Cara Mengetahui Kondisi Baterai Laptop di Windows 10 dan 8

Dengan mengetahui kondisi baterai laptop, maka kita bisa memperkirakan berapa lama baterai tersebut akan bertahan dan mulai menabung uang untuk membeli baterai baru jika perlu. Di Windows 7, kita harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menggali informasi mendalam tentang kodisi kesehatan baterai laptop. Sejak Windows 8, Microsoft mulai menyertakan sebuah fitur untuk memberi kita informasi tentang baterai di perangkat yang kita gunakan. Fitur tersembunyi “Battery Report” ini semakin ditingkatkan kemampuannya di Windows 10.

Cara mengetahui kondisi baterai laptop di Windows 10 dan 8

Fitur ‘’Battery Report” akan memberi kita laporan menyeluruh mengenai kesehatan baterai anda, seberapa turun kemampuan menyimpan daya, serta informasi statistik lainnya yang sangat berguna.

Anda bisa menemukan fitur ini dalam perintah PowerCfg. Anda juga bisa menggunakan PowerCfg untuk membuat “Energy Report,” yang akan memberi tahu anda penggunaan tenaga baterai laptop anda serta rekomendasi tentang apa saja yang bisa anda lakukan dengan laptop anda untuk membuat baterainya bertahan awet lebih lama.

Cara mendapatkan laporan kondisi baterai laptop

Laporan yang akan anda peroleh berupa halaman html yang bisa dengan mudah dibuka melalui sembarang browser. Anda hanya perlu sebuah perintah untuk mendapatkannya.

Pertama, buka Command Prompt. Caranya: arahkan kursor mouse di pojok kiri bawah desktop, kemudian klik kanan, atau bisa juga dengan menekan tombol Windows + X. Kemudian klik pada pilihan Command Prompt.

Kedua, ketikkan perintah berikut lalu tekan enter:

powercfg /batteryreport

Tunggu beberapa saat sampai sebuah file html terbentuk.

Ketiga, untuk melihat isi laporan kondisi baterai hasil perintah powercfg /batteryreport tadi, silahkan lihat di direktori user Windows dengan menggunakan File Explorer. Biasanya ada di C:\Users\Name\battery report.html.

Ini contoh laporan kondisi baterai laptop saya

Cara Mengetahui Kondisi Baterai Laptop di Windows 10 dan 8

Loading...
Ada beberapa bagian yang bisa kita temukan dalam laporan ini. Bagian pertama berisi data berupa nama komputer, versi BIOS, dan dukungan terhadap Connected Standby atau tidak, dan terakhir informasi mengenai waktu laporan kondisi baterai ini dibuat.

Berikutnya ada informasi yang mungkin paling anda cari untuk mengetahui kondisi sebenarnya baterai laptop anda itu. Ini adalah informasi mengenai Design Capacity atau kapasitas awal baterai tersebut, Full Charge Capacity yang berisi informasi kapasitas sekarang ketika terisi penuh, dan berapa jumlah Cycle Count atau berapa kali di isi ulang.

Sebagai contoh lihat hasil laporan kondisi baterai laptop saya.

Kondisi Baterai Asus 1215B SekarangSekedar informasi, baterai yang kita buatkan laporannya ini bukan baterai asli bawaan Asus 1215B. Ini sudah baterai kedua dan berumur kira-kira 2 tahun masa pemakaian. Karena bukan baterai original, jadi wajar kalau serial numbernya tidak terbaca, demikian juga dengan cycle count yang tidak ada nilainya itu.

Dari screenshot di atas, kita bisa melihat kalau baterai ini aslinya berkapasitas 47,520 mWh. Tapi saat ini, dia hanya mampu di charge sampai 36,347 mWh saja. Itu artinya sudah terjadi penurunan kapasitas sebanyak 11.146 mWh atau tinggal 76% saja. Menurut saya, ini penurunan yang wajar. Nilai Full Charge Capacity akan terus menurun seiring dengan masa pakai baterai.

Kemudian di bagian paling bawah, ada informasi mengenai berapa lama baterai ini akan bertahan setelah di charge penuh. Seperti ini:

Perkiraan Kapasitas BateraiBaterai Asus 1215B saya ini ternyata masih sanggup bertahan selama sekitar 2 jam 7 menit. Sangat lumayan dibandingkan dengan usia dan cara saya memakainya. Hehe…. Saya merasa beruntung.

Saya sudah buatkan video cara mengetahui kondisi baterai laptop di youtube. Seperti ini:

Laporan kondisi baterai laptop ini memang tidak secara langsung akan membantu anda mengatasi baterai yang sudah sangat menurun kapasitasnya. Tapi, setidaknya, dengan melihat informasi yang disajikan dengan detail, anda akan bisa memperkirakan dengan relatif tepat kapan anda harus membeli baterai baru.

Ok, itu tadi cara mengetahui kondisi kesehatan baterai laptop anda di Windows 10 atau Windows 8. Mulai merasa khawatir harus beli baterai laptop baru?

(Visited 3,704 times, 3 visits today)
You might also like