti, hehe….

Tips irit kuota ketika memakai Instagram

Instagram itu salah satu aplikasi yang sangat boros kuota, selain Youtube dan Facebook. Tidak lain ini karena memang basis Instagram adalah foto dan video. Kalau di Facebook, ada pilihan untuk menggunakan versi hemat data dan gratis, karena bisa diatur foto dan video tidak tampil. Jadi hanya teks-nya saja yang ditampilkan.

Lalu bagaimana dengan Instagram? Bisa diatur supaya hemat kuota tidak?

Tidak bisa secara langsung sih, tapi setidaknya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat Instagram lebih hemat kuota internet.

1. Mematikan auto play video

Pada pengaturan awalnya, Instagram akan langsung memainkan posting berupa video tanpa perlu menekan tombol apapun. Jadi begitu posting siapapun yang berupa video terlihat di layar, maka videonya akan langsung jalan.

Kalau kamu menggunakan paket internet unlimited, sedang tersambung WiFi gratis, tentu tidak masalah. Tapi kalau kuota internet kamu cuman sedikit, tentu ini sangat tidak nyaman.

hNah, begini cara mematikan autoplay video di Instagram:

  • masuk ke menu Option
  • pilih Setting lalu Video
  • atur pilihannya menjadi Preload on Wifi Only.

Kita juga boleh memilih untuk memainkan suara di video atau tidak.

2. Mengabaikan kiriman foto langsung (direct request)

Ok, mungkin foto yang dikirimkan temanmu lewat Instagram itu benar-benar bagus atau penting. Tapi yang lebih sering, yang dikirimkan hanyalah foto-foto yang hanya lucu menurut pengirimnya. Tidak penting-penting banget buat kamu. Alasan kamu tertawa hanyalah supaya terhindar dari rasa bersalah pada orang yang mengirimkannya.

Dan, dari setiap foto yang terbuka di Instagram itu akan menghabiskan kuota internet kamu.

Supaya lebih hemat kuota pakai Instagram, mending kalau kita abaikan saja jika ada yang mengirimkan foto direct seperti itu tanpa membuatnya tersinggung dengan unfollow misalnya. Caranya?

  • masuk ke menu Option dengan tap pada ikon tiga titik di pojok kanan atas itu
  • masuk ke Profile
  • pilih pada Setting
  • pilih Push Notifications
  • geser sampai pilihan Instagram Direct Request
  • posisikan ke Off
  • lakukan hal yang sama pada pilihan Instagram Direct Activity

3. Install dan gunakan Opera Max

Kalau mau lebih irit kuota ketika main Instagram, dee-nesia sarankan kamu install aplikasi penghemat kuota internet paling ampuh, namanya Opera Max.

Buat kamu yang sekarang menggunakan Android dari Samsung, silahkan cari opsi untuk mengaktifkan mode hemat data.

Samsung ternyata juga menggunakan Opera Max yang sudah dikustomisasi supaya bisa berfungsi lebih terintegrasi dengan UI dan ekosistem Android-nya Samsung sendiri.

Buat kamu yang tidak pakai Samsung, juga bisa install sendiri aplikasi ini dengan mendownload-nya dari Google Play Store.

Kalau tidak percaya, silahkan baca ini dulu: Review Opera Max – Aplikasi Penghemat Kuota Internet Paling Ampuh.

Bagaimana? Fitur Instagram yang mana yang paling sering kamu gunakan? Apakah kamu punya tips lain untuk menghemat kuota ketika main Instagram? Jangan lupa untuk share dan like ya….

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....