Cara Mengetes Power Supply PC

Cara Mengetes Power Supply PC | Bagaimana cara mengetahui kalau power supply PC anda rusak? Kelihatannya sederhana – sesungguhnya memang begitu – tapi untuk memastikan bahwa bukan komponen lain dari PC anda yang rusak melainkan power supply-nya, itu perlu langkah-langkah untuk memeriksa dan memastikan kondisinya. Dari pada terburu-buru beli baru, eh, ternyata dia baik-baik saja, malah motherboard anda yang kena. Selain ini lebih murah, karena ‘memeriksakan’ PC ke toko atau service komputer itu tidak gratis. Terkadang jatuhnya mahal sekali. Pernah mengalami to?

Biasanya, ketika PC mendadak mati dan tidak ada respon apapun ketika kita menekan tombol power, memang power supply secara umum di dakwa sebagai tersangka utama matinya si PC. Nah, sekarang mari kita lakukan langkah berikut ini untuk memastikannya:

Perhatian: berhati-hatilah, karena kemungkinan anda ter-setrum lumayan besar, meskipun keluaran maksimal-nya hanya 24 volt, tapi itu cukup untuk membuat kaget dan njit-njit-ten untuk mencoba lagi, haha….Power Supply

Loading...

  • Supaya benar-benar aman, lepaskan kabel-kabel yang menghubungkan power supply dari komponen lain di dalam PC, mulai dari kabel ke motherboard dan ke perangkat lain. Kalau ragu, lepaskan saja power supply secara keseluruhan dari casing PC anda.
  • Colokkan kabel daya power supply ke jaringan listrik PLN di rumah anda.
  • Temukan konektor besar 24 pin yang biasanya menghubungkan power supply ke motherboard itu
  • Hubungkan kabel HIJAU dengan kabel HITAM, anda bisa memakai potongan kabel pendek
  • Seharusnya kipas power supply akan berputar. Jika tidak, berarti power supply anda mati.
  • Jika kipas power supply menyala, maka kemungkinannya motherboard anda yang mati.
  • Jika anda punya multimeter, silahkan periksa power output dari masing-masing keluaran power supply untuk memastikan semuanya dalam kondisi bagus.

Setelah anda memastikan kondisi power supply anda, sekarang tinggal memutuskan untuk beli baru, atau tetap memakainya. Sekedar tahu saja, harga power supply PC di pasaran itu sangat beragam. Jika punya uang lebih, jangan membeli yang harganya terlampau murah, agak mahal sedikit tidak apa-apa. Yang penting PC anda bisa bekerja lebih lama. sumber: HTG

Loading...